Sukses

Beauty

7 Penyebab Kaki Kering dan Pecah-Pecah, Ketahui Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Masalah kaki kering dan pecah-pecah sering dialami oleh perempuan. Kondisi ini bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Kaki kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan rasa nyeri, sakit dan kadang berdarah.

Mungkin kondisi kaki kering dan pecah-pecah ini sering dianggap sepele. Tetapi kondisi ini harus segera disadari penyebab dan gejala awalnya. Agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit berbahaya.

Secara umum, penyebab kaki kering dan pecah-pecah adalah karena kulit terlalu kering, jarang dirawat dan sering terkena bahan kimia. Namun, masih ada beberapa penyebab kaki kering dan pecah-pecah yang lainnya. Berikut penyebab kaki kering pecah-pecah dan gejalanya:

Penyebab Kaki Kering dan Pecah-Pecah

1. Memiliki Kondisi Medis Tertentu

Penyebab kaki kering dan pecah-pecah yang pertama, karena memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipotiroidisme dan malnutrisi. Penyakit ini bisa membuat kulit sangat kering dan kekurangan cairan. Sehingga tumit kaki bisa terkena dampak dan teksturnya jadi pecah-pecah.

2. Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Kalau kamu sering menggunakan sepatu hak tinggi, maka akan berisiko terkena kaki kering dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena bagian kaki akan mendapatkan tekanan penuh dari tubuh saat menggunakan hak tinggi. Sehingga telapak kaki yang tertekan akan mengalami kering dan pecah-pecah.

3. Perubahan Suhu Ekstrem

Kaki kering dan pecah-pecah bisa disebabkan karena perubahan suhu yang ekstrem. Saat kondisi cuaca sangat dingin, suhu udara akan sangat rendah tetapi suhu tubuh hangat. Sedangkan dicuaca yang panas, kondisi sepatu dan tubuh akan ikut memanas, sehingga kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

4. Ukuran Sepatu Sempit

Penyebab kaki kering dan pecah-pecah yang selanjutnya, yaitu karena menggunakan sepatu yang ukurannya sempit. Apalagi jika bagian belakang sepatu terbuka, dan ada bagian tumit yang tidak terkena sepatu. Hal ini membuat telapak kaki akan mengeras, menebal dan jaringan lemak menumpuk, kemudian berubah menjadi kering dan pecah-pecah.

Penyebab Kaki Kering dan Pecah-Pecah

5. Terlalu Sering Berdiri

Kebiasaan terlalu sering berdiri bisa menyebabkan kaki kering dan pecah-pecah. Karena sering berdiri juga bisa memberikan tekanan berlebih pada kaki. Apalagi jika kondisi lantai kasar dan keras, tumit kaki akan lebih mudah kasar, kering dan pecah-pecah.

6. Psoriasis

Psoriasis adalah penyebab kaki kering dan pecah-pecah. Psoriasis merupakan peradangan pada kulit, yang menyebabkan munculnya ruam di kulit, kulit menjadi kering, bersisik dan mudah mengelupas. Penyakit ini terjadi karena seseorang mengalami autoimun yang menyerang sel tubuh.

7. Dehidrasi

Penyebab kaki kering dan pecah-pecah yang pertama, yaitu karena tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Dehidrasi bisa berpengaruh terhadap kulit kaki, dan menyebabkan area telapak kaki menjadi kering. Konsumsi air putih secara rutin untuk mengatasi kondisi ini.

Gejala Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Saat kaki mengalami tekstur kering dan pecah-pecah, gejala yang dirasakan adalah bagian tumit menjadi menebal, keras dan teksturnya menjadi kasar. Kalau bantalan tumit mengalami kondisi ini, bantalan tumit akan mengembang dan saat jalan menjadi kering dan pecah-pecah kulitnya. Kondisi ini akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Kaki kering dan pecah-pecah juga bisa menyebabkan rasa gatal, perih, panas, dan nyeri saat digunakan untuk jalan kaki. Apalagi jika kaki kering dan pecah-pecah disebabkan oleh jamur, bakteri, dan kuman. Kondisi ini akan menimbulkan infeksi dan butuh obat untuk menyembuhkannya.

Sebenarnya gejala ini bisa hilang seiring berjalannya waktu dan menggunakan perawatan rutin. Namun jika kondisinya tidak segera sembuh, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter. Sahabat Fimela juga bisa menggunakan krim khusus untuk kaki untuk mengatasi kondisi ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading