Sukses

Beauty

9 Penyebab Jerawat di Rahang yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sering dialami pada masa remaja yang memiliki kulit berminyak. Namun jerawat juga bisa muncul di usia 30an lebih. Karena terjadi perubahan hormon di usia tersebut.

Pada umumnya, jerawat muncul di area dahi, pipi dan hidung. Tetapi jerawat juga bisa muncul di area rahang. Kondisi ini menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Terkadang jerawat yang muncul di rahang juga sangat susah untuk dihilangkan, sehingga mengganggu penampilan.

Jerawat di rahang disebabkan oleh berbagai macam hal, yang sebaiknya dihindari dan diwaspadai. BerikutĀ penyebab jerawat di rahang yang harus dihindari:

Penyebab Jerawat di Rahang

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat di rahang yang pertama, yaitu karena adanya faktor perubahan hormon yang sering dialami perempuan saat haid, masa kehamilan dan menjelang menopause. Ketidakseimbangan hormon ini, menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak dan memicu munculnya jerawat di rahang.

2. Sering Menaruh Tangan di Wajah

Jerawat di rahang bisa muncul akibat sering menaruh tangan di area wajah. Ada terdapat kuman dan bakteri yang terdapat di tangan. Sehingga bakteri dan kuman akan menempel di wajah dan membuat rahang berjerawat, jika sering menaruh tangan di wajah.

3. Mengonsumsi Makan Tidak Sehat

Jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kamu bisa mengalami jerawatan di area rahang. Makanan tidak sehat memicu produksi minyak berlebih di wajah. Sehingga minyak tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat di radang.

Penyebab Jerawat di Rahang

4. Jarang Membersihkan Area Rahang

Jerawat di rahang bisa muncul karena jarang membersihkan area rahang. Sebaiknya lakukanĀ double cleansing untuk membersihkan rahang dengan cara gunakanĀ micellar waterĀ terlebih dahulu. Bilas rahang dengan sabun muka yang bisa menyembuhkan jerawat.

5. Tidak Cocok dengan Produk Makeup Tertentu

Tidak cocok menggunakan produkĀ makeupĀ tertentu juga bisa jadi penyebab jerawat di rahang. Kalau kamu memiliki kulit wajah cenderung berjerawat, gunakanĀ makeupĀ yang memiliki klaimĀ hypoallernegicĀ danĀ non comedogenic, yang tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan alergi kulit.

6. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab jerawat di rahang selanjutnya adalah karena efek samping obat-obatan. Obat-obatan yang bisa menyebabkan jerawatan adalahĀ obat steroid, obat penenang, alat kontrasepsi oral, antidepresan, vitamin B, dan kortikosteroid.

Penyebab Jerawat di Rahang

7. Terlalu Banyak Pikiran

Jerawat di radang juga bisa disebabkan karena terlalu banyak pikiran, stres atau depresi. Hal ini membuat ketidakseimbangan pada hormon. Sehingga menyebabkan perubahan jenis kulit dan memicu munculnya jerawat di kulit.

8. Tidak Cocok dengan Skincare

Tidak semuaĀ skincareĀ bisa digunakan untuk merawat kulit berjerawat. Ada beberapaĀ skincareĀ yang justru membuat kulit menjadi berjerawat, sepertiĀ skincareĀ yang mengandung vitamin C dan vitamin E. Sebaiknya gunakanĀ skincareĀ yang mengandung AHA, BHA, retinol, niacinamide,Ā tea tree oil,Ā centella asiaticaĀ dan benzoil peroksida untuk mengobati jerawat.

9. Terlalu Banyak Hormon Androgen

Penyebab jerawat di rahang yang terakhir adalah karena terlalu banyak hormon androgen. Hormon androgen biasanya lebih banyak terdapat di dalam lelaki. Jika hormon androgen terlalu banyak di tubuh perempuan, maka kulit akan mudah berjerawat, berbulu, suasana hati mudah berubah, terlambat haid, dan bisa menyebabkan penyakit PCOS.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading