Wajib Diketahui! Ini 5 Tanda Makeup Kedaluwarsa

Fimela Reporter18 Jan 2022, 09:35 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 09:35 WIB
Wajib Diketahui! Ini 5 Tanda-Tanda Makeup Kadaluarsa

Fimela.com, Jakarta Walaupun biasanya produk makeup mempunyai masa kedaluwarsa yang cukup lama, tapi kamu harus tetap aware lho dengan tanggal kedaluwarsa yang ada pada kemasan makeupnya. Saking banyaknya makeup, biasanya kamu langsung ambil aja nih tanpa memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Nah, tanda-tanda ini dapat menunjukkan bahwa makeup kamu sudah kedaluwarsa. Simak infonya.

1. Foundation

Foundation yang kedaluwarsa biasanya memiliki ciri yaitu mengalami perubahan pada warna dan juga teksturnya. Jika kamu perhatikan, biasanya akan ada bagian terpisah yang mengendap seperti air dan minyak yang sulit untuk tercampur lagi. Produk foundation bisa digunakan 6-12 bulan setelah dibuka pertama kali.

2. Lipstick

Lipstick mempunyai masa kedaluwarsa yang cukup lama. Bisa sampai 2 tahun dan mungkin karena saking lamanya jadi lupa kalau lipsticknya masih bisa dipakai atau engga. Apalagi buat kamu yang suka mengoleksi berbagai macam lipstick pasti jarang banget kan dipakenya. Nah salah satu tanda kalau lipstick kamu udah kedaluwarsa adalah perubahan tekstur. Jika produk sudah sulit diaplikasikan terasa tebal dan mengering di bibir ini bisa menjadi salah satu pertanda kalau lipstick kamu sudah kedaluwarsa.

3. Eyeshadow

Wajib Diketahui! Ini 5 Tanda-Tanda Makeup Kadaluarsa
Eyeshadow / copyright shutterstock

Sama seperti lipstick, eyeshadow juga mempunyai masa kedaluwarsa yang cukup lama. Dari banyaknya pallet eyeshadow pasti ada warna-warna yang jarang digunakan dan ga abis-abis. Hal pertama yang jelas terlihat sebagai tanda eyeshadowmu kedaluwarsa adalah perubahan warna. Tingkat pigmentasi yang berkurang juga menjadi tanda-tanda eyeshadow kamu tidak boleh digunakan lagi karena kulit di area mata merupakan area yang sensitif. Kamu harus perhatikan dengan baik kedaluwarsa di makeup kamu. Jangan sampai mata mu menjadi iritasi karena eyeshadow yang kamu pakai.

4. Eyeliner

Ciri-ciri eyeline cair sudah kedaluwarsa adalah saat dibuka cairannya menjadi menggumpal dan sulit untuk diaplikasikan. Sedangkan untuk eyeliner pencil biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih seperti jamur. Ganti produk eyeline setiap 2-3 bulan sekali yaa sahabat fimela.

5. Bedak dan blush on

Salah satu tanda bedak kamu sudah kedaluwarsa adalah perubahan aroma. Tanda lain yang mungkin dirasakan adalah rasa seperti di gigit semut ketika kamu berada dibawah terik sinar matahari. Produk bedak dan juga blush on bisa kamu simpan selama kurang lebih 1 tahun.

Nah, itu dia beberapa tanda jika makeup kamu sudah kedaluwarsa. Sahabat fimela jangan lupa untuk selalu cek tanggal kedaluwarsa makeup yang dimiliki

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela