Panduan Perawatan Sederhana untuk Kulit Kering dan Sensitif

Fimela Reporter24 Jan 2022, 18:30 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 18:30 WIB
Tips Perawatan Sederhana untuk Kulit Kering dan Sensitif

Fimela.com, Jakarta Kulit kering dan sensitif biasanya memiliki keluhan berupa kulit merah, gatal, dan bersisik. Keluhan ini tentu sangat tidak nyaman.

Penyebab dari keluhan-keluhan ini bisa disebabkan karena kulit dewasa, suhu dingin, juga produk perawatan kulit yang menyebabkan iritasi.

Setiap jenis kulit memiliki tipe perawatan kulit yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan kulit. Perawatan ini dapat membantu menyehatkan kulit, menghaluskan, dan mengoptimalkan kecantikan alami dari kulitmu.

Berikut ini adalah tips perawatan untuk kulit kering dan sensitif yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Dilakukan

Tips Perawatan Sederhana untuk Kulit Kering dan Sensitif
Inilah tips perawatan sederhana untuk kulit kering dan sensitif. (ilustrasi pelembab untuk kulit kering/shutterstock)

Perawatan untuk kulit kering dan sensitif yang terpenting adalah mengetahui dan menerapkan hal-hal yang harus dan tidak boleh dilakukan:

- Gunakan tabir surya yang tidak mengandung benzofenon dan kandungan bahan yang tergolong keras lainnya. Pilihlah tabir surya yang memiliki SPF 15 atau SPF 30 dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioxide. Bahan-bahan ini sangat efektif dan lembut pada kulit sensitif.

- Hindari terlalu lama berada di ruangan yang ber-AC atau terlalu panas. Jika akan berada dalam tempat seperti ini, aplikasikan krim pelembab ekstra dan minum banyak air putih sebelumnya. Setelah mengaplikasikan, aplikasikan kembali pelembab pada siang hari. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

- Hati-hati dalam menentukan perawatan kecantikan di salon. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai jenis kulitmu. Jika salah melakukan perawatan, kulit bisa mengalami pengelupasan dan memperburuk keluhan kulit.

- Jangan sentuh wajah tanpa cuci tangan agar tidak menyebabkan iritasi kulit. Iritasi kulit bisa terjadi karena dengan menyentuh kulit, dikhawatirkan ada perpindahan bakteri, jamur, dan virus dari jari ke kulit.

- Pilih riasan yang berbasis mineral. Hal ini sangat disarankan karena kosmetik jenis ini tidak akan menyumbat pori-pori dan secara umum merupakan produk yang lembut bagi kulit sensitif.

 

 

Perawatan Sehari-hari

Tips Perawatan Sederhana untuk Kulit Kering dan Sensitif
Inilah tips perawatan sederhana untuk kulit kering dan sensitif. (ilustrasi sabun muka untuk kulit kering/TORWAISTUDIO/shutterstock)

Ini adalah tips perawatan untuk kulit kering yang bisa dilakukan sehari-hari:

- Mencuci wajah sehari sekali pada malam hari

- Mengaplikasikan pelembab dua kali dalam sehari

- Hanya mandi dan cuci muka dengan air suam-suam kuku, jangan gunakan air panas

- Hindari menggunakan scrub dan loofah yang keras dan keringkan dengan handuk bersih (jangan digosok)

- Jangan lupa gunakan tabir surya dan lip balm

- Minum banyak air

 

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela