3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering dan Sensitif

Fimela Reporter30 Mar 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2022, 17:00 WIB
3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering dan Sensitif

Fimela.com, Jakarta Berurusan dengan kulit kering dan sensitif bisa jadi sulit. Seringkali sulit untuk menemukan produk yang memberikan hidrasi yang cukup pada kulit tanpa mengiritasinya. Produk alami adalah yang terbaik untuk jenis kulit ini karena bahannya yang lembut dan hasil yang efektif. 

Produk yang bebas dari kandungan yang dapat mengiritasi kulit, seperti pewarna, bahan kimia dan aroma buatan lainnya, akan lebih cenderung menenangkan dan menyehatkan kulit.

Meskipun butuh waktu untuk menemukan kombinasi produk dan bahan apa yang paling cocok untuk kulitmu. Dengan begitu banyak bahan dan produk alami di luar sana untuk dipilih, mungkin sulit untuk menemukan produk yang paling cocok untuk kulit kering dan sensitif.

berikut 3 tips dalam memilih moisturizer yang tepat untuk kulit kering dan sensitif, yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perhatikan Kandungan yang Harus Dihindari

3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering dan Sensitif
Memiliki kulit yang kering dan sensitif? Perhatikan 3 tips di bawah untuk memilih moisturizer yang tepat untukmu.

Menurut dermcollective.com, kulit sensitif mudah teriritasi akibat kerusakan dari skin barrier/ Jenis kulit ini mendapat manfaat dari produk bebas pewangi dan alkohol dengan bahan minimal. Kulit sensitif paling baik disajikan dengan produk pelembab yang membantu memulihkan integritas dari kulit. Beberapa bahan perawatan kulit yang umum diketahui menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit sensitif dan harus dihindari, yaitu: 

  • Alcohol
  • Alpha-hydroxy acids (AHAs)
  • Beta-hydroxy acids (BHAs)
  • Fragrances
  • Parabens
  • Phthalates
  • Salicylic acid (unless treating acne)   
  • Sulfates

2. Lakukan Uji Reaksi Pada Kulit

Sebelum menggunakan produk moisturizer baru secara menyeluruh pada wajah, lakukan uji coba dengan mengoleskan sedikit ke area kecil kulit di lengan bawah atau pada bagian belakang telinga. Kemudian tunggu 24 jam. Ulangi tes tersebut selama beberapa hari; jika tidak ada reaksi buruk yang terjadi, produk tersebut aman untuk digunakan.

3. Rekomendasi Kandungan Moisturizer yang Baik Digunakan

3 Tips Memilih Moisturizer untuk Kulit Kering dan Sensitif
Memiliki kulit yang kering dan sensitif? Perhatikan 3 tips di bawah untuk memilih moisturizer yang tepat untukmu.

Kandungan moisturizer yang akan digunakan juga perlu diperhatikan. Berurusan dengan kulit kering dan sensitif bisa jadi sulit. Seringkali sulit untuk menemukan produk yang memberikan hidrasi yang cukup pada kulit tanpa mengiritasinya. Berikut beberapa kandungan yang aman untuk digunakan oleh pemilik kulit kering dan sensitif dilansir dari skincare.com

  • Hyaluronic Acid
  • Ceramides
  • Glycerin

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

# Women For Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela