Sukses

Beauty

Mengenal 4 Kandungan Skincare yang Efektif Lawan Penuaan Dini

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang skincare, salah satu hal yang menarik dibahas adalah kandungan 'ajaib' yang ada di dalamnya untuk merawat kulit. Terlebih tren skincare terus berkembang dan melahirkan berbagai kandungan yang populer di kalangan beauty enthusiast, seperti Cica atau Hyaluronic acid.

Namun, menggunakan skincare bukan asal memilih kandungan yang lagi hits saja. Penting juga untuk mengenali masalah kulit yang dialami lalu selanjutnya adalah memilih formula yang tepat. Bagi yang ingin melakukan perawatan anti-aging misalnya, 4 kandungan ini dinilai punya manfaat powerful untuk lawan tanda penuaan dini.

Retinol

Membahas tentang kandungan skincare untuk melawan tanda penuaan dini, retinol jelas wajib masuk dalam daftar utama. Bukan rahasia lagi kalau formula yang satu ini bekerja ampuh dalam mencegah dan meminimalisir kerutan halus yang jadi tanda penuaan dini muncul di wajah.

Retinol yang berasal dari vitamin A sudah terkenal dengan keampuhannya dalam merawat wajah. Kandungan ini bekerja aktif untuk memperbaiki tekstur kulit, meningkatkan elastisitasnya, hingga membuat wajah terlihat awet muda. Retinol merangsang produksi kolagen yang penting untuk menjaga kekencangan alami kulit.

Resveratrol

Selain retinol, kandungan lain yang bekerja untuk melawan tanda penuaan dini adalah resveratrol. Zat yang satu ini merupakan antioksidan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang bekerja untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel kulit hingga penuaan dini.

Sebagai antioksidan, resveratrol juga bekerja memperbaiki tekstur kulit dengan merangsang produksi kolagen yang dapat menyamarkan kerutan halus di area wajah. Sudah banyak skincare ternama yang menyisipkan kandungan resveratrol ke dalam produk mereka demi memberikan perawatan yang maksimal. Sebut saja The Ordinary hingga Estee Lauder Advanced Night Repair.

Peptides

Selanjutnya, ada peptides yang juga banyak hadir dalam skincare kekinian. Formula yang satu ini sebenarnya merupakan asam amino yang menjadi struktur protein pembentuk kolagen. Beberapa penelitian menemukan bahwa Peptides dapat bekerja untuk mengurangi kerutan di area wajah pada 75% subyek penelitian.

Peptides sendiri bekerja untuk merangsang pertumbuhan kolagen di dalam tubuh, di mana produksi zat tersebut berkurang seiring berjalannya usia. Jadi, menggunakan skincare yang dapat merangsang produksi kolagen sangat penting untuk mencegah kondisi penuaan dini. 

Vitamin C

Last but not least, ada vitamin C yang nggak boleh dilupakan dari daftar kandungan terbaik untuk melawan penuaan dini. Zat yang satu ini merupakan antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas, misalnya saja radiasi sinar UV yang bisa menyebabkan kerutan dan hiperpigmentasi.

Vitamin C juga dapat meratakan kembali warna kulit yang kusam dan belang akibat paparan sinar UV. Nggak ketinggalan, manfaatnya juga bekerja maksimal untuk meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, lho.

Jika ingin melakukan perawatan anti-aging secara maksimal, 4 kandungan skincare di atas bisa jadi pilihannya. Pastikan kenali dulu kebutuhan kulitmu sebelum memutuskan mau menggunakan skincare tertentu supaya hasilnya maksimal ya, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading