7 Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya dengan Alami

Kezia Prasetya Christvidya18 Jan 2022, 08:28 WIB
Diperbarui 18 Jan 2022, 08:55 WIB
rambut-kezo

Fimela.com, Jakarta Salah satu masalah rambut yang sering dialami perempuan adalah ketombe. Ketombe bisa membuat kulit kepala terasa sangat gatal, rambut jadi bau apek, dan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Ketombe biasanya menempel di kulit kepala, kemudian jatuh di area bahu dan mengotori pakaian. Ketombe berbentuk serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan. Ketombe bukanlah masalah rambut yang berbahaya, tetapi ketombe tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk menghilangkan ketombe di rambut. Untuk itu, yuk kenali penyebab ketombe dan cara mengatasinya dengan alami, yang dilansir dari beberapa sumber:

Penyebab Ketombe

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Bennie Lukas Bester/pexels

1. Tidak Bersih Saat Mencuci Rambut

Saat keramas atau mencuci rambut, sebaiknya bilas rambut hingga bersih. Agar tidak ada sampo yang masih menempel di kulit kepala. Kalau tidak bersih saat mencuci rambut, maka akan terjadi penumpukan kotoran, sampo dan sel kulit mati di rambut yang menyebabkan kerak di kulit kepala, lalu menimbulkan ketombe.

2. Dehidrasi

Kondisi tubuh yang dehidrasi bisa memperburuk ketombe. Karena kekurangan cairan atau dehidrasi, bisa menyebabkan kulit kepala jadi kering. Saat kulit kepala kering, maka sel kulit mati di kulit akan mengelupas dan menyebabkan rasa gatal. Sehingga kulit kering tersebut akan jadi ketombe.

3. Infeksi Jamur

Adanya infeksi jamur di kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. Jamur yang biasanya menginfeksi kulit kepala disebut dengan jamur Malassezia globosa. Jamur ini muncul karena adanya penumpukan minyak di kulit kepala. Jamur akan menyerap minyak tersebut, dan menyebabkan kulit kepala gatal, kering, serta muncul ketombe.

Penyebab Ketombe

rambut-kezo
ilustrasi rambut/Moose Photos/pexels

4. Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe yang selanjutnya adalah karena penyakit dermatitis seboroik. Penyakit yang menyerang kulit kepala ini ditandai dengan adanya peradangan di kulit kepala, sehingga kulit kepala akan meradang, muncul kemerahan, jadi kering dan muncul ketombe.

5. Dermatitis Kontak

Selain itu, dermatitis kontak juga bisa menyebabkan ketombe di kulit kepala. Penyakit ini bisa membuat  kulit kepala terlalu sensitif, sehingga akan bereaksi dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut.

6. Jarang Menyisir Rambut

Menyisir rambut dengan rutin bisa membantu membersihkan rambut. Jika jarang menyisir rambut, maka rambut akan menjadi kusut, muncul ketombe dan menjadi bercabang. Menyisir rambut bisa membantu menghilangkan ketombe, dan membantu pengelupasan sel kulit mati.

7. Diet Ketat

Ternyata melakukan diet ketat juga bisa menyebabkan ketombe di rambut. Karena saat menjalankan program diet ketat, tubuh akan kekurangan nutrisi yang berupa seng, vitamin B dan lemak baik yang bisa membantu menyehatkan kulit kepala.

Cara Mengatasinya dengan Alami

rambut-kezo
ilustrasi rambut/TORWAISTUDIO/shutterstock

1. Bawang Merah

Cara mengatasi ketombe yang pertama yaitu bisa menggunakan bawang merah yang merupakan bumbu dapur. Bawang merah dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan kulit kepala, yang menyebabkan ketombe. Caranya dengan menghaluskan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, kemudian meratakan bawang merah ke kulit kepala, diamkan maksimal 10 menit dan bilas sampai bersih.

2. Garam

Garam biasanya digunakan untuk menambah cita rasa asin pada masakan. Bumbu dapur ini ternyata bisa membantu mengatasi ketombe dan mengangkat sel kulit mati, dengan cara menggosokkan garam secara langsung di kulit kepala, lalu diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

3. Minyak Zaitun

Selain menggunakan bumbu dapur, kamu juga bisa mengatasi ketombe dengan minyak zaitun yang merupakan minyak alami, dan berfungsi untuk melembapkan kulit kepala yang kering. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala, kemudian pijat-pijat sampai minyak zaitun meresap, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air hangat.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela