7 Penyebab Rambut Keriting dan Cara Merawatnya dengan Alami

Kezia Prasetya Christvidya30 Nov 2021, 10:51 WIB
Diperbarui 30 Nov 2021, 11:54 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang rambut lurus, rambut keriting, rambut ikal, dan rambut bergelombang. Semua jenis rambut ini harus dirawat dengan benar, agar tidak kusut atau mengalami kerontokan.

Ada sebagian orang yang mengalami perubahan tekstur rambut, yang awalnya berambut lurus kemudian berubah menjadi rambut keriting. Perubahan tekstur ini sangat wajar dialami oleh para remaja yang mengalami pubertas.

Rambut keriting adalah rambut yang indah dan unik. Tetapi jika rambut keriting tidak dirawat dengan benar, maka rambut keriting sangat mudah kering, kusut dan bercabang. Untuk itu, kenali penyebab rambut keriting dan cara merawatnya dengan alami berikut ini:

Penyebab Rambut Keriting

rambut-kezo
ilustrasi rambut/ Jonas Svidras/pexels

Rambut adalah mahkota bagi perempuan. Sehingga kesehatan rambut harus dijaga dengan benar. Terkadang ada sebagian orang yang tidak suka memiliki rambut keriting, dan ada juga yang menyukai rambut keriting.

Tekstur rambut bisa berubah dimasa pubertas, sehingga ada yang mengalami perubahan rambut lurus menjadi rambut keriting. Sebenarnya penyebab rambut keriting ini belum bisa dipastikan. Namun ada beberapa penyebab rambut keriting, seperti berikut ini:

1. Faktor keturunan

2. Perubahan hormon saat pubertas

3. Sering terkena paparan sinar matahari

4. Adanya bentuk folikel rambut

5. Faktor gizi

6. Sering menggunakan bahan kimia seperti cat rambut

7. Rambut sering diikat

Masalah yang Sering Dialami Rambut Keriting

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Pavel Danilyuk/pexels

Setiap helai rambut memerlukan minyak alami, protein atau keratin, yang berfungsi untuk menguatkan rambut agar tidak mudah patah, dan berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut.

Karena rambut keriting memiliki sturktur yang tebal dan bergelombang, maka minyak alami dan keratin akan susah untuk menempel di batang rambut. Sehingga rambut keriting mudah terlihat kusut dan kering.

Masalah lain yang sering dialami rambut keriting adalah susah untuk diatur, sering patah saat disisir, muncul cabang di ujung rambut, dan memiliki tekstur yang kasar.

 

Cara Merawat Rambut Keriting dengan Alami

rambut-kezo
ilustrasi rambut/ Samson Katt/pexels

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Cara merawat rambut keriting yang pertama, yaitu dengan menghindari keramas terlalu sering. Karena sering keramas bisa mengurangi produksi minyak atau keratin di rambut, sehingga membuat rambut keriting jadi semakin kering dan kusut. Lebih baik keramas seminggu 2 hingga 3 kali saja.

2. Gunakan Kondisioner

Setelah keramas dengan sampo, sebaiknya gunakan kondisioner di ujung rambut. Kondisioner berfungsi untuk membantu mengembalikan kelembapan rambut keriting, mengatasi rambut patah, dan membuat rambut keriting lebih mudah diatur.

3. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Agar rambut keriting tidak mudah patah, sebaiknya sisirlah rambut keriting menggunakan sisir bergigi jarang. Kamu juga bisa menggunakan sisir yang terbuat dari kayu, karena sisir plastik bisa menyebabkan listrik statis penyebab rambut kusut. Sedangkan sisir kayu tidak menyebabkan listrik statis.

4. Jangan Gunakan Pengering Rambut

Untuk menjaga kekuatan rambut, sebaiknya jangan menggunakan alat pengering rambut. Biarkan rambut kering dengan sendirinya, atau gunakan handuk yang bahannya halus untuk mengeringkan rambut. Hindari juga penggunaan pelurus rambut atau catokan, karena bisa membuat rambut keriting jadi rusak.

5. Gunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut keriting yang terakhir, yaitu gunakan masker rambut berbahan alami secara rutin, yang bisa membuat rambut keriting lebih lembap, lembut dan mudah diatur. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, alpukat, minyak kelapa, lidah buaya, dan gingseng untuk merawat rambut keriting yang cenderung kering.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela