Kegunaan Es Batu untuk Wajah Hingga Punggung Berjerawat

Anisha Saktian Putri23 Okt 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Okt 2021, 17:00 WIB
Kegunaan Es Batu untuk Wajah Hingga Punggung Berjerawat/Artmim/shutterstock

Fimela.com, Jakarta Jerawat memang menjadi permasalah wajah paling umum dialami hampir semua orang terutama perempuan. Meski banyak produk skincare yang telah memiliki kandungan penghilang jerawat, namun nyatanya perawatan alami masih diminati.

Hal ini dikarenakan beberapa skincare mengandung bahan kimia keras yang dapat menyebabkan iritasi atau kekeringan pada kulit. Akibatnya, beberapa orang mengandalkan perawatan kulit alami sebagai gantinya.

Es batu menjadi salah satu obat rumahan yang dipercaya dapat meringankan masalah jerawat. Mudah digunakan dan didapatkan menjadikan es batu perawatan jerawat yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba.

Selain jerawat, menyamarkan kantong di bawah mata hingga meminimalkan pori-pori bisa menggunakan es baru. Namun bisakah es batu dapat menghilangkan jerawat selamanya?

Melansir medicalnewstoday, jerawat biasanya terbentuk ketika sebum dan sel-sel kulit menyumbat folikel rambut, menjebak minyak berlebih, puing-puing sel, dan bakteri di bawah kulit.

Dinding folikel rambut yang tersumbat dapat pecah, menumpahkan isinya ke jaringan kulit di sekitarnya. Ini dapat membuat lebih banyak jerawat dan memicu peradangan.

Es batu dapat membantu mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan nyeri pada jerawat tipe inflamasi, termasuk pustula dan kista. Namun, es batu mungkin memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada jerawat non-inflamasi, seperti komedo atau whiteheads.

Sementara kompres es batu dapat meminimalkan peradangan dan membuat jerawat kurang terlihat atau menyakitkan, namun itu tidak akan menghilangkan isi di dalam jerawat.

Cara menggunakan es di bagian tubuh yang berbeda

ilustrasi manfaat es batu/puhhha/shutterstock
ilustrasi manfaat es batu/puhhha/shutterstock

Jerawat dapat muncul di bagian tubuh mana saja, termasuk wajah, punggung, dada, dan kulit kepala.

Tips umum menggunakan es batu untuk jerawat

1.  Cuci area tubuh secara menyeluruh dengan pembersih lembut dan air hangat.

2. Jangan mengoleskan es langsung ke kulit.

3.  Bungkus es batu atau kompres es dengan kain bersih sebelum dioleskan ke kulit. 

4. Oleskan es dalam interval 30 detik hingga 1 menit.

5. Jangan tertidur dengan kompres dingin.

Menggunakan es batu untuk jerawat di wajah

Tergantung pada ukuran dan jumlah jerawat, seseorang dapat mengoleskan satu es batu ke jerawat di wajah.

1. Setelah mencuci dan mengeringkan wajah  dengan lembut, letakkan es batu yang dibungkus pada jerawat dengan interval 1 menit. 

2. Pastikan untuk menunggu beberapa menit.  Melakukan hal ini dapat membantu mencegah kerusakan jaringan.

3. Dapat menggunakan es batu atau kompres es pada jerawat selama rutinitas perawatan kulit pagi dan sore hari.  Juga dapat mengompres jerawat yang meradang parah beberapa kali sehari jika mereka membersihkan kulit sebelumnya.

Jerawat di dada

1. Oleskan es batu yang dibungkus ke satu jerawat di dada dengan interval 1 menit.  

2. Untuk beberapa jerawat, pertimbangkan untuk membuat kompres es yang lebih besar atau menggunakan kompres es komersial.

3. Untuk membuat kompres es, isi kantong plastik dengan es batu dan air.  Bungkus kompres es dengan serbet bersih atau kain tipis sebelum meletakkannya di kulit.

Jerawat di punggung

Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan mencapai jerawat di punggung, jadi pertimbangkan untuk menggunakan kompres es yang lebih besar atau kompres dingin.

Pegang kantong es di tempatnya dengan tangan.  Jika tempat berada dalam posisi yang canggung, pertimbangkan untuk berbaring di atas kantong es atau mengamankannya ke belakang dengan bungkus kompresi.  

Manfaat

Meskipun es saja mungkin tidak menyembuhkan jerawat, es dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan, membuat jerawat kurang terlihat.

Es juga memiliki efek mati rasa, yang dapat meredakan nyeri sementara untuk jerawat yang meradang parah.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela