Sukses

Beauty

7 Penyebab Wajah Terlihat Tua dan Tips Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan pasti tidak ingin memiliki wajah yang terlihat tua. Kondisi wajah terlihat tua ini, sering dianggap bahwa orang tersebut sedang memiliki beban pikiran. Padalah wajah terlihat tua ini disebabkan karena terjadi penuaan dini pada kulit.

Ada benarnya juga, jika kesehatan pikiran harus tetap dijaga untuk membuat wajah tampak awet muda. Namun juga harus diimbangi dengan pola hidup yang menyehatkan. Jangan lupa juga untuk menghindari pemicu penuaan dini pada kulit.

Karena pola hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan wajah terlihat tua. Sahabat Fimela perlu konsisten dalam merawat kulit, agar tampak awet muda dan terhindar dari penuaan dini. Berikut penyebab wajah terlihat tua dan tips awet muda:

 

Penyebab Wajah Terlihat Tua

1. Dehidrasi

Penyebab wajah terlihat tua yang pertama, yaitu karena kulit dan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Lapisan epidermis tidak memiliki cairan yang cukup, untuk memberikan kelembapan kulit, dan produksi minyak alami kulit menurun. Sehingga kulit wajah akan berkeriput dan terlihat tua.

2. Faktor Usia

Faktor usia sangat berpengaruh membuat wajah terlihat tua. Karena semakin usia bertambah, maka produksi kolagen akan berkurang. Sehingga kulit menjadi kering, keriput dan terlihat lebih tua. Kondisi ini bisa dialami mulai usia 25tahunan keatas.

3. Penggunaan Makeup

Sebenarnya usia 20an juga bisa terlihat tua, jika sering menggunakan makeup. Karena kandungan makeup bisa membuat kulit menjadi kering. Apalagi jika makeup tersebut memiliki hasil akhir yang matte dan tidak mengandung pelembap. Maka makeup itu akan menyerap produksi minyak di kulit.

4. Sering Eksfoliasi

Sering melakukan eksfoliasi justru membuat wajah terlihat tua. Karena kandungan eksfoliator bisa membuat kulit kering, mengangkat minyak alami, dan membuat lapisan kulit menjadi tipis. Sebaiknya lakukan eksfolisasi maksimal 2 kali seminggu. Jika kulitmu terlalu kering, cukup gunakan seminggu sekali, atau sebulan 2 kali saja.

Penyebab Wajah Terlihat Tua

5. Efek Samping Obat-Obatan

Wajah terlihat tua juga bisa disebabkan karena efek samping obat-obatan seperti obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid, dan obat-obatan kemoterapi. Obat-obatan ini menyebabkan kulit kering, keriput dan tubuh menjadi dehidrasi. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

6. Memiliki Riwayat Penyakit

Jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti dermatitis atopik, eksim, psoriasis, penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes, maka bisa membuat kulit wajah terlihat tua. Hal ini disebabkan karena penyakit tersebut membuat kulit kering, bersisik dan kemerahan. Sehingga kulit akan mudah mengalami penuaan dini.

7. Jarang Berolahraga

Penyebab wajah tampak tua yang terakhir, yaitu karena kamu jarang melakukan olahraga. Olahraga bisa dilakukan setiap hari degan intensitas rendah, seperti lari, bersepeda, jalan kaki atau yoga. Olahraga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan hormon endorfin, yang membuat wajah tampak awet muda.

Tips Awet Muda

Wajah yang terlihat tua bisa membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun. Sehingga perlu melakukan perawatan kulit secara rutin dan konsisten. Hal ini dilakukan agar kulit tampak awet muda dan kelembapan kulit tetap terjaga.

Tips awet muda sangat mudah untuk dilakukan. Mulai dari mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, karena kulit dehidrasi akan membuat kulit tampak lebih tua. Selain itu, lakukan olahraga dengan intensitas sedang, menjaga kualitas tidur, mengonsumsi buah atau sayuran yang bergizi, dan menjaga kesehatan mental.

Sahabat Fimela juga bisa menggunakan serangkaian skincare antiaging, yang mengandung antioksidan, ceramide, hyaluronid acid, glycerin, AHA, BHA, dan vitamin C. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari, agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari. Lakukan double cleansing di malam hari untuk menjaga kebersihan kulit dan membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading