7 Penyebab Kantong Mata Kendur yang Sering Diabaikan

Kezia Prasetya Christvidya01 Des 2021, 07:59 WIB
Diperbarui 01 Des 2021, 10:00 WIB
mata-kezo

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata akan keriput, warna berubah menggelap dan muncul kantong mata yang kendur. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan, dan menyebabkan seseorang tidak percaya diri.

Kantong mata kendur ini bisa dialami perempuan maupun laki-laki. Kantong mata ini terbentuk karena adanya penumpukan cairan di sekitar mata, yang disebabkan karena darah menumpuk dan tidak mengalir dengan baik.

Saat peredaran darah tidak lancar di sekitar mata, maka akan menyebabkan kantong mata kendur dan warnanya menggelap. Kondisi ini sering disebut juga dengan istilah mata panda. Agar tidak memiliki kantong mata kendur, yuk kenali penyebab kantong mata kendur yang jarang diabaikan berikut ini:

Penyebab Kantong Mata Kendur

mata-kezo
ilustrasi mata/Jorge Fakhouri Filho/pexels

1. Faktor Usia

Penyebab kantong mata kendur yang pertama yaitu karena faktor usia. Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan di sekitar mata akan melemah. Sehingga lemak dan cairan di sekitar mata akan berkumpul dan membentuk kantong mata yang membengkak.

 

2. Penumpukan Cairan

Penumpukan cairan juga bisa menyebabkan kantong mata kendur. Selain disebabkan karena lemahnya jaringan otot di sekitar mata, penumpukan cairan juga bisa disebabkan karena sering mengonsumsi makanan yang tinggi garam, sering menangis dan aliran darah yang tidak lancar.

3. Sering Begadang atau Kebanyakan Tidur

Kebiasaan tidur terlalu larut malam atau sering begadang, bisa memicu munculnya kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Bahkan terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan kantong mata membengkak dan kendur. Sebaiknya jaga kualitas tidurmu dengan baik, yaitu tidur dalam waktu 8 jam saja sebelum pukul 10 malam.

Penyebab Kantong Mata Kendur

mata-kezo
ilustrasi mata/Bacila Vlad/pexels

4. Reaksi Alergi

Penyebab kantong mata kendur yang selanjutnya adalah reaksi alergi. Saat tubuh mengalami reaksi alergi, mata akan mengalami bengkak dan berair. Sehingga terjadi penumpukan cairan di sekitar mata, bahkan cairan tersebut menyebabkan kelopak mata terlihat lebih gelap dan membengkak.

5. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi yang disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi bisa menyebabkan fungsi organ dan jaringan di dalam tubuh menurun, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan memicu munculnya kantong mata kendur. Untuk itu, konsumsilah air putih secara rutin minimal 2 liter sehari.

6. Sering Terkena Paparan Sinar Matahari

Kalau kamu sering terkena paparan sinar matahari, maka akan terbentuk pigmen kecokelatan di sekitar kulit, yang membuat kantong mata menjadi lebih gelap. Saat terjadi hiperpigmentasi karena sinar matahari ini, pigmen melanin akan menumpuk di kelopak mata dan menyebabkan kantong mata kendur.

7. Faktor Genetika

Penyebab kantong mata kendur yang terakhir adalah karena faktor genetika atau keturunan. Jika kamu memiliki keluarga yang kantong matanya besar, maka kemungkinan kamu akan memiliki kantong mata besar juga. Apalagi jika dalam keturunan terdapat riwayat penyakit yang menyebabkan kantong mata kendur, seperti penyakit tiroid.

Cara Mengatasi Kantong Mata Kendur

skincare-kezo
ilustrasi skincare mata/Prostock-studio/shutterstock

Tak perlu khawatir jika memiliki kantong mata yang kendor. Karena kondisi ini bisa diatasi dengan cara alami dan merubah pola hidup menjadi lebih baik lagi. Salah satunya adalah mengubah pola tidur atau menjaga kualitas tidur. Kamu bisa tidur malam selama 8 jam, mulai dari jam 9 atau 10 malam.

Kemudian hindari mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi garam. Karena kandungan garam bisa menyebabkan penumpukkan cairan di area mata. Hindari juga makanan atau minuman yang terlalu manis, dan jangan mengonsumsi alkohol atau soda.

Selain itu, rutinlah menggunakan eye cream untuk menghidrasi kulit sekitar mata, mencerahkan kelopak mata, dan mengurangi kerutan di sekitar kantong mata. Kamu juga bisa menggunakan masker dari teh hijau atau es batu, untuk mengurangi kantong mata kendur dan bengkak.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela