6 Cara Makeup Praktis untuk Pemula dan Si Super Sibuk

Anisha Saktian Putri29 Jan 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 29 Jan 2022, 11:00 WIB
Cara Makeup Praktis untuk Pemula dan Si Super Sibuk

Fimela.com, Jakarta Sebelum pergi atau keluar rumah, makeup menjadi suatu kewajiban yang digunakan para perempuan agar lebih percaya diri. Namun, ada beberapa orang yang menggap riasan wajah sangat merepotkan apalagi memiliki pekerjaan yang berat.

Tapi tenang, beberapa tips memberikan riasan termudah yang akan membuat tampilan wajah tetap segar, bahkan glamor.

Melansir timesofindia, berikut ini beberapa tips mudah menggunakan makeup.

Tips ini sangat berguna bagi mereka yang baru mulai belajar bermakeup hingga sahabat Fimela yang memiliki aktivitas padat.

1. Bernuasa nude

Inspirasi Makeup Simpel Sehari-hari yang Bisa Buatmu Cantik ala Tyna Kanna Mirdad
Apa definisi cantik menurutmu? Tyna Kanna Mirdad menghadirkan tampilan cantiknya setiap hari lewat makeup yang simpel, seperti ini. Di sini terlihat ia mengaplikasikan simple makeup dengan warna lipstik nude. Foto: Instagram @tynakannamirdad.

Jika sahabat Fimela sudah menggunakan perhiasan seperti anting dan kalung, maka riasan nude seperti orange atau peach bisa digunakan. Mulai dari lipstik hingga riasan mata. 

2. Lipstik merah

lipstik-kezo
ilustrasi rekomendasi lipstick untuk 12 zodiak/Look Studio/shutterstock

Jika mengenakan pakaian dengan warna-warna soft dan perhiasan minimalis, sahabat Fimela juga bisa tampil menonjol dengan lipstik merah atau merah marun yang berani.

Yang perlu diketahui adalah bagaimana menyeimbangkan riasan dengan item fashion lainya.

3. Riasan mata dan lipstik

Eyeliner
Ilustrasi eyeliner/copyright shutterstock

Lipstik warna lebih gelap sangat bagus di musim dingin. Jadi, jika ingin lipstik lebih berani, maka pilihlah riasan mata, dengan eyeliner bersayap sederhana dan eyeshadow nude. Jika ingin riasan mata yang berani, maka pilihlah lipstik warna yang lebih soft.

Ada banyak jenis liner yang tersedia - liner grafis, liner palsu, sayap malaikat, eyeliner smudge dan banyak lagi. Sahabat Fimela dapat mencobanya untuk tampilan yang unik dan menyenangkan.

5. CTM

Toner/mlg
Ilustrasi Acid Toner/copyright shutterstock

Bagi mereka yang terburu-buru dan tidak punya waktu, lakukan saja CTM (cleansing, toning, moisturizer), gunakan concealer dan set dengan bedak.  Tidak diperlukan foundation.  Tambahkan perona pipi, highlighter, lipstik, sedikit eyeshadow berkilauan di atasnya. Lalu, gunakan spray atau mist. 

Hanya perlu lima hingga tujuh menit untuk tampilan ini.

Untuk rambut panjang, pilih gaya ponytail atau sotf bun minimalis.  Ini semua adalah tatanan rambut yang mudah dan cepat.  

Kenakan kalung choker atau anting chunky.  Perhiasan perak untuk aksesoris. 

6. Tampilan pesta

makeup-kezo
ilustrasi Tren Makeup 2021 yang Cocok untuk Menyambut Musim Panas dan Musim Semi/Dean Drobot/shutterstock

a.. Selalu gunakan primer sebelum merias wajah dan make up fixer untuk mengatur dasar makeup. 

b. Prioritasmu adalah menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.  Pastikan untuk menjaga kelembapan wajah, terutama sekarang karena musim sedang berubah.  Minum air yang cukup sepanjang hari. 

c. Gunakan tabir surya secara teratur, bahkan saat Anda berada di dalam ruangan.

d. CTM -- membersihkan, mengencangkan, dan melembapkan adalah suatu keharusan -- baik sebelum dan sesudah merias wajah.

f. Jangan pernah tidur dengan riasan.  Ini akan menyumbat pori-pori dan kulit akan menjadi buruk keesokan harinya.  Jika tidak punya cukup waktu untuk perawatan kulit, hapus saja riasan sebelum tidur, kenakan pelembap biasa dan jaga diri tetap terhidrasi. 

g. Untuk menghapus riasan, jangan pernah menggunakan tisu pembersih riasan, karena sangat keras pada kulit.  Gunakan minyak kelapa.

#womenforwomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela