Sukses

Beauty

5 Penyebab Selangkangan Kusam, Berikut Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Kulit gelap pada bagian paha dalam bisa terjadi oleh siapapun, serta apapun warna kulitnya. Hal tersebut dapat terjadi ketika kulit paha bagian dalam, menghasilkan banyak melanin serta pigmen yang memberi warna pada kulit. Hal ini disebut sebagai hiperpigmentasi, perubahan warna pada paha dalam yang menggelap akan meregang ke area selangkangan.

Orang dengan memiliki berat badan lebih besar dapat beresiko lebih tinggi untuk mendapatkan paha bagian dalam bewarna lebih gelap, Selain itu kamu juga mungkin berisiko lebih tinggi jika memiliki ketidakseimbangan hormone atau diabetes mellitus dan meminum obatan tertentu.

Area selangkangan yang hitam adalah hal yang umum terjadi pada perempuan, namun kurangnya pengetahuan mengenai hal ini membuat mereka panik saat mengetahuinya. Nah berikut kita akan membahas apa saja penyebab selangkangan hitam dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Gesekan

Alasan yang paling umum penyebab selangkangan hitam adalah gesekan, hal ini disebabkan saat kita menggunakan pakaian dalam yang ketat atau tidak pas, dan kurangnya ventilasi yang baik pada area tersebut. Selain itu hal ini juga dapat terjadi akibat aktivitas sehari-hari seperti olahraga, berjalan, dan melakukan hubungan seksual. Selain itu jika terlalu menggosokan pakaian terlalu sering akan menyebabkan penggelapan.

2. Faktor Hormon

Hormon merupakan salah satu hal penting dari penyebab selangkangan hitam, hal ini dapat terjadi dari perubahan hormon. Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, selama masa pubertas aka nada kenaikan kadar esterogen yang secara tiba-tiba dan dapat emmbuat area selangkangan menghitam. Untuk usia 30-40, aka nada efek yang sama karena esterogen akan merendah ketika mendekati masa menopause.

3. Infeksi Vagina

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif dan paling rentan terhadap infeksi vagina. Selain itu kondisi tertentu dapat mempengaruhi area sekitar vulva, yang dapat emneyabbkan bercak gelap.

4. Usia

Seiring bertambahnya usia, tidak hanya elastisitas dan tekstur vagina yang akan mengalami perubahan, tetapi juga perubahan warna. Tak hanya itu, tubuh bagian lainnya juga dapat menggelap dengan seiringnya bertambah usia.

5. Sindrom Ovarium Polikistik

Pada zaman sekarang beberapa perempuan mengalami Sindrom Ovarium Polikstik, yaitu suatu kondisi ketika kista kecil yang ditemukan, berkembang dan menciptakan hormon di dalam tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan kelebihan hormone bagi pria (androgen) dalam tubuh, dan dapat menyebabkan menggelap pada area intim.

Nah diatas adalah beberapa penyebab selangkangan hitam, namun bagi kamu jangan khawatir karena hal ini sangat wajar jika terjadi di kamu. Setelah ini kita akan mencari tahu cara mengatasi selangkangan hitam : 

1. Gunakan Bahan Alami dan Organik

Cara mengatasi selangkangan yang hitam adalah dengan memilih produk yang memiliki banyak kandungan dengan bahan alami seperti cendana dan kunyit, karena cendana dan kulit dikenal dapat membantu pengelupasan area intim dan dapat membantu mencerahkan. Bahan tersebut dapat membantu untuk mencerahkan area intim, kamu jangan khawatir tentunya bahan tersebut sangat jauh dari pemutih yang kuat, seperti bahan-bahan kimia.

  • Minyak Kelapa dan Lemon

Lemon memiliki vitamin C serta dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi, sedangkan minyak kelapa memiliki fungsi sebagai pelembab dan dapat membantu area paham kamu lembut dan kenyal. Kamu dapat membuatnya menjadi lulur dengan cara :

  • Mencampurkan beberapa sendok minyak kelapa dengan setelah lemon.
  • Gosokkan campuran tersebut ke area yang kamu inginkan, kamu dapat memijat 10 menit.
  • Cuci bersih area tersebut

 

2. Selalu Menjaga Keseimbangan pH

Tak hanya dapat membantu proses mencerahkan, bahan alami juga dapat menjaga tingkat pH pada area selangkangan. Selain iru jika kamu dapat mejaga keseimbangan pH, kamu juga dapat membantu menghilangkan sel-sel epitel mati, dan bercak-bercak gelap.

3. Memilih Produk Perawatan yang Tepat

Jika kamu ingin melakukan perawatan pada area sealngkangan, pastikan tidak memilik produk bahan pengawet atau bahan kimia. Jika kamu mengalami beberapa gejala yang menyebabkan area selangkangan menghitam, dapat konsultasikan dengan dokter.

Nah diatas adalah beberapa penyebab selangkangan hitam dan cara mengatasinya, perlu kamu ingat ya. Bahwa area selangkangan yang hitam itu hal wajar dan dapat terjadi pada siapapun dengan jenis kulit warna apapun. Jadi kamu jangan beranggapan bahwa hal itu aneh yang terjadi pada kamu, kamu juga perlu untuk mencoba dengan mengatasinya berbagai cara. Dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading