Cara Memilih Sampo yang Sesuai dengan Tipe Rambut

Vinsensia Dianawanti26 Sep 2021, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Sep 2021, 14:00 WIB
sampo

Fimela.com, Jakarta Menentukan sampo bisa menjadi perdebatan sendiri karena kamu harus memastikana mana yang sesuai dengan jenis rambut. Jika salah memilih sampo, terdapat banyak risiko kerusakan rambut yang terjadi.

Dikutip dari Byrdie, dokter kulit bersertifikat Sharleen St. Surin-Lord dan ahli trikologi Shab Reslan untuk mempelajari cara menemukan sampo terbaik untuk jenis rambut. Semua dimulai dengan langkah yang sangat sederhana, yakni mengetahui jenis kulit kepala yang kamu miliki.

"Semua sampo memiliki kemampuan pembersihan yang berbeda; oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi jenis kulit kepala Anda sebelum memilihnya," jelas Reslan.

Sampo dimaksudkan untuk membersihkan akar lebih dari bagian lain dari rambut. Ketika rambut rentan terhadap akar berminyak, kamu membutuhkan sampo dengan pembersihan mendalam. Sementara itu ketika kulit kepala terasa kering, kamu membutuhkan sesuatu yang lebih melembapkan.

 

Menentukan jenis sampo yang sesuai

[Fimela] Ilustrasi Sampo
Ilustrasi Sampo | unsplash.com/@matthew_tkocz

Dari setiap sampo yang diciptakan, kamu bisa menentukannya dari jenis rambut yang kamu miliki. Seperti apa sampo yang tepat untuk setiap jenis rambut?

1. Rambut halus

Carilah sampo penambah volume yang dapat meningkatkan helai rambut Anda tanpa membebani rambut.

2. Rambut Tebal

Shampo yang menghidrasi atau melembapkan sangat bagus untuk menambahkan kelembapan, kilau, dan kehalusan pada rambut tebal yang tidak memiliki kelembapan.

 

3. Rambut Lurus

Shampo penghalus atau rambut lurus biasanya kaya akan pelembab ekstra dan zat penghalus yang membantu menyegel kutikula dan memberikan awal yang baik untuk gaya rambut lurus dan halus.

4. Rambut Bergelombang

Shampo penyeimbang biasanya merupakan pilihan tengah jalan yang bagus. Mereka tidak terlalu melembapkan tetapi tidak akan mengeringkan rambut Anda.

5. Rambut Keriting

Carilah sampo yang sangat melembapkan yang mengandung bahan-bahan yang mengurangi keriting tanpa membebani rambut ikal.

6. Rambut Rusak/Berwarna/Rapuh

Shampo penguat atau fortifikasi baik untuk rambut rusak, diproses berlebihan, disorot, lemah, atau rapuh, karena biasanya mengandung protein ekstra untuk memperbaiki kondisi rambut.

Simak video berikut ini

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela