7 Penyebab Pori-Pori Tersumbat dan Cara Membersihkannya

Kezia Prasetya Christvidya07 Des 2021, 11:33 WIB
Diperbarui 07 Des 2021, 13:26 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Pori-pori tersumbat adalah penyebab utama wajah berjerawat. Pori-pori yang tersumbat ini disebabkan karena produksi minyak atau sebum berlebihan di kulit. Saat pori-pori tersumbat, komedo akan bermunculan di wajah dan memicu tumbuhnya jerawat di kulit.

Sebenarnya pori-pori memiliki fungsi untuk mengeluarkan minyak, yang bisa membantu melembapkan kulit wajah. Selain menyebabkan komedo dan jerawat, pori-pori tersumbat akibat produksi minyak berlebih, bisa menyebabkan kulit wajah tampak kusam.

Pori-pori tersumbat dapat dibersihkan dengan rutin melakukan perawatan wajah. Untuk mencegah terjadinya pori-pori tersumbat, yuk hindari penyebabnya dan ketahui cara membersihkan pori-pori yang tersumbat, dilansir dari Merdeka.com:

Penyebab Pori-Pori Tersumbat

skincare-kezo
ilustrasi acne/aslysun/shutterstock

1. Sering Menyentuh Wajah

Penyebab pori-pori tersumbat yang pertama, yaitu karena terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan. Ada banyak kotoran dan kuman yang menempel di tangan. Sehingga kalau kita sering menyentuh wajah dengan tangan, kotoran dan kuman tersebut akan pindah ke wajah dan menyumbat pori-pori.

2. Jarang Membersihkan Wajah

Jarang membersihkan wajah juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Karena setelah beraktivitas seharian, ada banyak kuman, kotoran, debu dan minyak yang menempel di wajah. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, pori-pori membesar dan tersumbat, serta mengakibatkan kulit wajah mengalami proses penuaan dini.

3. Jarang Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit, sehingga bisa membantu membersihkan pori-pori tersumbat karena sel kulit mati. Kalau kamu jarang melakukan eksfoliasi, maka sel kulit mati akan menumpuk di wajah, dan menyebabkan pori-pori tersumbat, penuaan dini dan wajah kusam.

4. Jarang Mengganti Sarung Bantal dan Sprei

Pori-pori tersumbat juga bisa disebabkan karena jarang mengganti sarung bantal dan sprei. Ada banyak air liur, keringat, debu, jamur, atau kotoran yang menempel di sarung bantal dan sprei. Jika tidak dibersihkan, kotoran tersebut akan menyentuh wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Penyebab Pori-Pori Tersumbat

skincare-kezo
ilustrasi pori-pori tersumbat/metamorworks/shutterstock

5. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Penyebab pori-pori tersumbat yang selanjutnya, yaitu karena sering mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, makanan cepat saji, makanan instan, makanan olahan, makanan kalengan dan lain sebagainya. Makanan berlemak ini menyebabkan produksi minyak di kulit semakin meningkat, sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.

6. Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Sama seperti makanan berlemak, makanan yang terlalu manis juga menyebabkan pori-pori tersumbat. Makanan yang terlalu manis memiliki kandungan gula tambahan yang tinggi, yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Insulin yang meningkat juga bisa membuat kulit berminyak.

7. Kurang Berolahraga

Jarang melakukan olahraga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Pada dasarnya olahraga bisa membantu membersihkan pori-pori. Karena saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat, yang bisa membersihkan pori-pori tersumbat.

Cara Membersihkan Pori-Pori Tersumbat

skincare-kezo
ilustrasi mencuci wajah/TORWAISTUDIO/shutterstock

1. Double Cleansing

Cara membersihkan pori-pori tersumbat yang pertama, yaitu membersihkan wajah dengan cara menggunakan teknik double cleansing. Pertama gunakan cleansing oil atau cleansing balm untuk mengangkat riasan atau kotoran, setelah itu bilas dengan facial foam yang memiliki tekstur gentle, untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

2. Mengeksfoliasi Wajah

Setelah melakukan double cleansing, gunakan toner untuk mengeksfoliasi wajah, yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, mengangkat komedo dan melembapkan wajah. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali atau dua kali seminggu.

3. Gunakan Pelembap

Untuk mengecilkan pori-pori besar, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit, termasuk pelembap, setelah membersihkan pori-pori tersumbat. Jangan lupa gunakan produk yang memiliki klaim noncomedogenic dan hypoallergenic.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela