7 Penyebab Jerawat Dipunggung dan Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar10 Okt 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 10 Okt 2021, 15:45 WIB
Jerawat Punggung

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu masalah yang harus selalu diobati, sayangnya jerawat tidak hanya terjadi pada saat usia remaja, jerawat dapat terjadi pada usia berapapun dengan berbagai alasan. Ternyata jerawat tidak hanya di area sekitar wajah namun pada area punggung bisa tumbuh jerawat.

Banyak penyebab mengapa seseorang mendapatkan jerawat, jadi kamu harus tahu apa saja penyebab dan bagaimana jerawat dapat terbentuk. Jerawat punggung dikarenakan, tubuh yang menghasilkan minyak atau biasa disebut sebum dapat menggerakkan folikel rambut untuk menambag kelembaban pada kulit dan rambut.

Selain itu terdapat tiga faktor utama dapat terjadinya jerawat, seperti kelenjar minyak yang aktif, sel kulit mati berlebihan, dan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang dapat bergabung untuk menciptakan jerawat. Sayangnya, pada kulit punggung sangat rentan terhadap permasalahan kulit. Menurut Verywell Health, bagian atas tubuh memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous atau minyak per inci daripada bagian bawah. Hal ini lah penyebab jerawat dipunggung, selain itu di bawah ini beberapa penyebab jerawat dipunggung :

1. Genetik

ilustrasi tips mendekatkan diri dengan orang tua/pexels
ilustrasi tips mendekatkan diri dengan orang tua/pexels

Faktor genetik merupakan salah satu yang dapat menyebabkan jerawat dipunggung, jika orang tua kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, dan kamu juga memiliki jenis kulit yang berminyak, kemungkinan lebih mudah berjerawat, termasuk area punggung.

2. Hormon

Perubahan pada hormon saat remaja menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Akan tetapi bagi perempuan yang telah melewati masa pubertas, masalah jerawat juga dapat dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi dan kehamilan.

Selain itu ketidaksetabilan hormone pada penderita penyakit tertentu, seperti ovarium polikistik juga dapat memicu timbulnya jerawat. Kemudian bagi seseorang yang menjalani terapi hormon atu mengonsumsi suplemen yang mengandung hormon juga dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini dikarenakan produksi minyak kulit bertambah sehingga dapat memicu jerawat di sekitar punggung, wajah, maupun dada.

3. Mengonsumsi Obat-Obatan tertentu

Jerawat juga dapat berkembang sebagai efek samping dari beberapa obat seperti antridepresan, suplemen bubuk protein, suplemen yang mengandung hormone, atau pil KB. Selain itu jenis obatan dan suplemen juga dapat memepngaruhi produksi hormone yang pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan jerawat.

4. Keringat

7 Tips Mencegah Jerawat karena Olahraga
Menghapus makeup dan olahraga dengan kulit bersih bisa meminimalisir masuknya bakteri dan kotoran ke kulit. Kombinsi makeup dan keringat akan menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat. Foto: unsplash.com.

Keringat juga menjadi salah satu timbulnya jerawat, jika kamu sedang melakukan aktivutas berat dan memakai pakaian yang ketat sehingga akan membuat tubuh berkeringat. Hal ini salah satu penyebab timbulnya jerawat dipunggung.

5. Pakaian

Terkadang munculnya jerawat dipunggung bukan disebabkan fluktuasi hormon atau faktor genetic, akan tetapi pemakaian bagu yang ketat juga menjadi penyebab jerawat dipunggung. Pakaian yang ketat membuat kulit sulit untuk bernapas dan meyebabkan penyumbatan keringat, bila keringat tersumbat akan memicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu pakaian yang ketat tidak hanya memicu pertumbuhan jerawat dipunggung, tetapi dapat memeperparah jerawat dipunggung.

6. Tempat tidur kotor

Seperti seprai, bantal, guling, serta kasur juga wajib kamu bersihkan secara rutin. Jika hal ini tidak dilakukan, tempat tidur kamu akan lembab, kotor, dan bermintak sehingga bakteri akan lebih menyukai tinggal ditempat seperti itu dan akan memepercepat perkembang biakan bakteri.

Menjaga kebersihan tempat tidur merupakan salah satu langkah yang penting dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah timbulnya masalah kuliit, termasuk permasalahan jerawat punggung.

7. Stress

Tips Mudah Mengatasi Stress Untuk Milenials
Tips Mudah Mengatasi Stress Untuk Milenials/ copyright shutterstock

Walaupun Stress bukan penyebab dari jerawat, tetapu stress bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat dipunggung.

Jerawat dipunggung juga tidak selalu sama, seperti jerawat yang meradang, kemerahan, bengkak, dabn terkadang sakit saat disentuh. Berikut jenis jerawat dipunggung :

  • Komedo putih (whitehead)
  • Komedo hitam (blackhead)
  • Papula (bintik merah)
  • Nodul (benjola dalam kulit yang berukuran besar)
  • Kista (benjolan besar berisi air dan nanah)

Diatas adalah beberapa penyebab jerawat dipunggung, jenis perawatan untuk jerawat punggung yang sering dilakukan adalah dengan membuat pola hidup yang lebih baik dan mebggunakan beberapa pengobatan. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasijerawat dipunggung :

1. Mandi setelah berolahraga

Mandi Air Hangat
Ilustrasi Mandi Air Hangat Credit: pexels.com/Armin

Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah olahraga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat dipunggung. Alangkah baiknya kamu bisa mandi secepat mungkin setelah melakukan olahraga , kamu juga dapat mencuci pakaian yang terkena keringat.

2. Eksfoliasi

Gunakanlah scrub untuk megelupas masalah-masalah dipunggung, lebih baik jika kamu menggunakan scrub yang lembut dan terdapat kandungan asam salisilat, untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstra dari kulit. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

3. Kenakan pakaian yang longgar

Kebiasaan berolahraga juga dapat mengakibatkan iritasi pada jerawat punggung, seperti pakaian yang ketat dapat membuat kotoran bertahan dan keringat yang dapat menumpuk di sekitar punggung. Sedangkan untuk pakaian yang membuat kulit kau bernapas dapat membantu menghilangkan keringat.

4.Jauhkan rambut dari punggung

Kenali Risiko Tanam Rambut Seperti yang Dilakukan Kevin Aprilio
Tanam rambut atau transplantasi rambut belum lama ini ramai diperbincangkan usai dilakukan Kevin Aprilio. Kenali risikonya berikut ini. (pexels/element digital).

Rambut yang panjang dapat menambahkan minyak serta kotoran ke kulit punggung, dan dapatmenyebabkan jerawat. Kamu dapat mencuci rambut secara teratur, dan ikat dalam sanggul atau kuncir kuda selama berkeringat. Serta jangan biarkan kondisioner atau shampoo mengalir di area punggung, karena bahan-bahan dalam produk ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

5. Atur Pola Makan

Pola makan yang sehat dapat mempengaruhi tubuh kita dalam berbagai cara, jika kamu rentan terhadap jerawat bisa jadi makanan tertentu menjadi pemicunya. Makanan yang memiliki Indeks Glikemik (GI) yang berarti makana tersebut dapat menyebabkan gula darah naik dengan cepat, sehingga dapat memperburuk jerawat.

Nah diatas adalah beberapa penyebab jerawat dipunggung yang perlu kamu perhatikan, selain faktor genetic dan hormone ternyata kebersihan diri juga berpengaruh dalam memicu pertumbuhan jerawat. Nah untuk mengatasinya kamu perlu memberikan pola hidup yang sehat dan bersih agar terhindar dari jerawat punggung.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela