Sukses

Beauty

5 Penyebab Siku Hitam dan Cara Merawat yang Mudah dan Efektif

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang mungkin memiliki sisi yang lebih gelap pada bagian tubuh lainnya, seperti siku, leher, lutu, ataupun mata kaki. Hal ini sangat umum dan wajar terjadi oleh setiap orang dan terkadang bukanlah menjadi masalah yang serius.

Hal ini terjadi karena suatu kondisi atau zat yang memicu kulit untuk membuat melanin tambahan dan dapat menyebabkan bintik hitam serta bercak pada kulit. Melanin adalah zat yang bertanggung jawab untuk memberi warna pada kulit.

Siku gelap yang mungkin kamu miliki tidak perlu membutuhkan perawata, tetapi ada beberapa ada perawatan yang dapat mengurangi warna gelap pada siku. Berikut beberapa penjelasan dan penyebab siku gelap yang mungkin kamu miliki:

Penyebab Siku Hitam

Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya bercak atau bintik hitam pada siku maupun area tubuh lainnya, berikut beberapa penyebab siku hitam yang mungkin kamu alami:

  • Obat-obatan tertentu.
  • Bekas luka.
  • Gigitan serangga.
  • Psoriasis.
  • Kondisi kulit.
  • Produk perawatan.
  • Penumpukan kulit mati.
  • Paparan sinar matahari.

Cara Merawat Siku Gelap

Pengobatan rumahan adalah cara yang paling mudah dan efektif, berikut beberapa perawatan untuk siku gelap yang dapat kamu coba:

1. Lidah Buaya

Lidah buya dipercaya dapat membantu mencerahkan kulit, hal ini dikarenakan adanua proses stimulasi reseptor yang terjadi saat kamu mengoleksan kulit.

Cara : Cari gel atau lotion yang mengandung lidah buaya, lakukan hal ini sesering mungkin seperti dua kali sehari.

2. Oatmeal dan Yogurt

Oatmeal dan yogurt memiliki kualitas yang menenagkan dan dapat menambah kelembabpan ekstra pada kulit kering.

Cara : Campurkan oatmeal dan yogurt dengan perbandingan yang sama, kemudian campur dan aduk rata. Setelah itu oleskan pada siku dan biarkan selama 20 menit dan bilas.

3. Kunyit

Bahan satu ini berasal dari tanaman akar india, seperti jahe. Bubuk kunyit ternyata memiliki manfaat untuk membantu kondisi kulit.

Cara : Campurkan bubuk kunyit dan air, kemudian oleskan pada siku. Diamkan 10 menit kemudian bilaa dengan air hangat.

4. Soda Kue

Soda kue memiliki sifat yang pengelupas dan pencerah kulit yang dapat membantu mengobati siku yang gelap.

Cara : Masukkan satu sendok teh soda kur dan air putih ke dalam mangkuk, aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada siku yang diperlukan dan tunggu hingga kering, setelah itu bilas.

5. Teh Hijau

Teh hijau mungkin akan membantu mencerahkah warna kulit, terutama saat kamu membutuhkah manfaat ini untuk kulit kamu. Selain itu teh hijau dapat mengurangi pigmentasi kulit.

Siku yang gelap biasanya akan membuat kita tidak percaya diri, terutama saat menggunakan baju lengan pendek. Namun, kamu dapat mencoba beberapa perawatan untuk mencegah beberapa masalah siku. Tetapi jika kamu mengalami masalah atau gejala lainnya dapat datang ke dokter kulit untuk perawatan lebih lanjut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading