DIY Lulur Oatmeal untuk Atasi Kaki Kering dan Pecah-pecah

Fimela Reporter09 Nov 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 09 Nov 2021, 07:00 WIB
DIY Lulur Oatmeal untuk Atasi Kaki Kering dan Pecah-pecah

Fimela.com, Jakarta Menjalani aktivitas sehari-hari dengan kebiasaan atau pekerjaan tertentu, terkadang dapat memberikan dampak terhadap perubahan tubuh kita. Terlebih dengan aktivitas yang menuntut kita untuk terus bergerak, seperti berdiri dan berjalan terlalu lama, dapat mengubah kondisi kaki kita.

Faktor lingkungan dan aktivitas, dapat menimbulkan masalah kaki kering dan pecah-pecah. Mulai dari kebiasaan berdiri terlalu lama, berjalan tanpa alas kaki, hingga mandi terlalu lama, dapat meningkatkan risiko kaki kering dan pecah-pecah.

Tentu Sahabat Fimela tidak mau hal itu terjadi. Untuk merawat bagian kaki, tentu sama perlunya dengan merawat kulit dan wajah. Maka dari itu, menerapkan gaya hidup sehat menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan. 

Untuk mengatasi kaki kering dan pecah-pecah, dapat kita lakukan dengan menggunakan bahan alami, yaitu dengan menggunakan oatmeal. Tidak hanya mudah didapatkan, oatmeal ternyata dapat bekerja sebagai eksfoliator super untuk kulit yang kering. Ketahui manfaat oatmeal dan cara membuatnya.

Manfaat oatmeal

DIY Lulur Oatmeal untuk Atasi Kaki Kering dan Pecah-pecah
Ilustrasi oatmeal (pexels.com/Keegan)

Oatmeal memiliki segudang manfaat, mulai dari manfaat untuk kesehatan maupun untuk penampilanmu. Dikutip dari hellosehat.com, oatmeal dapat mengatasi masalah iritasi dan peradangan kulit. Teksturnya yang sedikit kasar, dapat menjadi eksfoliator alami untukmu yang memiliki masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Kandungan polisakarida dan hidrokoloid dalam oatmeal dapat mengunci air dan kelembapan yang ekstra pada kulitmu, sehingga kulit kaki akan semakin lembut dan halus. Tak hanya itu, lemak pada oatmeal juga dapat menambah aktivitas emolien, yang akan meredakan rasa gatal pada kulit kering. 

Penggunaan oatmeal untuk kaki kering dan pecah-pecah pun mudah untuk diaplikasikan. Sahabat Fimela dapat menyiasatinya dengan membuat scrub atau lulur oatmeal, berikut cara membuatnya.

DIY lulur oatmeal

DIY Lulur Oatmeal untuk Atasi Kaki Kering dan Pecah-pecah
Ilustrasi kaki kering dan pecah-pecah (unsplash.com)

Untuk membuat lulur oatmeal-mu sendiri, diperlukan beberapa bahan. Namun, tak perlu khawatir, bahan ini dapat dengan mudah kita temukan di rumah. Berikut bahan yang harus disiapkan, dikutip dari pioneerthinking.com:

  1. 1 sendok makan oatmeal
  2. 2 sendok makan garam laut
  3. 1 sendok teh baking soda
  4. 1 sendok makan minyak zaitun

Berikut langkah-langkah membuatnya: 

  1. Campurkan seluruh bahan ke dalam mangkuk berukuran sedang
  2. Aduk hingga mencapai kekentalan pasta
  3. Lumuri kaki dengan bahan oatmeal yang dicampurkan
  4. Diamkan selama 30 menit dan gosok halus pada saat mengering
  5. Bilas dengan air hingga bersih 

Cara ini dapat Sahabat Fimela lakukan setiap 2 kali dalam seminggu. Lakukan langkah yang sama hingga masalah kaki kering dan pecah-pecah teratasi.

 

Penulis: Meisie Cory

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓