7 Penyebab Rambut Rontok Pria yang Sering Diabaikan

Kezia Prasetya Christvidya17 Jan 2022, 10:05 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 10:23 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Setiap pria pasti tidak ingin memiliki rambut yang rontok. Karena rambut rontok bisa merusak penampilan, dan menyebabkan rasa kepercayaan diri seorang pria menurun. Jika kondisi ini tidak diatasi, maka bisa menyebabkan kebotakan dan gundul.

Namun tenang saja, karena rambut rontok dapat diatasi dengan cara alami dan dengan menghindari penyebab rambut rontok. Sebenarnya setiap hari kita akan mengalami kerontokan rambut antara 50 hingga 100 helai. Jika kerontokan melebihi 100 helai, maka segeralah mulai merawat rambut dan hindari berbagai macam penyebab kerontokan.

Secara umum, kerontokan dapat disebabkan karena faktor keturunan dan usia. Tetapi ada beberapa faktor penyebab lainnya yang mempengaruhi kerontokan rambut. Berikut penyebab rambut rontok pria:

Penyebab Rambut Rontok Pria

rambut-kezo
ilustrasi rambut/SHTTEFAN/unsplash

1. Faktor Keturunan

Penyebab rambut rontok pria yang pertama adalah karena faktor keturunan. Kondisi ini bisa ditandai saat orang tua juga memiliki masalah rambut rontok juga. Rambut baru yang akan tumbuh setelah mengalami kerontokan, yaitu rambut dengan tekstur yang tipis dan lebih halus dari pada sebelumnya.

2. Kekurangan Nutrisi

Rambut rontok pada pria dapat disebabkan karena kekurangan nutrisi. Sebaiknya jaga pola makanmu dengan baik, walaupun sedang sibuk bekerja atau beraktivitas. Tetaplah mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, niacin, asam lemak, selenium, vitamin D, vitamin A, vitamin E, asam folat dan asam amino. Karena nutrisi tersebut baik untuk kesuburan rambut.

3. Stres

Rambut rontok sering terjadi saat stres atau banyak pikiran. Karena stres menyebabkan siklus pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Kerontokan yang diakibatkan oleh stres ini bisa disebut dengan telogen effluvium, yang akan berlangsung sementara saja. Sebaiknya jaga pikiran agar tetap tenang, serta lakukan banyak hal positif untuk menghindari stres.

Penyebab Rambut Rontok Pria

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Miguel Constantin Montes/unsplash

4. Efek Samping Obat-Obatan Tertentu

Kalau kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertetu, maka obat-obatan ini bisa mempengaruhi kesuburan rambut dan menyebabkan kerontokan. Ada beberapa obat-obatan yang menyebabkan rambut rontok, seperti obat untuk kanker, Depresi, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi. Untuk itu, konsultasikan obat-obatan yang kamu konsumsi kepada dokter, agar terhindar dari masalah kerontokan rambut.

5. Kekurangan Sel Darah Merah

Jika kamu memiliki riwayat anemia atau kekurangan sel darah merah, maka akan berisiko mengalami kerontokan rambut. Anemia ini disebabkan karena tubuh kekurangan zinc dan zat besi. Untuk itu selalu cek kondisi tubuhmu, serta konsumsi makanan yang mengandung zinc dan zat besi.

Penyebab Rambut Rontok Pria

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Nathan Fertig/unsplash

6. Sering Mengonsumsi Junk Food

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena sering mengonsumsi junk food. Junk food adalah makanan berlemak yang sebaiknya dihindari. Junk food memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain menyebabkan rambut rontok, junk food juga bisa menyebabkan penyakit jantung, stroke, obesitas dan masalah kulit.

7. Penyakit Kulit Kepala

Penyebab rambut rontok pria yang terakhir yaitu disebabkan karena penyakit kulit kepala, seperti folikulitis, tinea capitis, psoriasis kulit kepala, dan hipotiroidisme. Kondisi penyakit ini bisa mengganggu pertumbuhan rambut, karena saat mengalami penyakit ini akan terjadi peradangan di dalam tubuh.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela