Sukses

Beauty

Do's and Dont's Saat Olahraga yang Penting Dilakukan untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi kalau manfaat olahraga secara teratur itu penting banget untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tapi, manfaatnya ternyata nggak hanya mempengaruhi kondisi fisik saja. Olahraga juga membantu merawat wajah jadi glowing karena merangsang produksi kolagen yang menjaga elastisitas kulit. Selain itu, olahraga juga dapat merangsang regenerasi sel kulit sekaligus melawan tanda penuaan dini.

Namun, ternyata ada beberapa do's and don'ts yang perlu diperhatikan selama olahraga untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan cantik. Temukan informasi selengkapnya di sini, yuk!

Sebelum Olahraga

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kulit sebelum melakukan aktivitas fisik di luar rumah. Ini dia yang perlu kamu perhatikan:

1. Hindari Menggunakan Riasan

Sebelum melakukan aktivitas fisik dengan olahraga favoritmu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan wajah secara menyeluruh dari sisa makeup yang digunakan. Hal ini penting banget karena saat olahraga, pori-pori akan terbuka ketika tubuh mengeluarkan keringat. Jika kamu menggunakan makeup, hal ini bisa menyumbat pori-pori dan malah menimbulkan jerawat.

2. Wajib Gunakan Sunscreen

Buat yang melakukan olahraga di luar ruangan, penggunaan sunscreen nggak boleh diskip. Produk yang satu ini sangat penting untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang bisa memberikan dampak negatif pada kulit, misalnya saja kondisi kulit terbakar, merah, hingga merusak sel kulit dan memicu tanda penuaan dini. Gunakan sunscreen yang memiliki formula water resistant agar formulanya nggak luntur saat terkena keringat.

Selama Olahraga

Setelah melakukan persiapan jelang olahraga, selanjutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu sedang melakukan aktivitas fisik tersebut. Demi melindungi kulit tetap sehat, lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Jangan Menyentuh Wajah

Ini dia salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan olahraga. Hindari menyentuh wajah, bahkan untuk menyeka keringat yang keluar selama melakukan aktivitas fisik tersebut. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi transfer bakteri dari tangan ke wajah, terutama jika kamu melakukan olahraga di gym. Peralatan olahraga yang ada di sana dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit jika berpindah ke wajah.

2. Gunakan Handuk Bersih

Bawa selalu handuk bersih saat olahraga untuk menyeka keringat yang mengalir. Bersihkan keringat dengan cara ditepuk-tepukkan lembut, hindari mengusapkan dengan kasar karena bisa memicu iritasi pada kulit. Kamu bisa menggunakan jenis handuk yang terbuat dari bahan microfiber yang efektif untuk menyerap keringat sekaligus kelembapan berlebih di area tersebut.

Setelah Olahraga

Hal yang paling penting untuk dilakukan setelah olahraga adalah minum air putih untuk mengembalikan hidrasi tubuh sehingga kulit pun bisa kembali terhidrasi. Selanjutnya, perhatikan beberapa hal berikut.

1. Gunakan Toner

Toner menjadi produk yang tepat untuk mengurangi minyak berlebih dan kotoran yang menempel di wajah. Kebiasaan ini sangat dianjurkan, terlebih bagi pemilik wajah berminyak. Sementara itu, untuk mengembalikan kesegaran kulit, bisa juga dengan mengaplikasikan face mist.

2. Bersihkan Wajah

Selanjutnya, jangan lupa segera bersihkan wajah secara menyeluruh setelah olahraga. Lakukan dengan lembut karena kondisi kulit setelah olahraga sangat sensitif. Jangan lupa cuci wajah dengan air dingin dan hindari air panas. Lakukan ritual membersihkan wajah ini sesegera mungkin, karena semakin lama ditunda artinya kamu memperbesar kesempatan kotoran dan minyak menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat.

3. Segera Mandi

Jangan lupa, setelah olahraga wajib untuk segera mandi. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama dengan pakaian yang sudah digunakan untuk olahraga karena bisa menyebabkan gatal, iritasi, hingga masalah body acne yang mengganggu. Jadi, penting agar segera mandi dan membersihkan tubuh secara menyeluruh.

4. Jaga Kelembapan Kulit

Kulit akan kehilangan kelembapannya saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Jadi, jangan lupa untuk selalu gunakan moisturizer yang dapat bekerja untuk merawat kulit agar tetap lembap. Jangan hanya menggunakan di wajah, tubuh juga perlu aplikasi body lotion agar kondisinya tetap sehat.

Itu tadi beberapa do’s and don’ts yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit sebelum, selama, dan setelah olahraga. Terapkan sekarang juga untuk mewujudkan kulit glowing yang jadi impianmu, yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading