Sukses

Beauty

6 Cara dan Kandungan Skincare untuk Mengatasi Komedo

Fimela.com, Jakarta Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalh wajah yang menyebalkan. Komedo bisa banyak sekali, sulit disembunyikan dan terus muncul kembali.

“Komedo, yang secara medis dikenal sebagai komedo terbuka, adalah pori-pori yang berisi minyak atau sebum, kotoran, dan sel kulit mati,” jelas Robyn Gmyrek, M.D., dokter kulit di Park View Laser Dermatology di New York City melansir goodhousekeeping. 

Ia juga mengatakan, komedo merupakan campuran minyak di pembukaan permukaan pori-pori, di mana ia teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam atau abu-abu.

Komedo dan komedo putih biasanya merupakan tanda awal jerawat, jelas Ife Rodney, M.D., seorang dokter kulit dan direktur pendiri Eternal Dermatology di Fulton, MD.  

Perbedaan utamanya adalah komedo tampak gelap karena pori-pori terbuka, sementara komedo putih adalah komedo tertutup, artinya permukaan folikel yang tersumbat ditutupi oleh lapisan tipis kulit, menciptakan warna yang lebih terang.

Banyak cara untuk mengatasi dan mencegah komedo. Namun harus dilakukan secara konsisten menggunakan produk perawatan yang membantu memecah kotoran di dalam pori-pori.

Berikut adalah bahan dan formula perawatan komedo terbaik.

1. Gunakan pembersih harian dengan asam salisilat

Pertama, cari bahan aktif seperti asam salisilat, asam beta-hidroksi yang ideal untuk menghilangkan komedo.

"Karena larut dalam minyak, ia mampu menembus pori-pori dan kelenjar minyak secara mendalam untuk memecah kotoran dan sebum," jelas Dr. Rodney.

2. Atau coba cuci muka dengan benzoil peroksida

Pilihan lain yang efektif dan sedikit lebih kuat untuk komedo adalah benzoil peroksida. Ini membantu melarutkan sel-sel kulit mati di atas bagian atas jerawat, membantu membukanya.

Dr. Gmyrek memeringatkan untuk tidak berlebihan dan menggunakan lebih dari yang direkomendasikan pada petunjuk kemasan produk, karena hal itu dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit.

3. Terapkan retinoid yang kuat untuk pembersihan pori-pori yang dalam

Jika semuanya gagal, retinoid dan retinol (versi yang lebih ringan), keduanya turunan vitamin A, juga bisa sangat efektif dalam mengobati komedo.  

“Retinoid mengubah cara sel-sel kulit berkembang dari dalam ke luar, untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan pembentukan jerawat," jelas Dr. Rodney.  Retinoid mjuga membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.  

4. Gunakan uap untuk ekstraksi yang hati-hati

Saran Dr. Bank, mulailah dengan mengukus wajah untuk membuka pori-pori.

"Kemudian, gunakan dua kapas atau ekstraktor komedo untuk menekan lembut sisi-sisi komedo.  Jangan gunakan tangan, karena ini dapat memasukkan bakteri dan menyebabkan infeksi,” jelasnya.

5.5. Cobalah pendekatan dua langkah untuk menghilangkan komedo dalam semalam

 Untuk membantu menghilangkan komedo di pagi hari, Dr. Bank merekomendasikan proses dua langkah: Gunakan strip pori terlebih dahulu dan diikuti dengan mengoleskan gel asam salisilat sebelum tidur.

Jika memiliki komedo di pipi, bersikaplah lembut.

"Ingat bahwa kulit ini akan sedikit lebih kering dan mungkin lebih sensitif terhadap asam salisilat, retinoid, atau benzoil peroksida daripada tempat lain," kata Dr. Gmyrek. Bisa menggunakan bahan-bahan ini, tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit agar kulit tidak kering atau teriritasi.

6. Gunakan strip pori untuk menghilangkan komedo membandel dari hidung

Cobalah strip pori yang akan menempel pada kulit hidung, dan saat mengering, perekat menempel pada minyak, sebum, dan sel kulit mati, yang akan hilang saat strip dilepas.

Namun bisa mengiritasi, jadi berhati-hatilah jika memiliki kulit sensitif atau rosacea. Jika rentan terhadap komedo di hidung, Dr. Bank juga menyarankan secara teratur menggunakan pembersih atau serum dengan asam salisilat di area komedo.

Selamat mencoba sahabat Fimela, semoga langkah-langkah tersebut bisa membuat wajahmu bebas dari komedo.

Rekomendasi Skincare Penghilang Komedo

1. Himalaya Purifying Neem Scrub

Himalaya Purifying Neem Scrub ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan komedo. Scrub ini memiliki butiran yang kecil, sehingga tidak akan melukai kulit, dapat membantu mengontrol minyak berlebih, dan butiran kecilnya bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Produk ini harganya sekitar Rp 20.000,00 dengan isi 100gram.

2. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Produk dari Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner ini, bisa membantu membersihkan kulit, mengurangi jerawat, memperbaiki tekstur kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Produk toner eksfoliasi ini dijual dengan harga sekitar Rp 145ribun.

3. Biore Pore Pack Black

Biore Pore Pack Black adalah jenis masker strip yang praktis digunakan. Masker ini bisa membantu menyerap minyak yang berlebih di area hidung, serta mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori. Masker ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading