7 Kebiasan Buruk Penyebab Jerawat di Dagu dan Rahang

Kezia Prasetya Christvidya16 Des 2021, 07:08 WIB
Diperbarui 16 Des 2021, 07:08 WIB
skincare-kezo

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang sangat menyebalkan karena susah dihilangkan. Jerawat bisa mengganggu penampilan, menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang, dan membuat warna kulit jadi tidak rata.

Pada umumnya jerawat muncul di area wajah yang berminyak, seperti area dagu dan rahang. Jerawat ini disebabkan karena sering melakukan kebiasaan buruk, yang memicu munculnya jerawat di dagu dan rahang.

Kebiasaan buruk ini terkadang tidak kita sadari, namun sering dilakukan berulang-ulang. Jadi apa saja kebiasaan buruk yang jadi penyebab jerawat di dagu dan rahang? Yuk simak artikel berikut ini:

Kebiasan Buruk Penyebab Jerawat

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/LStockStudio/shutterstock

1. Jarang Membersihkan Wajah

Kebiasaan buruk pertama yang sering menyebabkan jerawat di dagu dan rahang, yaitu jarang membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian. Ada banyak debu, kotoran, keringan dan minyak yang menempel di wajah, yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu munculnya jerawat di dagu dan rahang.

2. Menggunakan Makeup Tebal

Sebenarnya kulit berjerawat tetap boleh menggunakan makeup. Tetapi tidak boleh menggunakan makeup atau complexion yang terlalu tebal. Hal ini bisa mengakibatkan pori-pori tersumbat, dan membuat produksi minyak semakin banyak di wajah. Kamu bisa menggunakan produk makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan non-comedogenic, yang aman digunakan untuk pemilik wajah berjerawat.

3. Kurang Berolahraga

Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, olahraga juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kalau kamu jarang berolahraga, kulit akan tampak lebih kusam dan berjerawat, yang disebabkan karena peredaran darah kurang lancar. Rajin berolahraga juga bisa mengeluarkan keringan yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat.

4. Sering Mengonsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan buruk yang selanjutnya adalah sering mengonsumsi makanan yang berlemak. Makanan berlemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan membuat produksi minyak berlebih. Agar jerawat di dagu dan rahang tidak tumbuh, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berlemak.

Kebiasan Buruk Penyebab Jerawat

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/Pixel-Shot/shutterstock

5. Tidak Mengganti Sarung Bantal dan Sprei

Sarung bantal dan sprei wajib diganti setiap seminggu sekali. Walaupun tidak terlihat kotor, tetapi ada banyak keringat, debu, dan kotoran lainnya yang menempel pada sarung bantal dan sprei yang sering dipakai. Kebiasaan tidak mengganti sarung bantal dan sprei bisa menyebabkan jerawat di dagu dan rahang, lho.

6. Sering Memegang Dagu dan Rahang

Kebiasaan sering memegang dagu dan rahang bisa menyebabkan peradangan jerawat. Karena kita selalu menggunakan tangan untuk memegang banyak benda. Sehingga ada banyak bakteri dan kuman yang menempel di tangan. Kalau kamu langsung memegang wajah dengan tangan, tentu saja bakteri dan kuman itu akan menempel di wajah dan menyebabkan jerawat.

7. Tidak Menggunakan Sunscreen

Kebiasaan buruk penyebab jerawat yang terakhir, yaitu kebiasaan tidak menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari. Sunscreen atau tabir surya adalah produk skincare yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Jika tidak menggunakan sunscreen, maka jerawat akan mudah muncul di area dagu dan rahang.

Ciri-Ciri Jerawat Tumbuh

skincare-kezo
ilustrasi jerawat/LightField Studios/shutterstock

Jerawal bisa tumbuh kapan saja di dagu dan rahang. Apalagi jika kita tetap melakukan kebiasaan buruk. Jerawat juga bisa tumbuh saat perempuan mengalami perubahan hormon di masa haid, kehamilan, menyusui dan menapouse.

Saat jerawat di dagu dan rahang tumbuh, akan ditandai dengan ciri-ciri munculnya benjolan berwarna merah atau kuning, yang disertai dengan rasa gatal, panas dan perih. Usahakan untuk tidak menyentuh area yang ditumbuhi jerawat, karena peradangan jerawat bisa menyebar ke seluruh wajah.

Tumbuhnya jerawat di dagu dan rahang ini bisa dicegah dengan mengubah kebiasaan menjadi lebih baik, yaitu sering mencuci wajah, melakukan olahraga, tidak menggunakan makeup tebal, menjaga kualitas tidur, mengonsumsi makanan bergizi, dan menggunakan skincare yang tepat untuk jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela