Viral di Tiktok Keramas dengan Campuran Kopi, Ini Manfaat dan Tips Penggunaannya

Fimela Reporter18 Okt 2021, 19:30 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 19:30 WIB
Bubuk Kopi

Fimela.com, Jakarta Kopi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup setiap individu. Namun, kopi tak hanya bisa membantumu dalam menambah dosis energi, tapi juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Baru-baru ini, ramai di media sosial khususnya di TikTok tentang salah satu beauty hacks, yakni keramas dengan campuran sampo dan bubuk kopi

Dalam unggahan beberapa pengguna TikTok, mereka mengatakan bahwa campuran kopi dan sampo bisa membersihkan rambut lebih optimal, memanjangkan rambut lebih cepat, sekaligus membuatnya jauh lebih lembut dan berkilau dari biasanya. 

Namun, apakah benar tips penggunaan bubuk kopi tersebut mampu mengatasi permasalahan rambut? 

Fimela.com telah merangkum berbagai manfaat dan tips penggunaan campuran kopi tersebut untuk mencuci rambut. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

3 Manfaat Utama

kopi
ilustrasi kopi/Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Mencampur sampo dengan bubuk kopi disebut dengan istilah coffee rinse. Keramas menggunakan metode coffee rinse ini sudah lama dilakukan oleh sebagian orang, tetapi hingga saat ini belum banyak penelitian yang mendukung pengaruh penggunaan bubuk kopi pada kulit kepala. 

Melansir laman Healthline, Senin (4/10), terdapat 3 manfaat utama dari coffee rinse, antara lain: 

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Hal ini sangat berguna bagi orang yang mengalami kerontokan ataupun kebotakan rambut. Kafein pada kopi bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan dengan membantu memperkuat akar rambut. 

Selain itu, kafein juga dapat menstimulasi folikel rambut menjadi lebih besar, tumbuh lebih panjang, dan akarnya pun menjadi lebih kuat. 

Aplikasikan kopi secara topikal ke rambut dan kulit kepalamu untuk menghentikan kerontokan rambut dan mengembalikan pertumbuhannya. 

2. Membuat rambut lembut

Kopi memiliki kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut, sehingga batang rambut semakin halus dan lebih mudah diatur. 

Selain itu, kopi juga membantu melembapkan rambut dengan membuat lapisan pada rambut yang dapat mengunci kelembapan rambut sehingga tampak lebih mengkilap secara alami, yang membuat rambut terlihat lebih sehat.

Hal ini terjadi karena adanya peningkatan sirkulasi darah yang membantu memindahkan nutrisi ke akar rambut, alhasil rambut pun menjadi lebih sehat. 

3. Pewarna alami rambut

Selain kedua manfaat sebelumnya, kopi juga mampu menghilangkan uban secara alami. Dengan menggunakan coffee rinse, rambut yang berubah dapat menggelap secara alami. 

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa menggunakan kopi espresso, ya. 

Tips Penggunaan Campuran Kopi untuk Keramas

Ilustrasi keramas menggunakan kopi
Ilustrasi keramas menggunakan kopi (L'Occitane)

Seperti yang sudah ramai diperbincangkan di media sosial, coffee rinse ini bisa dibuat sendiri di rumah, bahannya sangat sederhana yakni kamu hanya perlu menyiapkan sampo dan bubuk kopi tanpa gula. 

Namun, kamu perlu membatasi penggunaan coffee rinse ini dengan cukup menggunakannya selama 2-3 hari sekali. Hal ini demi mencegah timbulnya reaksi iritasi atau bahkan reaksi alergi. 

Jika terjadi reaksi alergi seperti gatal, timbul bintil-bintil pada kulit kepala, bahkan timbul lepuh di kulit kepala, sebaiknya hentikan pemakaian. 

Selamat mencoba!

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela