Sukses

Beauty

Rambut Sehat dan Berkilau, Ini 7 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Rambut

Fimela.com, Jakarta Biasanya, kopi terkenal sebagai minuman mengandung kafein yang bermanfaat dalam meningkatkan fokus dan membuat mata terjaga. Bahkan saat ini, kopi menjadi salah satu minuman kekinian yang digemari oleh para anak muda sehingga coffee shop sangat mudah ditemukan. Banyak kafe yang menyediakan aneka kopi dengan berbagai jenis rasa.

Disamping manfaat kopi yang bisa membuat seseorang terus terjaga selama beraktivitas, ternyata kopi juga memiliki manfaat untuk tubuh seperti untuk diet, membantu menjaga kesehatan kulit wajah hingga kesehatan rambut. Jika ingin memiliki akar rambut yang kuat, maka harus mendapatkan suplemen yang tepat.

Dr Health Benefits mengungkapkan kopi dapat membantu rambut seseorang menjadi lebih sehat, terutama jika digunakan dengan rutin. Berikut tujuh manfaat kopi bagi kesehatan rambut yang Fimela rangkum dari Liputan6, Kamis (21/10/2021).

1. Mencegah Rambut Rontok

Umumnya, kebotakan pada laki-laki disebabkan oleh dihidrotestoterion kimia (DHT). DHT ini memengaruhi folikel rambut dan secara bertahap dapat membuat pengurangan setiap helai rambut. Namun, DHT akan bertahan ketika seseorang mengonsumsi kafein.

Faktanya, kafein dapat memperkuat akar rambut yang membuat folikel dalam tahap perkembangan anagen bisa didukung lebih lanjut. Para ahli menjelaskan, setelah mengoleskan kopi ke kulit kepala, sebaiknya diamkan terlebih dahulu selama dua hingga lima menit. Dengan begitu, kopi dapat meresap ke akar rambut dengan lebih baik.

2. Membuat Rambut Sehat dan Berkilau

Ternyata, kopi bisa membuat rambut seseorang sehat dan berkilau. Hal ini disebabkan sifat antioksidan dari kafein memperkuat folikel rambut sehingga dapat menambah kilau pada rambut. Jika mencuci rambut dengan kopi, maka akan membuat rambut lebih halus dan mengembalikan penampilan rambut yang lebih sehat.

Akibat efek diuretik, kafein bisa membantu rambut menahan kelembapan dan kilau alaminya. Tak hanya itu, kafein pun mampu membangun aliran darah dan membantu suplemen mencapai dasar rambut yang menghasilkan rambut kuat dan berkilau.

3. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang sel-sel matriks dalam partisi folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut juga ikut terangsang. Mengandung antioksidan, kafein juga bermanfaat untuk mengurangi kehilangan air transepidermal dan merangsang pembentukan sel rambut yang lebat.

Para analis melihat bahwa mengonsumsi kopi untuk pertumbuhan rambut dapat membangun folikel pada pria maupun wanita. Selain itu, karena fungsi umum kafein merupakan penambah energi, ia juga meningkatkan aliran darah ke folikel rambut sehingga mampu meningkatkan pemanjangan batang rambut.

4. Memperbaiki Tekstur Rambut

Siapa sangka, ketika merawat rambut dengan kopi ternyata bisa dipercaya membuat rambut lebih halus dan lembut. Selain memperbaiki tekstur rambut, kopi juga bisa bermanfaat untuk merawat rambut yang sulit diatur, kering dan rusak.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kopi yang memiliki tekstur kasar ini bisa meningkatkan penyebaran darah pada kulit kepala. Ketika menggosokan kopi ke kulit kepala, maka bisa meningkatkan penyebaran sirkulasi darah dan membantu perkembangan rambut.

6. Mengurangi Ketombe

Kopi dikenal dengan exfoliator yang luar biasa. Hal ini dikarenakan teksturnya, kopi jadi mampu membantu menghilangkan penumpukan sisa-sisa produk serta polusi yang ada di kulit kepala. Dengan begitu, kopi bisa mengurangi ketombe dan membuat rambut lebih sehat.

7. Minyak Rambut

Hebatnya, kopi juga bisa digunakan sebagai minyak rambut sehingga dapat memberi vitamin pada rambut dan kulit kepala. Minyak kopi juga membantu memperkuat akar serta batang rambut, meningkatkan penyebaran darah hingga mendukung pertumbuhan pada rambut.

Gimana, Sahabat Fimela? Apakah tertarik untuk merawat rambut dengan kopi?

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading