Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat

Hilda Irach27 Jan 2022, 07:30 WIB
Diperbarui 03 Feb 2022, 08:52 WIB
Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, memiliki kulit sehat tentu merupakan dambaan setiap orang. Definisi kulit sehat bukan berarti harus putih dan tanpa pori-pori. Secara umum, kulit sehat artinya tidak memiliki masalah atau tanda-tanda yang tidak normal.

Menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Sebab, aktivitas padat yang membuat kita sering terpapar sinar matahari, polusi, asap rokok dan kendaraan bisa merusak kulit kita serta memicu berbagai permasalahan kulit. Mulai dari jerawat, eksim, hingga psoriasis.

Meski demikian, masih banyak orang yang tidak tahu ciri-ciri kulit sehat atau tidak sehat. Padahal dengan mengetahui kondisi kulit kita apakah sehat atau tidak, dapat membantu kita untuk mendapatkan produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit.

Lantas, apa saja ciri-ciri kulit wajah tidak sehat yang harus diwaspadai? Simak penjelasan dari dokter kulit ini selengkapnya ya, Sahabat Fimela.

1. Warna Kulit Tidak Rata

Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat
Dokter kulit ungkap ciri-ciri yang menunjukkan kondisi kulit wajah tidak sehat, apa saja? (pexels/cottonbro).

Sebagian orang beranggapan bahwa kulit sehat adalah kulit yang putih dan tanpa pori-pori. Padahal setiap orang memiliki warna kulit yang beragam mulai dari warna yang paling terang hingga gelap.

Dokter kulit dr. Fitria Agustina, Spkk, FINSDV, mengatakan ciri kulit yang tidak sehat umumnya ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar di permukaan kulit. Seperti munculnya bercak-bercak akibat paparan sinar matahari, noda hitam bekas jerawat, hingga lingkaran hitam di bawah mata.

“Jika warna kulit tidak rata seperti muncul bercak-bercak atau noda, ini menandakan kondisi kulit tidak sehat,” ujar dr, Fitria dalam acara virtual FimelaHood x Oh My Glow: Peluncuran Skincare Baru dari OMG-OH My Glow, Rabu (26/1/2022).

2. Permukaan Kulit Terasa Kasar

Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat
Dokter kulit ungkap ciri-ciri yang menunjukkan kondisi kulit wajah tidak sehat, apa saja? (pexels/ekaterina bolovtsova).

Kemudian selanjutnya adalah memastikan kulit terasa halus jika disentuh. Jika kamu merasakan kulit kasar seperti ada benjolan-benjolan kecil, kulit kering, hingga jerawat itu menandakan kondisi kulit yang tidak sehat dan sedang mengalami masalah.

“Setelah dilihat, tidak afdol rasanya jika tidak diraba. Cobalah sentuh kulit kita halus atau tidak, ada jerawat atau tidak. Jika permukaan kulit terasa kasar, maka ini tanda-tanda kulit tidak sehat,” lanjutnya.

3. Elastisitas Kulit Berkurang

Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat
Dokter kulit ungkap ciri-ciri yang menunjukkan kondisi kulit wajah tidak sehat, apa saja? (pexels/ronlach).

Kekenyalan dan elastisitas kulit merupakan tanda penting yang dimiliki oleh kulit sehat. Sahabat Fimela bisa memeriksanya secara langsung dengan mencubit kulit, lalu lihat apakah kulit kembali seperti semula atau tidak.

“Jika kulit ketika dicubit kembalinya cepat, ini menandakan kulit kita sehat yang ditandai kulit kenyal dan elastis. Begitu juga sebaliknya,” katanya.

Untuk menjaga elastisitas kulit, Sahabat Fimela harus selalu memenuhi asupan cairan dengan banyak minum air putih. Karena dengan minum air putih, maka hidrasi kulit tetap terjaga yang pada gilirannya membuat kulit kenyal dan elastis.

4. Kulit Terlihat Kusam

Wajib Tahu, Ini 4 Ciri-ciri yang Menunjukkan Kondisi Kulit Wajah Tidak Sehat
Dokter kulit ungkap ciri-ciri yang menunjukkan kondisi kulit wajah tidak sehat, apa saja? (pexels/karolinagrabowska).

Tanda kulit sehat adalah kulit tampak segar, bercahaya, dan glowing alami. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kadar kelembapan pada wajah yang seimbang sehingga jauh dari kondisi kulit kusam.

Sementara kulit yang tidak sehat berarti kulit yang terlihat kusam, tidak glowing maupun bercahaya. “Kalau ciri kulit sehat yang bisa kita lihat dengan mata telanjang yaitu ketika kulit terlihat bercahaya dan glowing alami,” tutur dr. Fitria.

Jika Sahabat Fimela mengalami tanda-tanda kulit tidak sehat, segera rawat kulit secara tepat dengan menjaga gaya hidup sehat dan menggunakan skincare sesuai kebutuhan kulit.

“Menjaga kesehatan kulit itu penting, karena sebenarnya kesehatan kulit merepresentasikan kesehatan tubuh kita secara general,” tandasnya.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela