Sukses

Beauty

Benarkah Pori-Pori Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasan Dokter Kulit Ini

Fimela.com, Jakarta Faktanya, tidak ada cara untuk benar-benar mengecilkan pori-pori. Pertama, setiap orang perlu disadarkan bahwa pori-pori itu adalah hal yang sangat normal.

Gagasan untuk memiliki kulit tanpa pori-pori itu tidak nyata. Seiring bertambahnya usia, pori-pori bisa bertambah besar karena hilangnya elastisitas kulit atau karena tidak terlindungi dari sinar matahari.

Walaupun kamu tidak bisa mengecilkan pori-pori secara permanen, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menyamarkan tampilannya, seperti dilansir dari instyle.com. Penasaran?

Pada dasarnya, pori-pori adalah lubang kecil yang menutupi kulit, berfungsi sebagai pembersih bawaan. Pori-pori membiarkan keringat dan minyak keluar melaluinya sambil mendinginkan dan menjaga kulit tetap sehat.

 

 

Benarkah Pori-Pori Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasan Dokter Kulit Ini

Penumpukan dari riasan dan sel kulit mati bisa membuat pori-pori tampak lebih besar. Ada kesalahpahaman umum bahwa warna kulit atau kulit berminyak bisa membuat kamu lebih rentan terhadap pori-pori yang membesar.

Pasti ada kecenderungan genetik untuk pori-pori yang lebih besar, tapi para pakar telah melihat pori-pori besar di setiap jenis kulit dari usia 10 hingga 100 tahun. Sayangnya, kulit bersih tidak akan mencegah pori-pori membesar.

Jangan terlalu sering mencuci muka. Saat kamu mencuci muka secara berlebihan, kulitmu mungkin terasa bersih, tapi hilangnya minyak alami justru bisa menyebabkan eksim, kulit meradang, dan hilangnya elastisitas kulit karena pori-pori selalu kencang.

Benarkah Pori-Pori Bisa Dikecilkan? Simak Penjelasan Dokter Kulit Ini

Tips penting lainnya adalah memakai tabir surya, setiap hari. Kerusakan akibat sinar matahari bisa membuat pori-pori lebih terlihat.

Membersihkan memang langkah pertama dari setiap rutinitas perawatan kulit dan penting untuk menyingkirkan penumpukan kotoran dari pori-pori. Masukkan eksfoliator kimia ke dalam rutinitas perawatan kulit untuk membersihkan penumpukan lebih lanjut dan jika kamu memiliki pori-pori yang membesar atau kulit berminyak, asam salisilat sangat disarankan, karena asam AHA ini cenderung lebih baik.

Sedangkan jika kamu ingin melakukan perawatan di dokter kulit, biasanya untuk masalah pori-pori, disarankan untuk melakukan mikrodermabrasi atau pengelupasan lembut lapisan terluar kulit. Trik lainnya adalah botox yang bisa membantu meminimalkan munculnya pori-pori sementara.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading