6 Penyebab Jerawat di Dahi Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya

Vania Al kautsar18 Okt 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 19:15 WIB
Jerawat di dahi

Fimela.com, Jakarta Beberapa perempuan mungkin akan mengalami masalah yang sama yaitu memiliki jerawat di dahi , jerawat dapat berkembang di dahi seseorang walaupun terkadang dapat berkembang di bagian wajah atau tubuh.

Hal ini dikarenakan risiko perubahan hormon, Stress, dan kurang membersihkan area wajah salah satu pemicu jerawat. Kamu jangan khawatir jerawat di dahi bukan masalah yang serius, namun beberapa orang akan berfikir hal ini kurang menarik dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Untuk kamu yang belum mengetahui apa sih penyebab jerawat serta jerawat yang dapat berkembang di dahi, nah berikut beberapa penyataan mengenai penyebab jerawat di dahi dan bagaimana cara mengatasinya :

1. Perubahan Hormon

Jerawat juga biasa terjadi ketika kita mengalami masa pubertas karena kadar hormon berfluktuasi secara signifikan selama periode. Lonjakan hormon saat pubertas akan meningkatkan produksi minyak yang menyebabkan jerawat.

2. Stress

Ternyata stress dan jerawat di dahi ada hubungannya, walaupun hal ini tidak memiliki alasan yang begitu tepat.

3. Pengobatan

Beberapa jenis obat juga dapat menyebabkan jerawat sebagai efek sampingnya, sebagai contoh steroid, antikonvulsan, barbiturate, atau litium.

4. Kebersihan

Jika kamu jarang mencuci rambut dan membersihkan wajah secara teratur dapat menyebabkan timbunan minyak di dahi dan penyumbatan yang dapat mmeicu timbulnya jerawat.

5. Produk Rambut

Selain menjaga kebersihan dan mencuci rambut kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa produk rambut seperti gel, pomade, lilin, dan minyak rambut yang dapat membuat jerawat di dahi tumbuh.

Rambut kamu juga dapat menjadi salah satu sumber jerawat di dahi, jika kamu tidak sering mencuci rambut atau memiliki rambut yang berminyak, minyak akan mengendap di dahi dan menyumbat pori-pori di sana.

6. Iritasi Kulit

Yang terakhir adalah iritasi kulit, biasanya yang menyukai menggunaan make up di dahi atau memakai pakaian seperti topi, dapat mengiritasi dahi dan memicu timbulnya jerawat. Kurangilah untuk menyentuh dahi karena hal ini dapat memperparah kulit dan memicu jerawat.

Cara Mengatasinya

Cuci Muka
Ilustrasi Cuci Muka/https://www.shutterstock.com/kei907
  • Cuci muka dengan pembersih lembut selama 2 kali sehari, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan. Jangan menggosok wajah karena hal ini dapat memperburuk jerawat.
  • Sering-seringlah untuk mencuci rambut, jika rambut kamu berminyak gunakanlah shampoo yang memiliki kandungan untuk merawat rambut berminyak.
  • Hindari penggunaan minyak atau produk pomade pada rambut, jika kamu ingin menggunakan pomade maka bersihkan dahi terlebih dahulu dengan washlap basah.
  • Potong poni yang terlalu panjang atau kamu dapat menjepit poni yang panjang, poni  dapat menyebabkan jerawat di dahi terutama jika rambut berminyak.
  • Hindari memakai ikat kepala atau topi yang dapat menyentuh daerah dani, jauhkan tangan kamu dari dahi atau sebisa mungkin untuk tidak menyentuh area dahi, karena bisa jadi tangan kita terdapat bakteri jika kita menyentuh dahi akan memasukkan bakteri ke por-pori anda.
  • Jika kamu senang menggunakan make up jangan lupa untuk membersihkannya atau kamu dapat menggunakan produk yang memiliki label “noncomedogenic” ini berarti tidak akan menyumbat pori-pori serta dapat menyebabkan jerawat, serta jangan gunakan produk yang dapat mengiritasi kulit seperti pembersih yang mengandung alkohol.

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan, banyak penyebab jerawat di dahi. Nah untuk itu kamu dapat mengatasinya dengan membersihkan area wajah dan gunakanlah produk yang sesuai dengan masalah kulit kamu.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela