5 Tips untuk Wajah Berminyak Supaya Makeup Tahan Lama

Fimela Reporter29 Okt 2021, 09:35 WIB
Diperbarui 29 Okt 2021, 10:47 WIB
makeup-kezo

Fimela.com, Jakarta Khusus bagi sebagian orang yang memiliki tipe wajah berminyak, tentu bukan hal mudah dalam memilih produk makeup yang akan digunakan. Wajah berminyak ini bisa membuat makeup sulit untuk menempel. Meski demikian, kelebihan dari tipe wajah berminyak adalah penuaan dini akan lebih lambat dibanding tipe wajah kulit kering.

Tak dapat dipungkiri, minyak yang berlebih membuat wajah tampak kinclong dan makeup di kulit wajah bisa meleleh. Wajah berminyak pun dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Dengan begitu, makeup harus dipilih serta diaplikasikan dengan benar agar bisa lebih tahan lama.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat sejumlah tips yang bisa ditiru Sahabat Fimela yang memiliki wajah berminyak agar makeup dapat tahan lama. Berikut 5 tips yang Fimela rangkum dari Liputan6, Jumat (29/10/2021).

Rajin Membersihkan Wajah

ilustrasi membersihkan wajah/pexels
ilustrasi membersihkan wajah/pexels

Hal pertama yang wajib dilakukan dalam perawatan wajah sebelum menggunakan produk kosmetik adalah mencuci wajah dengan air atau pembersih wajah. Maka, hal ini akan membersihkan kotoran pada wajah dan permukaan kulit sehinga membantu makeup merata ke seluruh wajah. Jika lalai, sisa makeup dan kotoran akan menempel dan memicu masalah pada wajah. Cobalah untuk mengusap wajah secara lembut menggunakan tangan atau gunakan kain pembersih khusus wajah.

Gunakan Produk Kosmetik Bebas Minyak

Tenang saja, terdapat berbagai produk kosmetik yang bebas minyak. Jadi, makeup yang mengandung minyak mampu membuatnya cepat luntur. Perawatan wajah menggunakan makeup yang bebas minyak bisa menjadi pilihan yang sesuai untukmu. Sebaiknya, gunakan makeup yang memiliki kandungan non-comedogonic sehingga pori-pori tidak tersumbat.

Pakai Bedak Tabur Secukupnya

Bedak Tabur atau Loose Powder
Ilustrasi Bedak Tabur atau Loose Powder Credit: pexels.com/Raphael

Ingin makeup terlihat naturan dan tahan lama, maka salah satu yang perlu diperhatikan adalah mengurangi pemakaian bedak. Agar tampil maksimal, gunakanlah bedak tabur. Pemakaian bedak pun harus diminimalisir guna terlihat menggunakan makeup natural, sebab jika menggunakan bedak tebal, maka pori-pori kulit wajah akan mengeluarkan banyak minyak. Menggunakan brush dapat membantu untuk meratakan bedak.

Menggunakan Primer

Sejatinya, apapun jenit kulit wajah, salah satu kunci upaya makeup lebih tahan lama adalah dengan menggunakan primer. Tak hanya tahan lama, primer juga berguna untuk memulai makeup natural. Setelah mengaplikasikan pelembap, sebaiknya mengoleskan face primer pada area wajah. Hal ini akan bermanfaat dalam mengecilkan pori-pori dan menahan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, primer juga mampu membuat foundation menempel dengan baik sehingga tahan lama pada kulit.

Memakai Concealer

Mengaplikasikan Concealer Sebelum Foundation
Ilustrasi Menggunakan Foundation Credit: shutterstock.com

Trik lainnya yang sesuai bagi wajah berminyak ialah dengan menggunakan concealer. Terlebih lagi, bagi sebagian orang yang memiliki imperfections pada kulit seperti bekas jerawat, bintik hitam dan kantung mata. Khusus kantung mata, pilihlah concealer dengan warna sedikit lebih terang dari warna foundation yang digunakan. Sedangkan untuk menutupi bekas jerawat dan bintik hitam, gunakan concealer yang memiliki warna sama dengan foundation.

Jadi, bagi Sahabat Fimela yang memiliki tipe wajah berminyak, yuk coba tips-tips diatas!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

Lanjutkan Membaca ↓