Sukses

Beauty

7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Kulit Wajah Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin pada kulit manusia pasti melemah. Hal itu membuat elastisitas kulit berkurang sehingga muncul tanda-tanda penuaan seperti keriput atau garis-garis halus.

Kamu mungkin tidak bisa menghindari munculnya tanda penuaan. Namun kamu bisa memperlambat kemunculannya dengan beberapa kebiasaan positif ini.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti untuk memperlambat penuaan kulit dan terlihat awet muda dalam prosesnya. Dirangkum dari berbagai sumber berikut selengkapnya.

 

1. Minum teh di pagi hari

Peralihan sederhana dari kopi ke teh di pagi hari dapat mengurangi kerutan. Dilansir medicaldaily, menurut sebuah penelitian tahun 2009, minum the khususnya teh putih, dapat mengurangi risiko kanker, rheumatoid arthritis, dan bahkan kerutan terkait usia.

Sejumlah kecil enzim yang ditemukan dalam teh putih dapat melindungi tubuh dari enzim yang memecah kolagen dan elastin. Keduanya bekerja sama untuk berkontribusi pada kekencangan dan elastisitas kulit kamu untuk mencegah timbulnya kerutan seiring bertambahnya usia.

2. Batasi gula

Membatasi asupan gula akan bermanfaat bagi wajah kamu, karena terlalu banyak gula dapat menyebabkan penuaan dini. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa peningkatan kadar gula darah orang-orang yang berusia antara 50 dan 70 tahun dapat membuat mereka tampak lebih tua dari lima hingga tujuh bulan.

Untuk mencegah tanda-tanda penuaan yang jelas, konsumsilah buah beri yang kaya akan senyawa antioksidan yang juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker tertentu, meningkatkan fungsi otak, tonus otot, dan keseimbangan. Sebuah studi tahun 2009 menemukan aplikasi topikal asam ellagic antioksidan dapat mencegah kerusakan kolagen dan respon inflamasi, penyebab utama keriput.

3. Menggunakan sunscreen di luar dan dalam rumah

Kulit kita sangat berisiko mengalami kerusakan akibat sinar matahari. Bahkan, juga berdampak pada penuaan kulit dini.

Tak hanya itu, sinar biru yang berasal dari ponsel ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur dan berdampak pada penuaan dini lho. Dalam sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa HEV, atau sinar biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, bisa menembus lebih dalam ke lapisan kulit daripada sinar UV matahari, sehingga membuat kulit menjadi rusak.

Oleh karena itu, meskipun beraktivitas di dalam rumah, sunscreen juga tak boleh dilewatkan. Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.

4. Perbanyak minum air putih

Minum air adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kulit Anda terlihat muda dan bersinar dari waktu ke waktu. Tetap terhidrasi meningkatkan sirkulasi kulit dan membantu mencegah perbaikan kulit menurun.

Minum lebih banyak air membantu menjaga kulit terhidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh untuk memberikan penampilan yang lebih sehat.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk tidak hanya berdampak buruk untuk kesehatan, tetapi juga mengakibatkan penuaan dini pada kulit lho. Dilansir Healthline, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kualitas tidur yang buruk menunjukkan peningkatan tanda-tanda penuaan kulit yang dibuktikan dengan garis-garis halus dan penurunan elastisitas.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, ketidakrataan, dan garis-garis halus. Secara keseluruhan, kualitas tidur yang buruk dapat mempercepat tanda-tanda penuaan kulit dan melemahkan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri di malam hari.

Tidur memberi tubuhmu kesempatan untuk menyegarkan dan meregenerasi sel. Karena itu, hindari kebiasaan begadang ya, sahabat Fimela.

6. Menghindari eksfoliasi kulit secara berlebihan

Pengelupasan kulit penting, terutama seiring bertambahnya usia, karena kulit kita memang membutuhkan bantuan untuk menghilangkan lapisan permukaan sel kulit mati yang menumpuk.

Masalahnya, menurut Samantha Dench, Ahli Estetika Berlisensi, kebanyakan wanita cenderung melakukan eksfoliasi secara berlebihan, dan sama seperti pembersih Anda, yang menyebabkan hilangnya minyak dan kelembapan.

“Oleh karena itu, saya merekomendasikan pengelupasan dua kali seminggu dan menggunakan pengelupasan berbasis enzim yang lembut,” kata Dench, dilansir The Ladders.

7. Gunakan serum wajah

Tak sedikit wanita yang mengira bahwa rajin cuci muka, menggunakan moisturizer, sunscreen, dan scrub saja sudah cukup sebagai rangkaian perawatan kulit wajah kita. Nyatanya, seperti layaknya tubuh, wajah juga butuh asupan nutrisi.  Salah satu nutrisi yang bisa kamu dapatkan adalah melalui serum wajah.

Serum wajah memiliki tekstur ringan dan bebas minyak. Dengan bahan kandungan aktif seperti vitamin, mineral, dan juga antioksidan, serum dapat menembus ke bagian kulit terdalam lebih cepat, mudah dan merata daripada pelembap wajah biasa.

“Ya, kamu memang membutuhkan serum dan saya memberitahu wanita untuk memikirkan serum kamu seperti lebah pekerja. Tujuan dari serum adalah untuk memasukkannya ke dalam kulit dan menargetkan masalah khusus kulit,” tutur Dench.

 

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading