Rutin Merawat Wajah dengan Putih Telur untuk Cegah Jerawat dan Penuaan Dini

Fimela Reporter09 Nov 2021, 08:30 WIB
Diperbarui 09 Nov 2021, 08:30 WIB
Merawat Wajah dengan Putih Telur Secara Rutin, Cegah Jerawat dan Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Memperoleh perawatan wajah dapat kita dapatkan dengan mudah. Meskipun hanya di rumah saja, kita tetap dapat memanjakan kulit dan merawat kulit secara maksimal, agar terhindari dari masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini. Perawatan wajah pun dapat kita lakukan sendiri. Seperti dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. 

Putih telur, bahan alami yang telah populer di kalangan DIY ini, dapat kita gunakan sebagai bahan untuk merawat wajah. Tak hanya memiliki nutrisi yang baik akan kesehatan tubuh, putih telur juga dapat menjadi alternatif perawatan wajah. Putih telur pun menjadi bahan yang cocok untuk semua tipe kulit, terutama kulit dengan masalah jerawat dan penuaan dini

Bahan alami ini memiliki banyak manfaat baik yang dapat kita gunakan dalam keseharian. Menggunakan masker putih telur menjadi cara termudah untuk merawat wajah di rumah, terutama untuk masalah jerawat dan penuaan dini. Ketahui manfaat dan cara membuat masker putih telur berikut ini.

Manfaat putih telur

Merawat Wajah dengan Putih Telur Secara Rutin, Cegah Jerawat dan Penuaan Dini
Putih telur memiliki kandungan protein yang baik untuk wajah (pexels.com/Yusuf)

Dikutip dari medicalnewstoday.com, putih telur memiliki komponen nutrisi yang kaya akan protein. Satu butir telur berukuran besar diperkirakan memiliki 3.6 gram protein. Protein ini akan bekerja sebagai pengencang kulit, yang akan memberikan efek kencang dan awet muda pada wajah.

Putih telur juga diperkaya akan lysozyme. Menurut dermcollective.com, kandungan ini memiliki sifat antibakteri yang dapat menumpas tuntas bakteri pada sel-sel kulit. Sifat antibakterinya akan membantu untuk mematikan bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah. Tidak hanya itu, putih telur dapat membantu mengurangi tampilan bekas jerawat pada wajah.

Memiliki manfaat baik untuk menurunkan potensi penuaan dini, kandungan selenium pada putih telur akan bekerja sebagai antioksidan pada wajah. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan kerja sunscreen sebagai penangkal radikal bebas dari radiasi sinar UV. Sehingga tampilan keriput dan kusam pada wajah akan berkurang. 

DIY masker putih telur

Merawat Wajah dengan Putih Telur Secara Rutin, Cegah Jerawat dan Penuaan Dini
Masker putih telur dapat bantu atasi masalah jerawat dan penuaan dini (pexels.com/Sissy)

Untuk membuat DIY masker putih telur yang memiliki manfaat pada wajah, siapkan bahan dan alat yang memadai. Berikut bahan dan alat yang harus dipersiapkan.

  • 1 putih telur
  • 1 jus lemon segar (optional)
  • 1/2 sdt madu
  • Mangkuk sedang
  • Sendok
  • Kuas masker

Berikut langkah-langkah membuat masker putih telur.

  1. Campurkan putih telur dan jus lemon pada mangkuk berukuran segar. Aduk dengan gerakan memutar dan kencang sampai adonan sedikit kaku
  2. Tambahkan madu dan aduk secara merata
  3. Bersihkan muka dengan air bersih atau pembersih wajah
  4. Aplikasikan masker pada area wajah dan leher
  5. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, atau sampai kering
  6. Bersihkan wajah dengan air bersih dan sabun cuci muka yang lembut
  7. Keringkan wajah dengan tisu atau handuk

Sebelum menggunakan masker putih telur pastikan untuk menguji keamanan kulit. Lakukan patch test sebelum menggunakan masker agar terhindar dari masalah alergi dan iritasi. 

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela