Sukses

Beauty

3 Penyebab Kulit Ketiak Terasa Gatal

Fimela.com, Jakarta Kamu mungkin pernah atau sering mengalami kulit ketiak yang terasa gatal. Tak hanya membuatmu merasa tidak nyaman tapi juga mengganggu. Banyak hal yang jadi penyebab kulit ketiak gatal. Bisa jadi karena masalah alergi hingga kebiasaan mencukur bulu di ketiak yang salah.

Lalu, sebenarnya apa saja yang menyebabkan kulit ketiak terasa gatal? Yuk, cek informasinya di bawah ini.

Salah Memilih Deterjen dan Sabun Mandi

Salah satu penyebab utama kulit ketiak gatal adalah salah saat memilih deterjen dan sabun mandi. Kesalahan dalam memilih sabun mandi bisa menyebabkan iritasi pada kulit, termasuk pada kulit ketiak. Selain muncul rasa gatal, iritasi ini bisa menyebabkan kulit terasa terbakar. Jika kondisi ini berlanjut sebaiknya hentikan penggunaan deterjen dan sabun mandi tersebut.

Kesalahan dalam Mencukur Bulu Ketiak

Jika kamu paling suka mencukur untuk menghilangkan rambut ketiak, pastikan mencukurnya dengan benar. Hindari menggunakan pisau cukur yang sudah tumpul. Jangan cukure ketiak pada saat kering, gunakan krim khusus jika diperlukan. Hal ini membantu mengurangi iritasi.

Deodoran

Pemilik kulit ketiak sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam memilih deodoran. Pasalnya, kandungan pada deodoran juga bisa menjadi penyebab munculnya iritasi dan rasa gatal pada ketiak. Jika mengalami hal ini, sebaiknya kamu beralih ke deodoran yang diformulasikan untuk kulit sensitif. Atau, cobalah untuk menggunakan deodoran dari bahan alami.

Cara Mengobati Kulit ketiak yang Gatal

Kulit ketiak yang gatal umumnya disebabkan oleh reaksi alergi. Hindari menggaruknya karena akan semakin membuat kulit semakin iritasi. Obati dengan beberapa bahan alami, agar gatalnya berkurang.

Kompres dengan Es Batu

Es batu bisa mengurangi iritasi pada kulit ketiak. Memberikan efek menenangkan. Kamu juga lebih rileks. Selain itu es batu juga lebih aman bagi kulit.

Irisan Lemon

Untuk mengusir jamur yang berkeliaran di kulit ketiak, gunakan irisan lemon. Caranya cukup iris lemon, lalu letakkan di area yang gatal. Tak hanya itu, lemon juga bisa menjadi alternatif deodoran alami.

Ketiak yang gatal memang mengganggu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading