Sukses

Beauty

Tahapan Perawatan Wajah untuk Kulit Berminyak untuk Mencegah Jerawat dan Komedo

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit wajah berminyak bisa jadi menyehatkan, jika mendapatkan perawatan secara tepat. Melakukan perawatan kulit pada kulit berminyak juga dapat membantu menjaga lemak dan mencegah jerawat serta komedo.

Superstar media sosial dan dokter kulit Dr. Muneeb Shah, DO alias @dermdoctor di TikTok atau @doctorly di Instagram memberikan kita rutinitas perawatan kulit untuk wajah berminyak.

Berikut ini step-by-step rutinitas perawatan kulit wajah berminyak yang disetujui TikTok dan dokter kulit melansir dari greatist.com;

1. Bersihkan

Aturan No. 1: Cuci muka di pagi dan malam hari. Bersihkan wajah sebelum tidur untuk membersihkan kotoran yang terkumpul di kulit pada siang hari. Dan meski kulit masih terasa segar, kita harus selalu mencuci muka di pagi harinya.

Sebab saat tidur, kulit melepaskan sel-sel kulit dan menghasilkan minyak. Ini bisa memicu breakout dan membuat kulit wajah kita terlihat lebih berkilau.

Pakai pembersih untuk kulit berminyak. Shah merekomendasikan pembersih dengan kandungan asam salisilat yang membantu menghilangkan sebum dari pori-pori.

 

 

2. Eksfoliasi

Pengelupasan adalah cara ampuh untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat pori. Pengelupasan dengan exfoliator kimia seperti bahan aktif asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA).

Namun jangan sampai berlebihan, lakukan eksfoliasi paling banyak 2 kali seminggu. Pengelupasan kulit yang berlebihan dapat menyebabkan kulit merah, kering, dan iritasi.

 

 

3. Aplikasikan Perawatan

Salah satunya produk retinol. Retinol merupakan perawatan ampuh untuk mengurangi tampilan kerutan serta dapat menghaluskan tekstur kulit karena pergantian selnya.

Bonusnya, retinol dapat membantu mengobati jerawat dan membuat pori-pori terlihat lebih kecil. Umumnya, produk yang memiliki bahan aktif seperti asam atau retinol dapat menyebabkan iritasi jika diaplikasikan terlalu banyak. 

Jadi, gunakan maksimal sehari sekali pada malam hari. Sebab di malam hari, bahan aktif akan membuat kulit lebih sensitif pada sinar matahari.

 

 

4. Pelembap

Step ini sering dilewatkan, karena anggapan menambah kelembapan pada kulit berminyak adalah kontraproduktif. Namun kenyataannya, langkah ini sangat penting untuk rutinitas perawatan kulit berminyak.

Coba piilih pelembap gel dengan niacinamide yang dapat membantu mengatur produksi minyak. Umumnya, pelembap yang ditujukan untuk kulit berjerawat, aman untuk kulit berminyak.

Pastikan lagi pelembap yang kamu pilih adalah bebas minyak, ringan, berbahan dasar air, bebas dari bahan kimia atau wewangian, nonkomedogenik.

 

 

5. SPF

Tak peduli apa jenis kulitmu, tabir surya harus selalu dipakai. Bahkan pada hari hujan atau mendung, pastikan selalu mengaplikasikan SPF 30 atau lebih tinggi di pagi hari.

Cek lagi kandungan sunscreen kamu, pastikan tidak ada bahan yang menyebabkan penyumbatan pori. Seperti avobenzone, oksifenon, benzofenon, metoksisinamat, dan asam para-aminobenzoat (PABA)

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading