5 Penyebab Ketombe Berlebih yang Bikin Nggak Nyaman

Vania Al kautsar24 Jan 2022, 11:22 WIB
Diperbarui 24 Jan 2022, 12:07 WIB
Rambut - Vania

Fimela.com, Jakarta Ketombe merupakan salah satu kondisi kulit kepala yang dapat menyebabkan rasa gatal dan munculnya serpihan kulit. Beberapa orang mungkin akan mengalami ketombe di beberapa titik dalam hidup mereka, tapi ketombe biasanya akan terjadi pada seseorang yang sudah remaja hingga paruh baya. 

Hal ini juga dapat disebabkan oleh dermatitis serboik, eksim, maupun psoriasis. Selain itu ketombe yang kamu alami mungkin akan meningkat atau bahkan lebih banyak, saat mengalami Stress, kondisi cuaca, kondisi medis, dan produk pilihan yang kamu gunakan untuk rambut. 

Jika mengetahui terdapat ketombe akan membuat kita tidak percaya diri, hal ini juga mungkin akan membuat orang lain mengira bahwa kita tidak menjaga kebersihan kulit kepala kita. Untuk kamu yang penasaran apa saja penyebab dari ketombe yang kamu alami, cek di bawah ini untuk tahu apa saja penyebabnya:

1. Kulit Kering

Rambut Kering? 3 Tips Merawatnya Dengan Bahan Alami
3 Tips Merawatnya Dengan Bahan Alami / copyright shutterstock

Kulit kering merupakan salah satu penyebab ketombe yang paling umum terjadi, dan sayangnya hal ini akan terjadi jika akar ketombe kamu yang semakin parah. Jika ketombe yang kamu alami disebabkan oleh kulit yang kering maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahui penyebabnya, karena sebagian tubuh kamu juga akan kering. Jika selama beberapa bulan cuaca yang sangat dingin, maka akan membuat kulit kamu kering dan ketombe akan cenderung lebih banyak. 

Cara Mengatasinya : Kamu hanya perlu melembabkan bagian yang kering, atau menggunakan beberapa shampoo yang memiliki kandungan moisturize kulit kepala. 

2. Kurang Keramas

Jarang Keramas dan Membersihkan Rambut
Ilustrasi Keramas Credit: pexels.com/Jane

Meskipun keramas yang terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan kulit rambut kita, tapi jarang keramas juga tidak baik untuk kesehatan rambut kita. Keramas yang tidak cukup juga akan menjadi penyebab timbulnya ketombe, hal ini akan membuat minyak menumpuk dan menumpuk di kulit serta menyebabkan ketombe. 

Bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh penggunaan shampoo yang tidak cukup atau shampoo yang kamu gunakan tidak cukup kuat untuk menghancurkan penghalang minyak yang dapat berkontribusi terhadap ketombe kamu. 

Cara Mengatasinya : Meskipun cara mengatasi hal ini sangat sederhana yaitu dengan keramas lebih sering dari biasanya, tapi penggunaan shampoo yangs sesuai untuk jenis kulit rambut kamu juga sangat penting.

3. Alergi

Rambut - Vania
Ilustrasi Rambut/https://unsplash.com/Vladislav Muslakov

Beberapa orang mungkin mengalami alergi yang berbeda-beda, ataupun seperti zat tertentu. Tapi apakah alergi terhadap produk perawatan rambut bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya ketombe? Tentu saja bisa. Jika kamu mengalami iritasi kulit kepala seperti gatal maupun nyeri setelah menggunakan produk tertentu, hal ini mungkin disebabkan oleh sensitivitas yang kamu miliki. 

Cara Mengatasinya : Hentikan penggunaan produk yang baru kamu gunakan atau yang menurut kamu curigai.

4. Memiliki Kondisi Medis

Sakit - Vania
Ilustrasi Sakit/https://unsplash.com/Engin Akyurt

Dermatitis serboik merupakan salah satu kondisi medis yang kronis dan tidak hanya dipengaruhi oleh kulit kepala, yapi hal ini juga dapat dipengaruhi oleh area tubuh lain yang terdapat kelenjar minyak. Selain itu kondisi ini juga ditandai dengan adanya ketombe serta kemerahan pada kulit kepala. Hal ini mungkin akan terlihat seperti beberapa penyakit kulit umum, seperti psoriasis.

Cara Mengatasinya : Jika kamu berhubungan dengan beberapa gejala ini ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk membicarakan efek dan penyebabnya. Shampoo yang memiliki bahan dasar tar mungkin bukanlah sebagai pilihan yang bagus untuk orang yang memiliki rambut berwarna terang, karena shampoo ini memiliki efek menghitamkan rambut. 

5. Ragi Berlebih

Rambut
Merawat rambut dengan racikan alami. (unsplash.com/Allef Viniciusa).

Malassezia merupakan salah satu jamur yang berada di kepala dan kulit semua orang. beberapa orang yang memiliki sensitivitas yang berkembang maka akan mengalami ketombe. Seperti dermatitis serboik, kondisi kulit lain yang akan memperparah malassezia termasuk psoriasis dan jenis obat dermatitis lainnya.

Cara Mengatasinya : Kondisi lain yang dapat diobati dengan obat reseo dokter, tapi kamu juga perlu mengetahui perawatan rambut yang sesuai dengan jenis kulit.

Rambut yang berketombe tentu akan membuat kita tidak percaya diri, apalagi ketombe biasanya memiliki rasa gatal yang tak tertahankan. Tapi hal ini juga dapat kamu hindari dengan memperhatikan penggunaan produk rambut kamu, selain itu masalah ini mungkin bukan sebagai masalah yang serius. 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela