4 Tips Mengubah Rutinitas Perawatan Kulit saat Udara Terlalu Dingin

Annissa Wulan01 Des 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 14:30 WIB
4 Tips Mengubah Rutinitas Perawatan Kulit saat Udara Terlalu Dingin

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang kulit di saat udara terlalu dingin berarti kering dan pengap. Untuk kamu yang memang memiliki jenis kulit kering, mungkin udara dingin adalah tantangan tersendiri.

Cuaca yang dingin bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengubah rutinitas perawatan kulit. Secara umum, akan sangat baik untuk menyesuaikan rutinitas dengan musim, sama halnya dengan pakaian.

Dilansir dari self.com, berikut ini adalah beberapa tips mengubah rutinitas perawatan kulit saat udara terlalu dingin. Penasaran?

1. Mencoba produk pelembap yang lebih kental

Ucapkan selamat tinggal pada produk pelembap yang ringan dan bebas minyak. Saatnya menambah hidrator yang lebih kuat untuk kulit.

Ceramide adalah asam lemak esensial dan sehat yang terjadi secara alami di kulit, tapi perlu diisi ulang selama udara lebih dingin. Ceramide sangat penting karena berfungsi sebagai sistem pendukung untuk penghalang kulit.

Saat kulit kekurangan ceramide, penghalang menjadi terganggu, yang mengakibatkan kekeringan dan iritasi. Dengan cara ini, ceramide yang habis bisa menyebabkan masalah, seperti eksim.

Menambahkan lapisan hidrasi ekstra ke rutinitas perawatan kulit adalah cara lain yang bagus untuk mencegah dehidrasi kulit. Rekomendasinya adalah menambahkan serum atau sheet mask berbasis asam hialuronat, dan pelembap yang lebih kuat.

2. Gunakan body lotion

Saat udara dingin, kulit mungkin akan mulai terasa kering dan gatal, karena kelembapan di udara jauh lebih sedikit untuk bisa membantu menghidrasi kulit. Cara termudah menghentikan gatal adalah dengan memastikan hidrasi terpenuhi dari ujung kepala ke ujung kaki. Pelembap memberikan penghalang pelindung di atas kulit, memungkinkannya mempertahankan hidrasi dan menarik hidrasi ke lapisan kulit luar.

 

3. Mengurangi aktivitas eksfoliasi

4 Tips Mengubah Rutinitas Perawatan Kulit saat Udara Terlalu Dingin
Simak di sini beberapa tips mengubah rutinitas perawatan kulit saat udara terlalu dingin.

Saat udara semakin dingin, cara terbaik lainnya adalah mengurangi bahan-bahan kuat, seperti retinoid dan asam glikolat. Terlalu banyak melakukan eksfoliasi akan membuat retakan kecil pada penghalang kulit yang menyebabkan lebih banyak hilangnya hidrasi dan peradangan. Untuk menghindarinya, penggunaan perawatan glikolat atau masker sebaiknya tidak lebih dari sekali dalam semiggu.

4. Berinvestasi pada humidifier

Tingkat kelembapan yang rendah akan menurunkan penghalang kelembapan alami kulit, yang bisa menyebabkan pengelupasan, keretakan, dan pengelupasan. Di rumah, kamu bisa berinvestasi dengan humidifier untuk meningkatkan kelembapan agar kulit tetap terhidrasi.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela