Sukses

Beauty

Perlu Diketahui, Ini 5 Penyebab Flek Hitam dan Cara Menghilangkannya Secara Alami

Fimela.com, Jakarta Wajah mulus, bersih dan sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, berbagai aktivitas di luar membuat kulit terpapar sinar matahari langsung, polusi, debu, kotoran dan udara tidak sehat lainnya. Dengan kondisi tersebut, ini akan memungkinkan timbulnya penyebab flek hitam di wajah ataupun masalah kulit lainnya.

Sebelum menghilangkan flek hitam, lebih baik mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Flek hitam sendiri merupakan hasil dari produksi berlebihan atau pengumpulan melanin, pigmen kulit yang membuat kulit lebih gelap. Selain itu, flek hitam dapat dihasilkan dari kerusakan radikal bebas.

Tak perlu khawatir, masalah flek hitam ini tak selalu berbahaya bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, cobalah untuk ketahui penyebab flek hitam di wajah dan solusi tentang cara menghilangkan flek hitam yang telah Fimela ulas dari berbagai sumber, Senin (27/12).

Penyebab Flek Hitam

1. Jerawat

Jerawat atau breakout hampir selalu meninggalkan flek hitam di wajah. Meski dapat memudar seiring waktu, disarankan untuk tidak menyentuh atau memecahkan jerawat guna menghindari bintik hitam. Kebiasaan menyentuh wajahpun harus dihilangkan, sebab ini menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat dan breakout pada kulit.

2. Perubahan Hormon

Wanita selama masa kehamilan sering mengalami melasma atau kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit. Dilansir Medical News Today, menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu melasma.

3. Penuaan

Tanda penuaan paling umum selain garis halus adalah flek hitam di wajah. Kulit kehilangan elastisitasnya dan lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel yang rusak seiring bertambahnya usia. Bintik-bintik yang muncul karena penuaan ini dikenal sebagai lentigines.

4. Hiperpigmentasi Akibat Paparan Sinar Matahari

Penyebab utama flek hitam di wajah adalah karena produksi melanin yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Saat paparan meningkat, demikian juga persentasi bintik hitam yang disebut dengan Melasma. Sinar UVA dan UVB yang berbahaya dari matahari dan kotoran pun bertanggung jawab atas produksi melanin berlebih di sel-sel kulit.

Hiperpigmentasi adalah masalah kulit yang umum dan dapat dihindari dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Apa pun jenis kulit, jangan pernah lewatkan pemakaian tabir surya ini setiap harinya.

5. Peradangan

Flek hitam berbentuk bintik-bintik gelap dapat berkembang setelah terjadinya peradangan pada kulit, di mana peradangan tersebut muncul akibat berbagai alasan yang meliputi eksim, psoriasis, cedera pada kulit dan jerawat.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Setelah mengetahui penyebab flek hitam, inilah solusi untuk menghilangkannya dengan bahan alami yang Fimela rangkum dari Bebeautiful.

Aloe Vera

Lidah buaya mengandung bahan-bahan alami seperti vitamin A, B, C dan E yang mampu memperbaiki tekstur dan perubahan warna kulit. Selain itu, aloe vera ini memiliki sifat anti-penuaan dan nutrisi kulit yang membantu memudarkan dan menghilangkan flek hitam di wajah.

Sifat antispektiknya pun membunuh kuman dan bakteri serta mencegah terjadinya jerawat dan komedo. Dengan menggunakan aloe vera, maka jenis kulit apa pun dapat menjadi terasa lembut dan halus.

Tomat

Tomat kaya akan likopen yang membantu mencerahkan kulit dengan alami. Oleh karena itu, tomat menjadi salah satu solusi efektif untuk flek hitam di wajah. Dengan mengoleskan bubur tomat pada kulit, maka bisa membuat kulit wajah terasa lebih lembut dan halus.

Bahkan, tomat berfungsi dengan baik sebagai toner karena memiliki sifat mengencangkan kulit. Jika menggunakan secara teratur, garis-garis halus dan pori-pori membesar akan hilang dari wajah.

Madu

Madu terkenal mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit, sebab madu bersifat melembabkan dan tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulit ataupun membuatnya kering.

Untuk mengatasi flek hitam, madu pun bisa membantu dengan mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Pijat madu mentah di area kulit yang terdapat flek hitamnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit dan bilas dengan air hangat.

Semoga berbagai penjelasan tentang penyebab flek hitam di wajah dan solusinya bisa membantu Sahabat Fimela mengatasi permasalahan tersebut ya!

Penulis: Atika Riyanda Roosni

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading