Ketahui Penyebab Munculnya Freckles pada Kulit Wajah

Imelda Rahma09 Des 2021, 17:11 WIB
Diperbarui 09 Des 2021, 17:30 WIB
Penyebab Freckles

Fimela.com, Jakarta Bintik-bintik yang muncul di wajah atau biasa disebut sebagai freckles sedang menjadi sebuah tren yang sangat digandrungi oleh laki-laki dan perempuan saat ini. Bahkan banyak makeup artist papan atas membuat freckles dari riasan wajah untuk tampilan awet muda.

Jadi, jika kamu memiliki freckles secara alami, mungkin itu adalah salah satu keberuntunganmu saat ini. Freckles pada kulit wajah yang memang muncul secara alami akan membuat penampilanmu nampak terlihat unik dari yang lain. 

Freckles tidak hanya akan membuat kamu tampak menonjol, namun sebenarnya ada alasan yang menarik di balik munculnya freckles pada wajah seseorang. Apakah kamu penasaran?

Berikut Fimela.com kali ini akan mengulas penyebab munculnya freckles pada kulit wajah. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Munculnya Freckles pada Wajah

Penyebab Munculnya Freckles pada Wajah
Ilustrasi Penyebab Freckles Credit: pexels.com/Daniel

Dilansir dari Liputan6.com, menjelaskan bahwa freckles diproduksi oleh sel yang disebut sebagai melanosit. Sel ini dapat membentuk area kecil di kulit yang mengalami peningkatan melanin. Kamu tidak perlu khawatir, melanin adalah protein yang menghasilkan warna kulit, mata, dan rambut, sehingga jika ia diproduksi terlalu berlebihan, akan menjadi bintik-bintik atau freckles.

Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa freckles muncul pada saat wajah terpapar sinar matahari terlalu lama. Freckles muncul dan hilang tergantung pada seberapa banyak wajah terpapar sinar matahari. Inilah sebabnya, terkadang pada beberapa orang, freckles justru menghilang di musim dingin.

Tidak perlu khawatir, keunikan apa pun yang tubuh kamu miliki, hal itu akan membuat kamu semakin menarik.

Beberapa Hal Aneh Seputar Freckles pada Wajah

Beberapa Hal Aneh Seputar Freckles pada Wajah
Ilustrasi Penyebab Freckles Credit: pexels.com/Alexandra

1. Ada 2 jenis berbeda dari freckles

Satu jenis freckles yang paling umum adalah ephelides, berbentuk datar dan berwarna cokelat muda. Freckles ini biasanya muncul karena pergantian musim. Selain itu, ada freckles yang disebut sebagai lentigo. Lentigo muncul di kulit biasanya akibat paparan sinar matahari terus menerus.

2. Freckles muncul karena faktor genetik

Bintik-bintik ini muncul karena faktor genetik, yang juga mengatur warna kulit dan rambut. Disebut MC1R, gen ini dapat mengatur warna rambut, kulit, dan kecenderungan freckles untuk muncul.

3. Tidak ada orang yang lahir dengan freckles

Tidak ada bayi yang baru saja lahir telah memiliki freckles. Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama dari munculnya freckles, membuat sel-sel di kulit menciptakan lebih banyak pigmen.

4. Freckles menjadi indikasi kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari

Untuk beberapa orang, melanin diproduksi secara merata di seluruh kulit. Namun, bagi beberapa orang yang tidak mengalaminya, bintik-bintik kecil adalah akibat dari gumpalan kecil melanin yang terpancing karena paparan sinar matahari.

Jika kamu mendapati kulit terdapat banyak freckles, ini bisa menjadi indikasi bahwa kulit sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Bahkan yang lebih buruk adalah kulit berisiko besar untuk terkena kanker kulit.

5. Freckles berfungsi sebagai tabir surya alami kulit

Melanosit berfungsi sebagai tabir surya alami pada kulit yang gelap. Namun, tidak ada alasan untuk tidak mengaplikasikan tabir surya pada seluruh bagian kulit Anda setiap hari.

6. Tidak semua orang berambut merah memiliki freckles

Menurut hasil penelitian, orang-orang berambut merah memiliki lebih sedikit melanin di kulit mereka, namun tidak semua dari mereka pasti memiliki freckles. Hal ini dikendalikan oleh gen yang sama, karena 80% orang berambut mereka memiliki gen MC1R.

7. Pada abad pertengahan, freckles dianggap sebagai tanda penyihir

Sama halnya seperti tahi lalat, kutil, tanda lahir, dan bintik-bintik lainnya, freckles dianggap sebagai tanda seorang penyihir. Intinya, pada abad pertengahan, ketika kamu memiliki freckles, kamu akan dianggap sebagai seorang penyihir yang menyembah setan.

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela