Sukses

Beauty

6 Cara Perawatan Wajah saat Menstruasi Bisa Dilakukan di Rumah

Fimela.com, Jakarta Saat menstruasi, bukan hanya mood saja yang naik turun dan perut tidak nyaman. Melainkan akan memengaruhi kondisi kesehatan wajahmu.

Masalah wajah muncul saat menstruasi diakibatkan terjadinya lonjakan testosteron, alhasil membuat kulit memproduksi minyak berlebih. Dari situlah mulai muncul satu atau dua jerawat di wajah.

Kulit wajah juga kehilangan vitalitasnya, dan terlihat kusam atau pucat. Untuk ituLalu bagaimana cara mengatasinya?

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa ritual kecantikan untuk membuat kulit wajah bebas masalah selama periode menstruasi. Berikut ulasannya, melansir theeverygirl. 

1. Slugging

Ketika kulit terasa sangat kering, hal pertama yang bisa dilakukan adalah slugging, bahan pokok K-beauty untuk mengoleskan lapisan oklusif yang tebal—seperti salep jenis Vaseline—pada kulitmu sebelum tidur dan membersihkannya di pagi hari.

Slugging mampu menbuat kulit lebih cerah, halus, dan terhidrasi pada hari berikutnya. 

2. Sebisa mungkin bebas makeup

Pada periode menstruasi, kulit cukup berubah-ubah, jadi baiknya menghindari memakai makeup yang tebal dan beralih memilih banyak perawatan kulit yang baik di siang hari sebagai gantinya.

3. Menerapkan lapisan kelembapan

Menjaga kulit agar tetap lembap adalah yang terpenting saat menstruasi. Terutama jika mengalami breakout seminggu sebelumnya. Mengoleskan pelembap tebal saja tidak cukup untuk menghindari kulit kering. 

Setelah pembersihan ganda, baiknya menggunakan toner pelembap, serum, krim mata, dan pelembab, dan kemudian melengkapinya dengan Vaseline atau facial oil.  Bisa juga menambah perawatan dengan masker lembar ekstra baik untuk perawatan diri dan hidrasi tambahan.

4. Pijat wajah

Seiring dengan kusam, kulit menjadi sangat bengkak pada periode menstruasi. Jadi lakukan pijat wajah ke rutinitasmh untuk membantu menghilangkan dan memberi energi pada kulit di pagi hari.  Jika kulit benar-benar terlihat kasar, gunakan es batu untuk memijat wajah. 

5. Menghindari pengelupasan berlebihan

Ketika pelarian hormonal datang, harus menggunakan semua tekad untuk menjaga semuanya tetap ringan dan tidak berlebihan dalam merawatnya atau kulit akan menjadi lebih kering dan lebih teriritasi.

Scrubbing secara rutin memang penting untuk memastikan keremajaan kulit. Tetapi sebisa mungkin hindari perawatan yang satu ini saat menstruasi. Sebab kulitmu akan lebih lembut dan sensitif daripada biasanya. Eksfoliasi dengan bahan yang memiliki tekstur kasar bisa jadi akan membuat kulitmu rusak.

6. Konsumsi vitamin E

Vitamin E mampu melancarkan peredaran darah dan mengontrol hormon, maka penting dikonsumsi saat menstruasi. Vitamin E bisa didapatkan jika mengonsumsi ikan laut, kacang-kacangan, paprika, sayuran berwarna hijau gelap, dan minyak sayur. Bisa juga konsumsi sumplemen vitamin E.

#womenforwomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading