5 Penyebab Ketombe dan Rambut Rontok yang Jarang Disadari

Kezia Prasetya Christvidya07 Des 2021, 10:17 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 11:18 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Ada beberapa masalah rambut yang umum terjadi pada perempuan, dan bisa mengganggu penampilan, seperti rambut berketombe dan rambut rontok.

Ketombe merupakan serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan, yang biasanya menempel di rambut dan jatuh di area bahu. Saat rambut berketombe, maka rambut akan terlihat kusam dan gatal di area kulit kepala.

 

Begitu juga saat mengalami rambut rontok. Sekitar 50 hingga 100 helai rambut pada perempuan bisa rontok. Jika tidak segera disadari penyebabnya dan tidak diatasi, maka rambut rontok bisa menyebabkan kebotakan.

Agar terhindari masalah rambut ketombe dan rambut rontok, yuk kenali penyebab ketombe dan rambut rontok, yang dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Ketombe

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Bennie Lukas Bester/pexels

1. Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe yang paling utama adalah karena penyakit dermatitis seboroik, yang merupakan peradangan pada kulit kepala. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit kepala kering, kemerahan dan mengakibatkan munculnya ketombe.

2. Tidak Bersih Saat Mencuci Rambut

Ketombe juga bisa disebabkan karena kurang bersih saat membilas sampo, atau karena terlalu jarang mencuci rambut, sehingga menyebabkan penumpukan kotoran dan sel kulit mati di rambut yang mengakibatkan ketombe. Sebaiknya, gunakan sampo anti ketombe yang mengandung sedikit deterjen, dan bilas hingga sampo bersih.

3 Malassezia sp

Malassezia sp termasuk penyebab ketombe. Kondisi ini disebabkan karena Malassezia sp adalah salah satu jamur hidupnya di kulit kepala. Jamur ini bisa tumbuh di kulit kepala, saat kondisi kulit kepala sangat lembap, lalu kulit mengalami peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik, sehingga menyebabkan ketombe.

4. Kulit Kering

Kondisi kulit kepala kering, bisa jadi penyebab ketombe di rambut, karena sel kulit mati di kulit kepala mengelupas akibat peradangan dan gatal. Kulit kering ini bisa disebabkan karena tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga penuhi kebutuhan cairan harianmu secukupnya.

5. Dermatitis Kontak

Penyebab ketombe yang terakhir, yaitu karena dermatitis kontak, yang menyebabkan kulit kepala terlalu sensitif, dan tidak cocok dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut.

Penyebab Rambut Rontok

rambut-kezo
ilustrasi penyebab rambut rontok/Helena Ije/pexels

1. Stres

Stres adalah penyebab rambut rontok yang paling umum. Jika terlalu stres, maka folikel rambut akan beristirahat, lalu rambut akan rontok dan mengalami penipisan. Kerontokan rambut ini disebut dengan telogen effluvium. Sebaiknya, tenangkan pikiranmu dan carilah waktu untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang membuatmu stres.

2. Pasca Melahirkan

Saat pasca melahirkan, rambut pada perempuan bisa mengalami kerontokan, kurang lebih setelah 3 bulan pasca melahirkan. Hal ini disebabkan karena saat pasca melahirkan, perempuan akan mengalami perubahan hormon, yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

3. Diet Ketat

Diet ketat bisa menjadi penyebab rambut rontok. Sebab melakukan diet ketat, bisa menyebabkan rambut kekurangan nutrisi, seperti protein, asam lemak esensial, zat besi dan zinc, yang berfungsi sebagai pembentuk keratin rambut.

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme juga bisa menyebabkan rambut rontok. Penyakit ini terjadi karena kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid, yang berfungsi untuk menyuplai oksigen pada rambut. Sehingga kalau kekurangan hormon tiroid ini, maka rambut akan mudah rontok dan kulit kering.

5. Alopecia Areata

Penyebab rambut rontok yang terakhir, yaitu karena penyakit auto imun yang disebut dengan alopecia areata. Penyakit ini menyebabkan adanya peradangan, yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan folikel rambut.

Cara Mengatasi Ketombe

rambut-kezo
ilustrasi serum rambut/ Pixel-Shot/shutterstock

1. Minyak Zaitun

Cara mengatasi ketombe yang pertama, yaitu menggunakan minyak zaitun, yang berfungsi melembapkan kulit kepala, sehingga mencegah munculnya ketombe di kulit kepala yang kering. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala, kemudian pijat-pijat sampai minyak zaitun meresap, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air hangat.

2. Minyak Almon

Minyak almon bisa dijadikan sebagai antioksidan alami, yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Caranya dengan memijat kulit kepala dengan minyak almon, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

3. Minyak Kemiri

Cara mengatasi ketombe yang terakhir, yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sering dijadikan sebagai penyubur rambut, membuat rambut lebat dan menutrisi kulit kepala yang kering. Aplikasikan minyak kemiri selama 30menit sebelum keramas, lalu pijat-pijat sampai minyak meresap dan bilas dengan air hangat.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Orawan Pattarawimonchai/shutterstock

1. Telur

Telur adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Karena telur memiliki kandungan vitamin B dan protein, yang bisa mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan akar rambut.

Cara menggunakan telur untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan mencampurkan 1 butir telur dengan 1 gelas susu, 2 sendok makan perasan lemon dan 2 sendok makan minyak zaitun, aplikasikan ke seluruh rambut, diamkan selama 20menit dan bilas dengan air dingin.

2. Yogurt

Selain telur, yogurt juga bisa mengatasi rambut rontok, karena mengandung vitamin B dan vitamin D, dan memiliki fungsi untuk menutrisi rambut, melembapkan dan menguatkan akar rambut.

Cara menggunakan yogurt untuk mengatasi rambut rontok, yaitu dengan mencampurkan 1 cangkir yogurt dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan 1 sendok makan madu. Aplikasikan di rambut selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela