Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Iwan Tantomi20 Jan 2022, 11:08 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 11:08 WIB
Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?

Fimela.com, Jakarta Jadi salah satu masalah rambut umum yang dihadapi oleh perempuan Indonesia, kerontokan memang nggak bisa disepelekan. Jika jumlahnya sudah melebihi standar normal, pasti bikin resah dan insecure. Nggak jarang juga hal tersebut dapat mengikis rasa percaya diri saat berkegiatan, karena bagaimanapun rambut adalah mahkota bagi perempuan.

Tentunya siapapun yang mengalami masalah kerontokan rambut ini nggak ingin terjadi berlarut-larut. Untungnya, masih ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Bahkan, nggak harus melakukan hair treatment yang mahal di salon, tetapi kamu bisa melakukan perawatan rambut rutin untuk mengatasi rambut yang rontok ini di rumah. Begini kiat lengkapnya!

Penuhi Asupan Nutrisi Rambut Lewat Makanan yang Dikonsumsi

Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?
(c) Shutterstock

Banyak yang nggak menyadari jika kerusakan rambut, seperti kerontokan dapat terjadi karena pola makan yang nggak sehat. Untuk mengembalikan kesehatan rambut, penuhi kebutuhan nutrisinya dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti sayuran berdaun hijau macam bayam, kacang-kacangan, serta daging dan unggas.

Selain itu, makanlah makanan kaya protein, agar rambut nggak mudah kering dan patah yang menjadi penyebab terjadinya kerontokan. Selain daging, kamu juga bisa mengkonsumsi telur, ikan, dan produk susu sebagai sumber protein terbaik. Jangan lupa mengonsumsi makanan tinggi zinc seperti biji-bijian; vitamin B kompleks dan vitamin E, seperti alpukat, pisang, apel, bayam, brokoli, ikan, daging, telur dan produk susu. Kamu bisa menghadirkan sumber nutrisi tersebut dalam hidangan sehari-hari.

Rutin Melakukan Scalp Massage untuk Memperkuat Akar Rambut

Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?
(c) Shutterstock

Selain makanan, atasi kerontokan rambut di rumah dengan melakukan scalp massage, apalagi kini sudah tersedia alatnya juga, sehingga lebih mudah mengaplikasikannya. Pijatan lembut ini terbukti dalam memperkuat akar rambut bila dilakukan secara rutin. Sebelum mulai memijat, tambahkan hair oil ke seluruh rambut, baru kemudian gunakan scalp massager. Pijat dengan gerakan memutar dengan sedikit memberikan penekanan secara perlahan. Lakukan selama 15 menit dan biarkan hair oil meresap ke dalam kulit kepala.

Minimalkan Kebiasaan yang Merusak Rambut

Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?
(c) Shutterstock

Hair styling memang menjadi salah satu kegemaran perempuan, karena bisa menyempurnakan kecantikan wajah. Hanya saja, pemakaian hot styling tools seperti catokan berisiko membuat rambut semakin rusak. Hal tersebut bisa berdampak pada kerontokan yang lebih parah. Mulailah untuk meminimalkan kebiasan tersebut, terutama jika sedang nggak ada keperluan di luar rumah atau berinteraksi langsung dengan orang lain. Selain itu, hindari keramas dengan air panas, karena bisa memicu terjadinya rambut rontok pula.

Gunakan Produk Perawatan yang Mampu Menutrisi Rambut

Last but not least, jangan lupa menggunakan produk perawatan yang mampu menutrisi rambut, seperti Putri Hair Tonic. Produk satu ini mampu memberikan perawatan intensif untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini karena produk tersebut memadukan bahan alami, vitamin B dan panthenol yang dapat membantu merawat kulit kepala dan rambut, agar tampak lebih terawat dan kuat sekaligus memberikan rasa lebih segar.

Rambut Rontok Parah Bikin Resah, Perawatan Apa yang Bisa Dilakukan di Rumah?
(c) Putri Hair Tonic

Putri Hair Tonic hadir dengan tiga pilihan. Ada Hair Tonic Ginseng untuk rambut yang mudah rontok. Produk ini dilengkapi ekstrak ginseng, sehingga dapat membantu menguatkan akar rambut dan merawat kesehatan kulit kepala serta rambut.

Kemudian, ada Hair Tonic (Hijau) untuk rambut dan kulit kepala normal-berminyak. Produk ini dilengkapi menthol yang mampu memberikan sensasi segar yang lebih tahan lama, bantu kurangi rasa gatal, sekaligus membantu memperlancar peredarah darah pada kepala dengan pijatan atau scalp massage, sehingga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut.

Produk terakhir berupa Hair Tonic (Kuning) yang diperuntukkan rambut dan kulit kepala normal. Hair Tonic ini dapat membantu merawat kesehatan kulit kepala, serta rambut untuk segala jenisnya.

Supaya hasilnya lebih maksimal saat diaplikasikan, gosokkan Putri Hair Tonic pada kulit kepala yang bersih. Lakukan setelah keramas dan rambut setengah kering. Pijat kulit kepala dan rasakan wangi sensasi salon. Gunakan secara rutin dan dapatkan rambut kuat ternutrisi bebas rontok setelahnya. Dengan Putri Hair Tonic, rambut kuat ternutrisi dan wangi ala salon pun bisa kamu dapatkan dengan mudah di rumah. Bye rambut rontok!

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela