11 Khasiat Buah Peach untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit Wajah

Novi Nadya24 Jan 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2022, 16:08 WIB
Buah peach

Fimela.com, Jakarta Selain cantik, harum, dan enak, buah peach juga memiliki beragam manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh sampai kecantikan kulit wajah. Buah yang berasal dari Cina yang secara ilmiah disebut Prunus Persica ini memiliki beragam nutrisi yang mengesankan. 

Buah yang juga berkhasiat untuk memberikan kekebalan imunitas ini mendukung kesehatan dengan kandungan vitamin, mineral, antioksidan, dan bioflavonoid. Melansir dari stylecraze, yuk, mengenal khasiat buah peach atau persik yang paling terbaik;

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan menjadi salah satu hal yang paling banyak dibicarakan sekarang ini. Yaitu molekul yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas. 

Sebuah penelitian di Brasil mengatakan jika buah peach bisa menjadi sumber antioksidan yang hebat. Peach juga mengandung asam klorogenat, antioksidan kuat lainnya yang memiliki manfaat meningkatkan kesehatan. 

Ekstrak buah peach juga berfungsi sebagai antioksidan yang menutrisi kulit dan menyamarkan efek penggelapan. Serta memiliki peran dalam memperbaiki proses aging yang sehat.

 

2. Menurunkan berat badan

Buah peach
Buah peach. (Photo by LUM3N on Unsplash)

Menurut laporan dari Centers for Disease Control and Prevention, memulai hari dengan baik dapat membantu kita menurunkan berat badan. Salah satunya adalah mengurangi jumlah sereal dan memberi ruang untuk buah-buahan seperti persik.

Buah persik merupakan sumber serat yang baik untuk membantu kita merasa kenyang lebih lama. Penelitian di Amerika menyatakan mengonsumsi serat lewat buah-buahan menjadi langkah penting melawan epidemi obesitas. 

Faktanya mengonsumsi 30 gram serat sehari berkontribusi besar untuk menurunkan berat badan. Juga membantu mencegah kolesterol tinggi, tekanan darah, dan gula darah.

 

3. Manfaat untuk kulit

Vitamin A dan Vitamin C pada buah persik dapat meningkatkan kesehatan kulit serta mencerahkan warna kulit kita. Sementara itu antioksidannya membantu mengurangi kerutan, memperbaiki tekstur kulit, dan melindungi kulit dari sinar matahari dan polusi. 

Sesuai dengan hasil penelitian di Prancis, vitamin C berkhasiat untuk merawat kulit yang rusak karena sinar matahari dan mencegah penuaan kulit. Selain itu, dapat memperbaiki perubahan struktural kulit yang terjadi karena proses penuaan.

4. Baik untuk jantung

Persik mengandung kombinasi unik senyawa biokatif yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskulas. Menurut sebuah penelitian, mengganti minuman manis dengan jus buah segar yang kaya polifenol seperti persik dapat membantu menurunkan faktor risiko kardiovaskular.

Serat, Vitamin C, dan potasium dalam persik juga mendukung kesehatan jantung. Peach juga merupakan salah satu komponen penting dari diet DASH yang terkenal untuk berfokus pada pengurangan hipertensi.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat makanan dalam buah persik mampu mengatur dan memperbaiki pencernaan. Selain itu peach juga mengambil peran sebagai diuretik yang membantu membersihkan ginjal dan kandung kemih.

 

6. Baik untuk mata

Kandungan fitonutrien antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin membuat buah peach ideal untuk kesehatan mata. Studi mengatakan kedua fitonutrien melindungi mata dari potensi kerusakan yang disebabkan oleh cahaya yang mengenai retina.

7. Detoks

Detoksifikasi merupakan hal yang banyak diabaikan, padahal hal itu harus dilakukan untuk menjaga diri agar tetap sehat. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan University of Minnesota, buah peach mengandung vitamin A, C, E dan selenium yang semuanya bermanfaat sebagai antioksidan dan membantu proses detoksifikasi.

8. Memiliki sifat anti-aging

Manfaat kecantikan terbaik lainnya dari buah persik adalah kandungan flavonoid yang meningkatkan kesehatan untuk membantu memperlambat penuaan. Sebuah penelitian di Korea Selatan menyamakan konsumsi vitamin C dengan efek anti-aging.

 

9. Membantu mengurangi stres

Sesuai laporan yang diterbitkan oleh University of Kentucky, buah peach berkhasiat sebagai penghilang stres yang baik. Sebab membantu mengurangi kecemasan, hingga di Hongaria disebut sebagai 'fruit of calmness'.

10. Meningkatkan kecerdasan otak

Satu buah peach mengandung 7 mikrogram asam folat. Nutrisi ini dibutuhkan oleh janin yang sedang berkembang, terutama trimester awal kehamilan.

Asam folat membantu perkembangan otak. Sebab itu, buah persik menjadi salah satu sumber folat yang baik untuk meningkatkan otak.

 

 

11. Bermanfaat selama kehamilan

Ilustrasi Kehamilan
Ilustrasi kehamilan. (dok. Unsplash.com/@annaelise)

Buah peach adalah sumber tenaga nutrisi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan bayi. Selama kehamilan, hormon terkait dapat memperlambat pergerakan usus yang membuat sembelit.

Buah persik dapat membantu mengatasi masalah ini. Asam folatnya juga sangat penting untuk perkembangan bayi sehat yang membantu mencegah cacat lahir yang serius. 

Tertarik untuk mengulas topik ini lebih lanjut? Yuk, Jangan lewatkan acara “PELUNCURAN SKINCARE BARU DARI OMG-OH MY GLOW #BEAUTYNEVERFADE” bersama Karina Anindita (Head of Brand Development OMG), Astari Budi (Beauty Content Creator), Dyah Fadhillah (TikTok Content Creator), dan dr Fitria Agustina . SpKK FINSDV (Skin Expert)

Segera daftar di sini secara gratis.

 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela