8 Hal yang Bisa Membuat Kondisi Rambut Bercabang semakin Buruk

Annissa Wulan02 Des 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 02 Des 2021, 13:30 WIB
8 Hal yang Bisa Membuat Kondisi Rambut Bercabang semakin Buruk

Fimela.com, Jakarta Banyak orang berpikir bahwa rambut bercabang adalah kondisi yang terburuk. Sayangnya, kecuali kamu secara konsisten memotong atau memangkas rambut, ujung rambut bercabang tidak bisa dihindari.

Ada hal-hal yang kamu lakukan justru membuat ujung rambut bercabang lebih sering muncul dan bahkan jarang kamu sadari. Dilansir dari instyle.com, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membuat kondisi rambut bercabang semakin buruk, penasaran?

1. Mengurai rambut dengan cara yang salah

Rambut paling rapuh saat basah, jadi kamu harus ekstra lembut untuk mencegah kerusakan. Alat yang kamu gunakan untuk mengurai rambut juga bisa menjadi alasan ujung rambut bercabang.

2. Menggunakan alat panas terlalu sering

Paparan panas yang berlebihan akan mengeringkan rambut, membuatnya rapuh dan mudah patah.

3. Melewatkan pelindung panas

Beberapa alat styling bisa merusak rambut secara serius dan menyebabkan rambut cepat melemah dan akhirnya membuat ujung rambut bercabang. Inilah pentingnya menggunakan pelindung panas setiap kali kamu menggunakan alat styling, untuk menempatkan lapisan panthenol atau silikon di antara alat dan rambut.

4. Mengeringkan rambut basah menggunakan handuk

Handuk memiliki gulungan kecil dari kapas, mereka sangat menyerap karena rambut terjepit di antaranya dan kapas menghilangkan semua kelembapan. Ini menjadi alasan rambut menjadi sangat kusut, karena gulungan kecil handuk merobek kutikula, hingga membuat rambut bercabang.

 

5. Membelah rambut bercabang

8 Hal yang Bisa Membuat Kondisi Rambut Bercabang semakin Buruk
Simak di sini beberapa hal yang kamu jarang sadari bisa membuat kondisi rambut bercabang lebih buruk.

Saat kamu membelah rambut bercabang, ini akan membuat ujungnya lebih rapuh dari sebelumnya. Memotong rambut adalah cara terbaik.

6. Menggunakan sampo dengan cara yang salah

Ujung rambut tidak benar-benar membutuhkan sampo, daripada akar. Dan kontak langsung ujung rambut dengan produk sampo secara konstan bisa menyebabkan ujung mengering lebih cepat. Jadi, berkonsentrasilah keramas di kulit kepala, karena saat sampo mengalir di sepanjang rambut, itu cukup membersihkan rambut secara keseluruhan.

7. Melewatkan kondisioner

Karena ujung rambut jauh lebih tipis dan lebih kering daripada bagian rambut lainnya, rambut lebih membutuhkan kelembapan. Jadi pastikan ujung rambut mendapatkan kelembapan dengan kondisioner.

8. Terlalu lama di antara waktu potong

Lakukan pemotongan rambut setiap 3 bulan sekali. Rambut biasanya tumbuh antara seperempat inci hingga setengah inci setiap bulan, jadi setiap 3 bulan potonglah seperempat inci.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela