9 Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Disadari

Kezia Prasetya Christvidya27 Okt 2021, 07:10 WIB
Diperbarui 27 Okt 2021, 07:16 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat di pipi bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa kepercayaan diri menurun. Karena pipi adalah bagian wajah yang terlihat, dan akan sangat mudah terkena penyebab jerawat.

Pada umumnya, jerawat di pipi disebabkan karena debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori, lalu terinfeksi oleh bakteri penyebab jerawat. Kotoran yang menempel di pipi ini ada bermacam-macam, yang bisa didapatkan dari aktivitas sehari-hari.

Sebagian orang mungkin tidak menyadari penyebab jerawat di pipi. Agar jerawat tidak muncul di pipi, yuk kenali beberapa penyebab jerawat di pipi, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Jerawat di Pipi

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/siro46/shutterstock

1. Sarung Bantal Kotor

Penyebab jerawat di pipi yang pertama, yaitu karena sarung bantal tidak pernah diganti, sehingga menyebabkan bakteri, kuman dan jamur berkembangbiak di bantal. Untuk itu, gantilah sarung bantalmu setiap seminggu sekali.

2. Ponsel yang Kotor

Ponsel adalah barang yang paling sering kita sentuh, sehingga ada banyak kotoran yang menempel pada ponsel. Kalau kamu sering mengangkat telepon, maka kotoran yang terdapat pada ponsel akan menempel di pipi. Kamu bisa membersihkan ponselmu dengan tisu yang sudah disemprot disenfektan, atau gunakan earphone bluetooth untuk meminimalisir kotoran menempel di pipi.

3. Menggunakan Alat Makeup yang Kotor

Kalau kamu sering menggunakan alat makeup, jangan lupa untuk membersihkan alat tersebut secara berkala. Karena alat makeup yang lembap akan sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri, kuman dan jamur penyebab jerawat di pipi. Alat makeup bisa dibersihkan setiap kali habis dipakai, atau maksimal seminggu sekali. Untuk mencuci alat makeup, lebih baik gunakan sabun batang yang tidak mengandung banyak deterjen dan keringkan.

Penyebab Jerawat di Pipi

skincare-kezo
ilustrasi comedonal acne/aslysun/shutterstock

4. Salah Menggunakan Produk Kecantikan

Kesalahan menggunakan produk kecantikan, seperti skincare maupun makeup, akan sangat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat di wajah. Untuk itu, pastikan memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis wajahmu. Jika memiliki wajah berjerawat, gunakan skincare yang mengandung tea tree oil atau retinol, dan untuk makeup gunakan produk dengan klaim non-comedogenic.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Saat di rumah aja, sering kali kita sangat malas untuk membersihkan wajah. Padahal walaupun tidak ada makeup yang menempel di wajah, tetapi kamu harus tetap membersihkan wajah secara rutin, agar pori-pori di wajah tetap bersih dan terhindar dari jerawat di pipi. Bersihkan wajahmu menggunakan facial wash yang gentle di pagi hari, dan lakukan double cleansing di malam hari.

6. Stres

Terlalu banyak pikiran juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di pipi. Karena stres bisa berpengaruh terhadap perubahan hormon, dan mempengaruhi pola tidurmu. Usahakan untuk mengontrol pikiran agar tidak stres, dengan melakukan meditasi secara rutin.

Penyebab Jerawat di Pipi

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/BR Photo Addicted/shutterstock

7. Sering Makan Gorengan

Terlalu sering makan gorengan, bisa menyebabkan produksi minyak di wajah berlebihan. Kemudian minyak akan menyumbat di pori-pori, dan memicu munculnya jerawat di pipi. Sebaiknya kurangi mengonsumsi gorengan, dan gantilah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

8. Terlalu Banyak Gula

Selain gorengan, makanan dan minuman yang mengandung banyak gula tambahan, juga bisa menyebabkan jerawat di pipi. Karena gula bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh dan bisa memproduksi minyak berlebih di wajah. Mengonsumsi banyak gula juga bisa menyebabkan hormon jadi berubah-ubah.

9. Kurang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga bisa menyebabkan jerawat di pipi. Sebaiknya olahraga harus dilakukan secara rutin, untuk meningkatkan hormon endorfin, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah jerawat. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, yang bisa membersihkan pori-pori tersumbat.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela