Sukses

Beauty

Berbahaya! Perhatikan Tanda-Tanda Eyeshadow Telah Kedaluwarsa

Fimela.com, Jakarta Memiliki penampilan yang baik dan cantik menjadi keinginan para wanita. Dengan begitu, tentu wanita akan memenuhi keinginannya tersebut dengan menggunakan makeup. Salah satu jenis makeup yang bisa mempengaruhi paras wanita adalah eyeshadow. Tak dapat dipungkiri, eyeshadow memegang bagian terpenting dari tata rias.

Sebagian orang masih belum menyadari terkait kedaluwarsanya makeup yang mereka miliki, termasuk eyeshadow. Ternyata, eyeshadow dapat bertahan untuk waktu yang jauh lebih lama daripada produk makeup lainnya yang cenderung memiliki ketahanan yang lebih pendek.

Sayangnya, perusahaan kosmetik tak diharuskan untuk mencantumkan masa kedaluwarsa pada setiap produknya. Dilansir My Imperfect Life, Rabu (27/10/2021), kenali pentingnya untuk mengetahui masa pakai produk kosmetik terutama eyeshadow serta tanda-tanda produk sudah kedaluwarsa.

Apakah Eyeshadow Bisa Kedaluwarsa?

Banyak yang bertanya-tanya, jika produk kosmetik lainnya memiliki masa pakai, bagaimana dengan eyeshadow? Jawabannya adalah eyeshadow pun memang dapat kedaluwarsa sehingga Sahabat Fimela harus memperhatikannya. Umumnya, makeup dibuat dengan bisa bertahan antara satu bulan hingga dua tahun tergantung pada jenisnya. Eyeshadow bubuk khususnya, tidak akan kedaluwarsa selama 2 hingga 3 tahun.

Namun, jangka waktu ini sedikit lebih pendek dalam eyeshadow krim atau cair. Beberapa produk seperti eyeshadow krim memiliki kandungan minyak sehingga dapat rusak dan menyebabkan produk menjadi buruk. Seiring waktu, pengawet yang terkandung dalam semua produk makeup akan rusak. Terutama untuk eyeshadow bubuk, tidak disarankan untuk digunakan melewati jangka waktu 3 tahun.

Bagaimana Cara Mengetahui Eyeshadow Telah Kedaluwarsa?

Sebenarnya, sulit untuk mengetahui kapan eyeshadow benar-benar kedaluwarsa, terutama eyeshadow bubuk. Tetapi, pastikan untuk lebih sering memperhatikan produk yang sekiranya telah mengeluarkan aroma tidak sedap seperti bau busuk atau tumbuhnya jamur.

Namun, biasanya akan terdapat tanda eyeshadow bubuk yang sudah tidak layak pakai, di mana eyeshadow terlihat sangat keras dan sulit untuk dibaurkan. Jika hal tersebut terjadi, besar kemungkinan untuk membuang eyeshadow yang sudah tidak bisa dipakai ini.

Tak hanya itu, eyeshadow akan cepat rusak jika terkena udara lembap, panas yang sangat tinggi, udara kering atau bakteri dari jari dan sebagainya. Misalnya, jika eyeshadow lebih sering diaplikasikan dengan jari, biasanya produk cenderung lebih cepat rusak. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan kuas makeup yang bersih saat mengaplikasikan eyeshadow.

Jika Menggunakan Eyeshadow Kedaluwarsa, Apa yang akan Terjadi?

Seperti yang diketahui, area mata sangat sensitif sehingga produk makeup yang sudah kedaluwarsa akan menyebabkan dampak buruk. Menggunakan eyeshadow kedaluwarsa atau yang sudah rusak dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti mata menjadi merah, timbulnya jerawat, ruam hingga reaksi alergi. Meski eyeshadow merupakan salah satu produk makeup yang paling tahan lama, namun tidak ada salahnya untuk memastikan kualitas dari produk eyeshadow tersebut. Hal ini juga untuk memastikan agar produk yang digunakan tidak membahayakan kesehatan mata.

Sahabat Fimela, cobalah untuk lebih memperhatikan produk-produk kosmetik terutama eyeshadow. Jangan sampai produk telah kedaluwarsa dan menyebabkan masalah kesehatan mata.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading