Ampuh Atasi Berbagai Masalah Kulit, Ini 5 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Fimela Reporter17 Jan 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 15:30 WIB
Menggunakan Masker Tomat

Fimela.com, Jakarta Bahan alami seperti buah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk perawatan kulit wajah. Buah tomat misalnya, tak hanya memberikan asupan nutrisi bagi kesehatan tubuh, namun buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Sebagian orang mengklaim bahwa tomat dapat memberikan manfaat untuk berbagai masalah kulit, seperti warna kulit tidak merata dan sebagainya.

Faktanya, tomat memang memiliki berbagai macam kandungan baik yang berguna untuk perawatan kulit, terutama wajah. Dengan manfaatnya yang berlimpah, sudah tidak heran lagi jika buah tomat dijadikan bahan utama dalam pembuatan produk skincare alami. Selain harganya murah dan mudah didapat, cara pemakaiannya pun mudah untuk dipraktikkan.

Dipercaya mampu mengatasi berbagai macam permasalahan kulit wajah, berikut sejumlah manfaat tomat bagi wajah dan cara pemakaiannya yang telah Fimela rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/11/2021).

1. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari

Memberi Perlindungan Bagi Kulit dari Bahaya Sengatan Matahari
Ilustrasi Paparan Sinar Matahari Credit: pexels.com/Caroline

Meski bisa melindungi dari paparan sinar matahari, tomat bukan pengganti tabir surya. Mengonsumsi buah tomat yang mengandung banyak likopen dipercaya dapat memberikan perlindungan dari sinar UV yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit.

Dilansir Healthline, berdasarkan penelitian pada 2006 telah ditemukan bahwa setelah 10 hingga 12 minggu mengonsumsi likopen atau produk tomat, orang-orang menunjukkan penurunan sensitivitas terhadap radiasi UV.

2. Dapat Membantu Penyembuhan Luka

Menurut data nutrisi Departemen Pertanian AS, 1 cangkir tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C yang sering ditemukan pada produk perawatan kulit. Dengan demikian, ini dapat mendorong pertumbuhan jaringan ikat baru serta membantu memperbaiki dan mempercepat penyembuhan luka.

Tak hanya itu, tomat memiliki kandungan anti-peradangan seperti likopen, beta karoten, lutein, vitamin E dan C. Senyawa tersebut bisa bekerja dalam membantu mengurangi rasa sakit serta gejala iritasi seperti kulit terbakar atau panas. Kandungan ini pun sangat bermanfaat guna membantu menyamarkan bekas jerawat kehitaman ataupun kemerahan.

3. Merangsang Produksi Kolagen

skincare-kezo
ilustrasi Cara alami yg bisa dilakukan untuk meningkatkan kolagen di kulit/arina shilyaeva/pexels

Seperti yang diketahui, tomat merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat membantu merangsang produksi kolagen.

Vitamin C ini mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit seseorang menjadi lebih sehat dan kencang. Kandungan vitamin B yang ada di dalam tomat ini juga diklaim bisa mencegah anti-aging sehingga membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis halus dan kerutan.

4. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Eksfoliasi mengangkat sel kulit mati dan membantu meningkatkan kesehatan serta penampilan kulit seseorang. Sebagian orang percaya bahwa enzim dalam tomat dapat memberikan manfaat penglupasan kulit ketika dioleskan ke kulit.

Bahkan, tomat yang mengandung antioksidan seperti likopen dan vitamin C ini bisa membantu memberikan tubuh melawan radikal bebas.

5. Melembapkan Kulit

Terkadang, kulit yang kering menyebabkan gatal, pecah-pecah dan mengelupas. Lotion dan krim biasanya dapat mengatasi masalah kekeringan pada kulit. Seiring dengan pengobatan tradisional, beberapa orang pun mengklaim jus tomat bisa dioleskan ke kulit kering untuk membantu memberikan kelembapan.

Tomat merupakan sumber potasium yang sangat baik. Menurut penelitian, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang dengan dermatitis atopik, sejenis eksim.

Cara Pemakaian Tomat untuk Wajah

skincare-kezo
ilustrasi rekomendasi makanan yang bisa menghilangkan bekas jerawat/pexels

Oleskan Langsung pada Wajah

Dilansir India Today, cara paling mudah dalam mengaplikasikan tomat ke wajah adalah mengiris tomat kemudian oleskan langsung ke wajah dengan lembut. Biarkan kulit menyerap selama satu jam, kemudian bilas wajah dengan air.

Tomat mengandung asam sitrat dan asam malat, keduanya mengelupas kulit dan membuka pori-pori dengan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah serta halus.

Menambahkan Yoghurt

Kandungan terbaik dalam tomat saat dikombinasikan dengan asam laktat dalam yoghurt ini mampu membantu mengecilkan pori-pori dan mencegah minyak berlebih.

Tambahkan dua sendok makan bubur tomat dan satu sendok makan yoghurt ke dalam mangkuk. Campur semua bahan sampai tercampur rata. Oleskan bahan yang sudah tercampur pada wajah dan pastikan kulit sedang dalam keadaan bersih. Diamkan selama sekitar 20 hingga 30 menit dan biarkan mengering. Terakhir, bilas dan gosok perlahan dengan air. Lakukan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Campurkan dengan Timun

Sama seperti tomat, timun juga memiliki sifat astringen dengan kemampuan tambahan dalam menjaga keseimbangan pH kulit. Keduanya dapat mengurangi sifat berminyak dan mencegah timbulnya jerawat.

Karena kedua bahan ini bersifat lembek, maka cobalah untuk dibuat dalam bentuk jus timun dan tomat menggunakan blender, lalu campur keduanya. Kemudian itu aplikasikan ke wajah dan bilas setelah setengah jam. Namun, pastikan kulit wajah telah bersih saat mengaplikasikannya. Lakukan sekitar dua atau tiga kali seminggu.

Ternyata tomat memiliki segudang manfaat untuk wajah. Bahkan cara pemakaiannya pun terbilang mudah. Tak perlu mahal untuk merawat kecantikan kulit wajah, menggunakan bahan-bahan alami juga jadi salah satu cara mudah dan efektif!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela