6 Rekomendasi minyak Alami untuk Rambut kering dan Kusam

Nabila Mecadinisa24 Sep 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2021, 13:00 WIB
Ilustrasi rambut kering

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin sedang mengalami rambut kering yang membuatmu jadi kurang percaya diri. Tapi, apakah kamu tahu jika ada sejumlah minyak alami yang bisa jadi solusi? Minyak alami memiliki khasiat asli dari alam tanpa bahan kimia yang membahayakan kesehatan rambut. 

Meskipun efeknya tidak instan, namun minyak alami bisa diandalkan untuk mengoptimalkan kesehatan rambut dan menutrisi rambut kering dengan baik. Untuk menggunakan minyak alami tersebut juga sangat mudah. Sahabat Fimela bisa melakukannya di rumah setiap saat. 

Lalu, minyak alami apa saja yang bisa diandalkan untuk atasi rambut kering? Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Minyak kelapa

minyak kelapa
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Africa Studio

Minyak kelapa adalah minyak yang baik untuk rambut dan kulit. Hal ini berkat minyak kelapa kaya akan karbohidrat, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menutrisi rambut dan melembapkannya. Cara pakainya sangat mudah, gunakan minyak kelapa pada akar hingga ujung rambut. Oleskan minyak kelapa secara merata, diamkan selama 30 menit dan jika sudah bilas dengan sampo. Lakukan ritual ini setidaknya dua kali dalam satu minggu. 

2. Minyak argan

Minyak argan atau bisa disebut minyak Moroko. Kaya akan asam lemak, antioksidan, dan Vitamin E. Pilihlah minyak argan organik karena diproses secara minimal dan tidak mengandung bahan kimia atau aditif, ini paling baik untuk digunakan. Penggunaan minyak argan sama dengan minyak kelapa, namun karena tidak terlalu berminyak, minyak argan bisa dipakai setiap hari. 

 

3. Minyak jojoba

Jojoba oil untuk kulit kering
Jojoba oil baik untuk atasi kulit kering. Foto: Shutterstock.

Minyak jojoba dapat melembapkan rambut, mecegah ketombe dan kulit kering, serta menjadikan rambut lembut berkilau. Untuk cara menggunakan minyak jojoba, kamu bisa aplikasikan ke kulit kepala sebelum keramas dan diamkan selama 30 menit.

Kamu bisa didiamkan semalam, kamu juga bisa coba tambahkan beberapa tetes ke kondisioner atau langsung oleskan ke ujung rambut setelah keramas.

4. Minyak almond 

minyak almond untuk rambut kering
Minyak almond untuk kulit kering.

Minyak almond mengandung vitamin E, asam lemak, protein, dan antioksidan, serta magnesium yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerusakan rambut, apalagi bagi kamu pemilik rambut kering. 

5. Minyak biji anggur 

Terbuat dari minyak biji anggur, grapseed oil juga salah satu minyak alami yang baik bagi rambut dan kulit. Kandungannya kaya omega 3 alami dan asam lemak yang sangat menutrisi. Penggunaan secara rutin juga bisa membuat rambut jadi lebih bercahaya dan bebas kering. 

 

 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela