11 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Kulit saat Cuaca terlalu Dingin

Annissa Wulan16 Des 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 16 Des 2021, 18:00 WIB
11 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Kulit saat Cuaca terlalu Dingin

Fimela.com, Jakarta Cuaca dingin bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, merah, dan meradang lebih cepat daripada biasanya. Jika kamu ingin menjaga kulit tetap kenyal, sehat, dan bercahaya, ada beberapa hal yang bisa membantumu.

Dilansir dari byrdie.com, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantu menjaga kulit saat cuaca terlalu dingin. Penasaran apa saja?

1. Hindari wewangian dan alkohol

Beralihlah ke produk pembersih yang lembut dan bebas wangi, karena sabun yang kuat bisa memperburuk kulit yang gatal dan kering. Pilihlah produk pembersih berbasis krim dan gunakan toner serta astringen dengan hemat karena produknya sering mengandung alkhol, yang justru bisa membuat kulit semakin kering.

2. Omega

Konsumsi suplemen dengan omega 3, 6, dan 9 bisa memperbaiki beberapa kondisi kulit, seperti eksim. Suplemen ini bisa menjaga membran sel yang sehat, memungkinkan sel menahan air, dan akhirnya penghalang yang sehat ini akan mendukung kulit untuk lebih halus dan kenyal.

3. Melembapkan kulit tangan

Tangan cenderung dilupakan saat cuaca dingin. Pakailah sarung atau pelembap untuk kulit tangan saat kamu sering mencuci tangan di cuaca yang dingin.

 

 

4. Makan lebih banyak alpukat

11 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Kulit saat Cuaca terlalu Dingin
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantumu menjaga kulit saat cuaca terlalu dingin.

Makan lemak sehat seperti alpukat telah terbukti membantu menjaga kulit kenyal. Lemak sehat sangat penting untuk menjaga kulit wajah dan tangan terlihat sehat dan mencegahnya mengering saat cuaca dingin.

5. Menggunakan SPF

Suhu yang turun secara signifikan di cuaca dingin, paparan mataharinya masih bisa sangat kuat dan merusak kulit. Jadi, penting untuk tetap menggunakan SPF di wajah, leher, dan tangan untuk membantu menahan penuaan dini lebih lama.

6. Tetap aktif

Tetap aktif bergerak akan meningkatkan sirkulasi, detak jantung, dan membuat kulit bercahaya secara alami. Gunakan waktu setengah jam untuk berjalan kaki 3 kali dalam seminggu untuk membantu menjaga kulit tetap bercahaya.

7. Memilih aksesori dengan hati-hati

Untuk menghindari kulit teriritasi saat mengenakan pakaian tertentu di cuaca yang dingin, cobalah memilih barang-barang yang terbuat dari bahan alami yang memungkinkan kulitmu tetap bernapas. Ini membantu sirkulasi udara dan mengurangi penumpukan panas di satu tempat, yang justru dapat menambah iritasi jika dibiarkan.

8. Kale

11 Hal yang Bisa Membantu Menjaga Kulit saat Cuaca terlalu Dingin
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membantumu menjaga kulit saat cuaca terlalu dingin.

Kale dikemas dengan vitamin C, yang bisa membantu kulit menumbuhkan sel-sel baru dan menyembuhkan, menjaga kulit tampak cerah dan segar.

9. Menyikat kering

Menyikat kering merangsang sistem limfatik dan mendukung detoksifikasi. Sebelum mandi, sikat kulit dengan sikat alami yang lembut. Ini akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati untuk membuka sumbatan dan menghilangkan kulit mati, yang membantu penyerapan lebih banyak nutrisi dari produk perawatan.

10. Jangan menggunakan minyak secara berlebihan

Jangan menggunakan minyak murni seperti jojoba atau argan secara berlebihan. Menggunakan minyak murni pada kulit setiap hari dapat merusak penghalang lipid kulit, sehingga cara terbaik menggunakannya adalah dengan mencampurkan minyak ke dalam krim siang atau malam yang biasa kamu gunakan.

11. Tidur

Tidur memiliki manfaat terapeutik yang penting, waktu paling produktif bagi tubuh untuk memperbaiki setiap sistem di tubuh, termasuk kulit. Makan satu atau dua kenari sebelum tidur, karena kacang ini kaya antioksidan, omega, dan sumber melatonin terbaik yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela