Sukses

Beauty

Berbeda dengan Eyelash Extension, Kenali Lash Lift dan Cara Merawatnya

Fimela.com, Jakarta Perawatan bulu mata agar terlihat cantik dan menawan akan dilakukan oleh para wanita dengan berbagai cara demi mendukung penampilannya. Jika memiliki bulu mata lentik, panjang dan tebal, tentu membuat rasa kepercayaan diri seseorang meningkat. Sebut saja, tren yang sedang digandrungi untuk melentikkan bulu mata adalah eyelash extension dan lash lift.

Namun masih banyak orang yang belum bisa membedakan kedua hal tersebut. Nyatanya, baik eyelash extension dan lash lift memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bahkan dari segala perawatan yang mempercantik bulu mata tersebut juga cukup berbeda.

Lash lift sendiri akan menawarkan bulu mata lentik semi permanen yang mampu bertahan hingga delapan minggu. Jika Sahabat Fimela tertarik untuk melakukan lash lift, sebaiknya riset terlebih dahulu. Tak usah khawatir, Fimela telah mengulas berbagai penjelasannya, termasuk cara merawat bulu mata lash lift dari Makeup.com, Selasa (21/12).

Apa Itu Lash Lift?

Lash lift ini dapat menggantikan kebutuhan penjepit bulu mata dengan membentuk dan membuat bulu mata tampak keriting serta menawarkan semi permanen. Ahli ekstensi bulu mata dan pendiri Starr Beauty Andrea Starr menjelaskan bahwa prosedur ini paling cocok untuk seseorang yang menggunakan penjepit bulu mata setiap hari dan/atau memiliki bulu mata alami yang lurus.

Meski penggunaan penjepit berulang-ulang dapat menambah kesan bulu mata lentik alami, namun ini tidak akan bertahan lama. Idealnya, bagi seseorang yang memiliki bulu mata cenderung sedikit panjang ataupun pendek, Starr merekomendasikan untuk coba menumbuhkannya melalui serum bulu mata sebelum mencoba treatment lash lift ini.

 

Perbedaan Lash Lift dan Eyelash Extension

Baik lash lift maupun eyelash extension, keduanya akan membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan tebal. Namun, cara untuk pengerjaannya berebda. Lash lift cenderung lebih hemat biaya daripada eyelash extension. Selain itu, lash lift juga hanya membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan sederhana. Sementara, treatment untuk extension cukup rumit sehingga dapat memakan waktu hingga 2 jam untuk menyelesaikannya.

Starr merekomendasikan treatment lash lift kepada seseorang yang mencari layanan perawatan lebih rendah dan simple. Pada dasarnya, eyelash extension cenderung terlihat lebih dramatis dan lash lift terlihat lebih alami.

Lalu, bagaimana cara merawat bulu mata lash lift yang tepat?

Cara Merawat Bulu Mata Lash Lift

Menurut Starr, selama 24 jam setelah prosedur lash lift, sebaiknya hindari memakai riasan mata, membasahi bulu mata atau menggunakan produk berbasis minyak. Berikut Fimela rangkum dari berbagai sumber cara-cara lainnya yang harus diperhatikan.

24 Jam Pertama

  • Hindari menggosok atau menyentuh mata ataupun bulu mata
  • Jaga bulu mata agar tetap kering selama 24 jam pertama setelah perawatan
  • Hindari riasan mata, krim mata dan wajah, produk berbasis minyak pada wajah atau tabir surya
  • Hindari mandi dengan air hangat, steamer wajah, berenang atau keringat berlebih
  • Jauhkan tangan dari area mata

Hari ke-2

  • Hindari menggosok mata atau bulu mata
  • Hindari penggunaan produk berbahan dasar minyak pada wajah dan area mata seperti penghapus riasan berbahan dasar minyak
  • Hindari pemakaian mascara dan eyeliner, baik yang biasa atau tahan air
  • Hindari sauna, mandi air hangat dan steamer wajah

Hari ke-3

  • Hindari menggosok mata atau bulu mata
  • Hindari penggunaan produk berbahan dasar minyak pada wajah dan area mata seperti penghapus riasan berbahan dasar minyak
  • Hindari mascara tahan air
  • Hindari pembersih berbasis krim, gunakan pembersih bebas minyak yang lembut sebagai gantinya
  • Sisir atau sikat bulu mata dengan lembut untuk membantu menjaga ketahanan bulu mata yang lentik

Apakah Setelah Lash Lift Bisa Menggunakan Mascara?

Penggunaan mascara diperbolehkan setelah treatment lash lift, namun sebaiknya menunggu terlebih dahulu setidaknya 1-2 hari setelah perawatan. Disarankan untuk memakai mascara yang kaya akan protein. Selain itu, pilih jenis mascara tahan air atau berbahan dasar mineral yang juga mengandung serat alami untuk menjaga lash lift tetap terlihat segar.

Dari berbagai penjelasan yang telah disebutkan, semoga Sahabat Fimela bisa mengenal lebih dalam lagi tentang lash lift sebelum melakukan treatment-nya. Jangan lupa untuk menerapkan cara merawat bulu mata lash lift ya agar penampilanmu semakin menawan.

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading