Sukses

Beauty

5 Alasan Mengapa Memakai Sunscreen itu Penting, Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Fimela.com, Jakarta Merawat tubuh serta kulit merupakan kunci penting untuk menjaga penampilan dan kesehatan tubuh kita. Maka dari itu, perawatan tubuh menjadi hal yang patut untuk diperhatikan. Penggunaan sunscreen pun menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit.

Paparan sinar matahari dan UV yang masuk ke dalam tubuh kita, dapat memberi dampak buruk terhadap kesehatan kulit. Sifat radikal bebas yang ditimbulkan oleh sinar UV dapat menurunkan kualitas kulit. Paparan sinar UV yang berlebih, tentu dapat menyebabkan masalah-masalah kulit seperti jerawat, komedo, hingga penyakit kulit, seperti kanker kulit.

Sunscreen menjadi produk yang wajib berada dalam rangkaian perawatan tubuh. Tidak hanya dapat melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, sunscreen memiliki segelintir manfaat untuk penampilan kita. Berikut 5 alasan mengapa menggunakan sunscreen menjadi penting.

Melindungi dari kulit terbakar

Dikutip dari parisshealthcare.com, sinar UV dari paparan sinar matahari atau mesin tanning, tanpa menggunakan sunscreen, dapat meningkatkan potensi kulit terbakar. Kulit yang terbakar dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada tubuh. Tidak hanya itu, paparan sinar UV juga dapat meninggalkan bekas-bekas pada kulit yang susah untuk diatasi. 

Maka dari itu, penggunaan sunscreen menjadi wajib untuk melindungi kulit kita. Meskipun berada di dalam ruangan atau pada cuaca yang tidak terik, sinar matahari masih dapat menembus pada permukaan kulit. Untuk itu, menggunakan sunscreen menjadi upaya kita untuk mengurangi risiko kulit terbakar sinar matahari.

Mengurangi dampak dari penuaan dini

Paparan sinar matahari dapat masuk ke dalam lapisan tisu pada kulit kita. Hal ini yang mengakibatkan kulit kehilangan sifat elastisitas dan kekencangannya. Keriput dan garis halus akan semakin tampak, jika kita tidak merawatnya dengan benar.

Menggunakan sunscreen menjadi solusi untuk mencegah penuaan dini. Dengan proteksi dari sunscreen, kerja kolagen pada kulit akan tetap terjaga, sehingga kulit tampak lebih muda dan kencang. 

Mengurangi inflamasi dan kemerahan

Berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan risiko inflamasi dan kemerahan pada kulit. Dikutip dari eminenceorganics.com, paparan sinar matahari akan meningkatkan penumpukan darah di satu area yang mengakibatkan terjadinya inflamasi. Inflamasi ini akan mengakibatkan kulit kusam dan berjerawat.

Penggunaan sunscreen menjadi upaya untuk mengurangi risiko inflamasi serta kulit berjerawat. Dengan mengaplikasikan sunscreen secara rutin, kita dapat mengurangi dampak buruk paparan sinar matahati terhadap kulit. Untukmu yang memiliki kulit berjerawat, gunakan sunscreen dengan sifat non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi dapat muncul pada kulit kita, didukung oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar UV akan meningkatkan timbulnya flek hitam pada wajah dan tubuh, seiring bertambahnya umur. Flek hitam ini dapat tumbuh di seluruh tubuh dan mengurangi kualitas penampilan.

Sunscreen menjadi kunci untuk mencegah hiperigmentasi. Dengan menggunakan sunscreen kita mengurangi risiko hiperpigmentasi yang dapat menganggu penampilan kita. Gunakan sunscreen setiap hari tanpa pengecualian cuaca.

Mengurangi risiko kerusakan DNA

Studi lebih lanjut telah menunjukkan bahwa paparan sinar matahari dapat memicu kerusakan DNA dan meningkatkan risiko penyakit kulit seperti kanker. Paparan sinar matahari yang berlebih dapat menimbulkan akibat buruk pada lapisan tisu kulit. Hal ini dapat mempercepat penuaan dini dan menimbulkan risiko tumor pada kulit.

Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih ada cara terbaik untuk mengurangi kerusakan kulit. Dengan menggunakan sunscreen, tidak hanya kita menjaga penampilan, tetapi juga menjaga kesehatan kulit kita untuk sekarang dan nanti.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading