Jangan Malas! Ini 5 Manfaat Penting Menggunakan Sunscreen

Fimela Reporter08 Des 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 20:00 WIB
Homosalate

Fimela.com, Jakarta Pentingnya menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari kerap menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Karena masih ada beberapa hal yang belum dipahami betul terkait manfaat sunscreen. Bukan hanya lotion atau krim saja, namun sunscreen merupakan senyawa kimia yang mampu menyerap dan melemahkan gelombang UV.

Pemakaian sunscreen, baik berbentuk krim, gel, lotion maupun spray sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tak hanya melindungi kulit saat keluar rumah, saat di dalam rumah pun juga perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Dengan begitu, jika Sahabat Fimela termasuk yang tidak rutin mengaplikasikan sunscreen dalam rangkaian skincare, cobalah untuk memahami terlebih dahulu terkait 5 manfaat pentingnya tabir surya yang telah Fimela rangkum dari beberapa sumber.

1. Melindungi dari Sinar UV

Lapisan ozon bumi yang terus menipis membuat sinar UV memiliki risiko berbahaya pada kulit terutama bagian wajah. Meski setiap individu membutuhkan sinar matahari untuk dosis harian vitamin D, tapi tidak berarti ini juga tidak bisa membahayakan kesehatan. Mengaplikasikan sunscreen bisa menghalangi sinar berbahaya yang menembus kulit dan memicu gangguan kesehatan kulit.

2. Mencegah Penuaan Dini

ilustrasi penuaan dini/pexels
ilustrasi penuaan dini/pexels

Paparan sinar UV merupakan penyebab utama dalam penuaan dini pada wajah. Dengan demikian, melindungi wajah dari sinar UV dengan sunscreen SPF tinggi sangat dianjurkan. Dilansir Style Craze, Sabtu (13/11/2021) menggunakan tabir surya bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus. Studi mengungkap orang di bawah usia 55 tahun yang menggunakan sunscreen memiliki peluang 24% lebih rendah untuk mengalami tanda-tanda penuaan ini daripada yang tidak menggunakaan tabir surya.

3. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Fungsi sunscreen bagi wajah juga bisa diandalkan untuk menurunkan risiko kanker kulit. Masih saja banyak orang yang tidak menyadari bahaya paparan sinar matahari langsung. Umumnya, kanker kulit kerap terjadi pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari, yakni kulit kepala, wajah, bibir, telinga, leher, lengan dan tungkai, dikutip dari Liputan6.

Mengenakan tabir surya setiap hari dapat melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma yang merupakan jenis kanker kulit terburuk yang bisa mengancam kehidupan wanita terutama yang berusia 20-an.

4. Mencegah Sunburns

Penyebab Kulit Kering dan Mengelupas
Ilustrasi Paparan Sinar Matahari Credit: pexels.com/Maggie

Dilansir merdeka.com, sinar Ultra Violet B (UVB) bisa menyengat permukaan kulit sehingga menimbulkan sensasi terbakar, pembengkakan, gatal-gatal dan pengulapasan di permukaan kulit tersebut. Oleh karena itu, melindungi kulit dengan SPF menggunakan sunscreen menjadi sangat penting.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Protein kulit yang penting bagi kecantikan serta kesehatan, seperti kolagen, keratin dan elastin rentan rusak karena paparan sinar ultra violet. Pentingnya perlindungan dari sunscreen demi menjaga kulit tetap halus dan sehat. Selain itu, pemakaian tabir surya ini pun juga mampu mencegah timbulnya jerawat dan kerusakaan pada permukaan kulit lainnya yang disebabkan oleh pengaruh buruk sinar matahari.

Pilih Sunscreen yang Berkualitas

Innertrue New Sunscreen "Always"
Innertrue Sunscreen "Always"/credit: Innertrue

Sunscreen “Always” yang diluncurkan Innertrue pada 25 November ini bisa menjadi rekomendasi bagi Sahabat Fimela untuk mengaplikasikan sunscreen yang berkualitas. Dengan menggunakan sunscreen Innertrue “Always” sudah bisa melindungimu dari paparan sinar matahari, sebab sunscreen ini memiliki keseimbangan sempurna antara kenyamanan dan perlindungan maksimal. Bahkan, teksurnya ringan dan tidak lengket dengan hasil akhir yang matte sehingga mudah dalam pengaplikasiannya.

Kemudian, sunscreen keluaran terbaru Inntertrue ini mengandung SPF 45 yang membuat keseimbangan antara rasa nyaman, perlindungan maksimal serta kebutuhan iklim tropis Indonesia yang umumnya membutuhkan SPF 30 hingga 50. Penelitian yang dilakukan oleh Sharad P. Paul pada 2019 menyebutkan SPF 30 pun sudah cukup memberikan perlindungan 97%, sementara SPF 50 memberikan perlindungan 98%.

Cara penggunaannya pun mudah, hanya mengoleskan dengan jumlah yang cukup secara merata di setiap akhir perawatan kulit. Gunakan 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan, terapkan kembali setiap 4 jam. Meski demikian, ingatlah untuk tidak terlalu lama menghabiskan waktu terlalu lama di bawah sinar matahari langsung.

Jadi, menggunakan sunscreen untuk masuk ke dalam rangkaian perawatan kulit wajah alias skincare itu penting, lho. Sahabat Fimela jangan lupa mengaplikasikan sunscreen disetiap harinya ya!

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela