Sukses

Beauty

7 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang menyebabkan jengkel. Apalagi jika jerawat terus tumbuh di wajah dan tak kunjung sembuh. Jerawat bisa menyebabkan peradangan di kulit dan meninggalkan bekas. Sehingga jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dan membuat tidak nyaman.

Jerawat bisa muncul di kulit wajah perempuan maupun laki-laki, mulai dari usia remaja hingga dewasa. Jerawat yang meradang bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan sakit saat disentuh. Bahkan bekas jerawat membuat warna kulit jadi tidak rata.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit. Tetapi jerawat yang membandel dapat diatasi dengan rutin melakukan perawatan wajah. Berikut penyebab jerawat dan cara mengatasinya dengan bahan alami:

Penyebab Jerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat yang pertama adalah karena faktor perubahan hormon. Pada saat usia remaja, terjadi perubahan hormon di masa pubertas, yang menyebabkan kulit sangat berminyak dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, produksi minyak pada lapisan kulit akan semakin bertambah, saat perempuan mengalami perubahan hormon pada masa haid, sedang hamil dan menjelang menopause.

2. Sering Begadang

Menjaga kualitas tidur bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan kulit terhindar dari jerawat. Aktivitas begadang bisa menyebabkan proses regenerasi kulit menjadi terhambat, dan produksi kolagen menjadi terganggu. Sehingga peradangan jerawat akan muncul di kulit.

3. Terlalu Banyak Pikiran

Terlalu banyak pikiran atau stres bisa menyebabkan jerawat muncul di kulit. Karena saat stres, kelenjar minyak akan memproduksi minyak lebih banyak dari pada biasanya. Sehingga minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta komedo.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Jerawat juga bisa muncul di wajah, karena efek samping mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti litium, kortikosteroid dan obat antikejang. Obat-obatan tersebut bisa meningkatkan hormon, membuat kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Penyebab Jerawat

5. Sering Menggunakan Makeup

Tak ada salahnya menggunakan makeup untuk mempercantik diri. Tetapi terlalu sering menggunakan makeup bisa menyebabkan kulit berjerawat. Apalagi kalau kamu salah menggunakan produk makeup. Sebaiknya gunakan makeup seperlunya saja dan tidak terlalu tebal, serta gunakan makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan noncomedogenic, agar tidak menyebabkan jerawat atau komedo di wajah.

6. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Kebiasaan sering mengonsumsi makanan berlemak juga bisa menyebabkan jerawat, seperti gorengan atau junk food. Karena makanan berlemak bisa menyebabkan kandungan kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak, dan menjadi penyebab jerawatan. Untuk itu kurangilah mengonsumsi makanan berlemak.

7. Jarang Berolahraga

Penyebab jerawat yang terakhir adalah jarang berolahraga. Olahraga sangat baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, dan membantu menjaga kesehatan kulit. Saat berolahraga, maka peredaran darah akan lancar dan mengeluarkan keringat. Sehingga kotoran yang menyumbat pori-pori akan dikeluarkan oleh keringat.

Cara Mengatasi Jerawat

1. Kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang memiliki sifat sebagai anti bakteri, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru. Kamu bisa menggunakan kunyit bubuk atau kunyit yang dihaluskan untuk dijadikan masker wajah.

2. Lemon

Untuk mengatasi peradangan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat, kamu bisa menggunakan air perasan jeruk lemon. Karena air perasan jeruk lemon memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mencerahkan bekas jerawat di kulit.

3. Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat yang terakhir adalah dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, yang bisa membantu mencegah hiperpigmentasi kulit, mencerahkan bekas jerawat dan membantu menenangkan peradangan pada kulit berjerawat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading